Ilustrasi. (DJP)
JAKARTA, DDTCNews – Menjelang tutup tahun 2020, wajib pajak masih mengalami kendala saat melaporkan SPT Masa PPN melalui aplikasi e-faktur 3.0. Ditjen Pajak (DJP) memberikan beberapa saran agar pengadministrasian PPN secara elektronik tetap bisa dilakukan.
Dalam media sosial, Kring Pajak DJP menyebutkan apabila wajib pajak mendapatkan kendala berupa kode error ETAX-40001, wajib pajak bisa melakukan beberapa tahap. Pertama, memastikan koneksi internet stabil.
"Kedua, jika menggunakan proxy maka di aplikasi e-faktur juga harus setting proxy," tulis DJP dalam akun Twitter @kring_pajak, dikutip Senin (28/12/2020).
Ketiga, wajib pajak diminta menonaktifkan firewall atau antivirus. Keempat, wajib pajak diminta untuk memastikan masa berlaku sertifikat elektronik (sertel) dengan mencoba mengunduh ulang sertel dan memasangnya kembali pada aplikasi e-faktur.
Apabila wajib pajak masih mengalami kendala dalam mengakses e-faktur 3.0 maka disarankan untuk kembali mencoba secara berkala, terutama pada periode bukan jam sibuk. "Jika semua langkah di atas sudah dicoba tetapi masih terkendala, silahkan coba secara berkala," sebut DJP.
Selanjutnya, jika mengalami kendala berupa data input tidak masuk dalam SPT Induk maka bisa mencoba beberapa tahap, mulai dari menghapus riwayat informasi pada browser atau clear cache dan cookies. Lalu, menggunakan mode private atau incognito window.
Langkah selanjutnya adalah menghapus semua sertel pada browser dan mengunduh ulang sertel melalui aplikasi e-nofa online. Jika sertel telah diunduh, wajib pajak bisa menutup browser dan mengimpor kembali sertel baru pada browser yang digunakan.
Setelah melakukan impor sertel, wajib pajak bisa melakukan input kembali kompensasi di lampiran AB dalam SPT Masa PPN dan simpan. Kemudian, cek data input pada SPT Induk.
"Tidak disarankan menyimpan (bookmark) halaman e-faktur web. Apabila belum berhasil, silahkan hapus postingan SPT yang terkendala dan coba posting ulang," kata DJP. (rig)