DEBAT PAJAK

Setuju Sidang Online Pengadilan Pajak? Tulis Komentar, Rebut Hadiahnya

Redaksi DDTCNews
Kamis, 30 Desember 2021 | 09.00 WIB
Setuju Sidang Online Pengadilan Pajak? Tulis Komentar, Rebut Hadiahnya

JAKARTA, DDTCNews – Di tengah berbagai kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat karena terjadinya pandemi Covid-19, Pengadilan Pajak mulai melaksanakan persidangan online atau elektronik.

Awalnya, penerapan persidangan online menjadi pilihan majelis-majelis sidang di luar tempat kedudukan (SDTK) mulai Juni 2020. Selanjutnya, mulai Agustus 2021, persidangan online juga mulai dilakukan pada majelis-majelis sidang di tempat kedudukan (Jakarta).

Skema persidangan online ini sudah diamanatkan dalam Keputusan Ketua Pengadilan Pajak No.KEP-016/PP/2020. Salah satu pertimbangan diterbitkannya keputusan ini adalah tuntutan perkembangan zaman yang mengharuskan adanya proses persidangan di pengadilan yang lebih efektif dan efisien.

Keputusan itu dibuat dengan mempertimbangkan 2 payung hukum yang telah ada. Pertama, Undang-Undang (UU) Pengadilan Pajak. Kedua,Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik.

Dalam keputusan itu disebutkan persidangan secara elektronik adalah serangkaian proses memeriksa dan memutus sengketa pajak oleh Pengadilan Pajak yang dilaksanakan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi melalui aplikasi konferensi video.

Adapun tata cara persidangan secara elektronik tercantum dalam lampiran KEP-016/PP/2020. Persidangan secara elektronik berlaku untuk acara sidang pemeriksaan dan/atau pengucapan putusan sesuai dengan rencana umum sidang yang sudah ditetapkan oleh panitera pengganti.

Pada proses awal, panitera pengganti mengirimkan surat pemberitahuan/panggilan sidang kepada para pihak melalui sarana elektronik. Surat ini dilampiri formulir persetujuan yang harus disampaikan kembali kepada Pengadilan Pajak paling lambat 3 hari sebelum sidang dilaksanakan.

Jika formulir persetujuan tidak disampaikan dalam batas waktu yang ditentukan, persidangan dilaksanakan tidak secara elektronik. Jika pemohon banding/penggugat menyatakan tidak setuju dengan persidangan online, mereka dapat hadir secara langsung di ruang sidang Pengadilan Pajak.

Mengutip TC Media Edisi 122 Tahun 2021, Ketua Pengadilan Pajak Ali Hakim mengatakan salah satu target khusus Pengadilan Pajak adalah memaksimalkan pelaksanaan persidangan online. Oleh karena itu, proses bisnis berbasis teknologi informasi makin ditingkatkan.

“Saya harapkan pencapaian penyelesaian sengketa pajak dengan prinsip cepat, murah dan sederhana dapat terlaksana di tengah kondisi pandemi saat ini. Selanjutnya, saya juga berharap bahwa roadmap yang sudah dicapai saat ini dapat diteruskan,” ujarnya.

Dalam sebuah webinar, Ketua Tim Evaluasi dan Perumus Peraturan, Tata Tertib, dan Teknis Pelaksanaan Sidang Secara Elektronik di Pengadilan Pajak L.Y. Hari Sih Advianto menjelaskan cara konvensional dianggap sudah tidak mampu mengatasi permasalahan sengketa yang makin banyak.

“Namun, tantangan pengadilan secara online diantaranya adalah belum adanya landasan khusus yang dapat merujuk persidangan elektronik di Pengadilan Pajak, gangguan jaringan komunikasi baik pihak PP ataupun pihak lain, serta belum semua pihak internal dan eksternal yang mendukung diberlakukannya persidangan secara elektronik,” jelasnya.

Lantas, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda setuju persidangan online di Pengadilan Pajak tetap diberlakukan pascapandemi Covid-19? Berikan pendapat Anda dalam kolom komentar.

Sebanyak 2 pembaca DDTCNews yang memberikan pendapat pada kolom komentar artikel ini dan telah menjawab beberapa pertanyaan dalam survei akan berkesempatan terpilih untuk mendapatkan uang tunai senilai total Rp1 juta (masing-masing pemenang Rp500.000).

Debat ini hanya bisa diikuti oleh warga negara Indonesia dan tidak berlaku untuk karyawan DDTC. Pemenang dipilih berdasarkan pada pengisian survei dan kolom komentar yang konstruktif, berdasarkan fakta, dan tidak mengandung unsur SARA.

Keputusan pemenang ditentukan oleh tim DDTCNews dan bersifat mutlak serta tidak dapat diganggu gugat. Pajak hadiah ditanggung penyelenggara. Penilaian akan diberikan atas komentar dan jawaban yang masuk sampai dengan Rabu, 19 Januari 2022 pukul 15.00 WIB. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada Jumat, 21 Januari 2022. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Beri Suara dan tuliskan komentar Anda:
74%
22%
130 suara
user-comment-debate-photo-profile

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

0/1000
list-comment-debate-photo-profile

Lina Lutfiana

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju dengan persidangan online di Pengadilan Pajak pasca pandemi tetap dilakukan. Saya beralasan karena di momen pandemi ini masyarakat dituntut semakin melek teknologi dan beradaptasi dengan cepat dengan teknologi. Ibaratnya teknologi ini semakin penting peran dan keberadaannya untuk mendukung kegiatan setiap masyarat, begitu juga dengan sidang yang dilakukan secara virtual. Walaupun pandemi nanti sudah berakhir hal itu tetap bisa dilakukan dengan catatan menurut saya: - Pihak yang terlibat dalam persidangan setuju dengan sidang virtual - Device yang digunakan dalam persidangan memadai untuk melakukan sidang virtual - Sidang virtual yang dilakukan tidak menghambat jalannya siding Seperti yang sudah pernah dilakukan di Majelis IVB, dimana dalam persidangan Pemohon Banding dan pihak terbanding berada di kedudukan masing2. Jika melihat sidang online saat pandemi bisa dilakukan dengan lancar, saya percaya siding pascapandemi juga bisa dilakukan secara online #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Oktaviani

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya kurang setuju dengan kebijakan sidang online pengadilan pajak, karena banyak sekali kelemahan yang akan dirasakan apalagi banyak masyarakat yang masih belum melek akan teknologi sehingga perlu diadakannya sosialisasi terlebih dahulu. Selain itu, bisa menimbulkan potensi diretasnya data serta resiko penggunaannya. Potensi benturan sidangpun akan terjadi karena semua pihak harus dapat terkoneksi dengan baik selama sidang dimana tidak semua daerah ditanah air memiliki konektivitas internet yang stabil. Pada acara persidangan dalam hal pembuktian atau klarifikasi terdakwa tidak dapat dihadapkan langsung, sehingga menyulitkan penuntut umum, hakim maupun penasehat hukum dalam menggali fakta melalui pertanyaan pertanyaan kepada terdakwa. Sidang online yang berbasis IT dianggap juga suatu perubahan yang cukup radikal atas proses bisnis yang selama ini berlangsung bisa membuat beberapa pihak merasa kurang siap dan khawatir bahwa pemeriksaannya khususnya dalam pembuktian tidak akan efektif.
list-comment-debate-photo-profile

Wahyu Rizky Nugroho

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya Kurang setuju jika PascaPandemi masih mengunakan mekanisme sidang online di Pengadilan Pajak. Karena salah satu tujuan dilaksanakan sidang online adalah adanya Pandemi yang menyebabkan aktivitas bertemu secara fisik yang dibatasi. Mengenai adanya tuntunan zaman yang mengharuskan proses persidangan di pengadilan yang harus efesien dan efektif tidak harus dilakukan secara sidang online. Mengingat sidang online juga memiliki berbagai kendala dalam sarana dan prasarana terlebih pada jaringan saat pengadilan berlangsung yang menyebabkan proses persidangan menjadi terganggu karena harus menunggu atau mengundur proses persidangan yang berlangsung pada hari tersebut. Jika memang mengharuskan efektif dan efesien dapat dilakukan dengan pengunaan dokumen yang bersifat elektronik sehingga mengurangi pengunaan kertas dokumen dalam proses pengadilan. Namun untuk pelaksanaanya tetap pada tatap muka secara langsung pada ruangan persidangan.
list-comment-debate-photo-profile

Siti Chairunnisa

baru saja
Memilih: Setuju
setuju , karena adanya perkembangan yang lebih maju lagi selain itu juga dapat mengurangi biaya pengeluaran negara
list-comment-debate-photo-profile

Ayu Sekar

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Lebih pro sama persidangan offline di Pengadilan Pajak diberlakukan. Meski pandemi, kita tetap bisa hadir. Dengan catatan, harus mengikuti protokol kesehatan, memakai masker, dan menjaga jarak. Karena persidangan online, tentunya lebih banyak kekurangannya, seperti terkendala jaringan, dan pada beberapa daerah saja, masih sulit mengakses internet. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Rara

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju karena dengan adanya persidangan online seperti ini akan lebih memudahkan dan efisien apalagi di masa pandemo seperti ini. Namun, memang hanya diperuntukkan untuk kasus tertentu saja. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Alexa

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
menurut saya jangan semua persidangan di-online-kan, hanya yang memerlukan waktu singkat dan sedikit berkas dokumen. Supaya persidangan tidak dianggap remeh atau bahkan kemungkinan mencakup masyarakat yang kekurangan fasilitas untuk menjalani persidangan online
list-comment-debate-photo-profile

Supriyanto

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya tidak setuju karena untuk diwujudkannya persidangan online perlu penyuluhan terlebih dahulu kepada masyarakat. Tidak semua masyarakat paham akan teknologi modern dan itu akan memakan waktu.
list-comment-debate-photo-profile

lvia

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju dengan skema ini, adanya kebebasan yang diberikan oleh negara. Pilihan dikembalikan kepada pihak yang bersangkutan dalam menghadiri persidangan. Bagi mereka yang paham menggunakan elektronik modern dapat memilih persidangan online; tidak semata mata karena tingkat covid yang masih tergolong tinggi, tapi kita sebagai masyarakat Indonesia ikut menghadapi perkembangan zaman, dimana kini segalanya dilakukan secara daring. Cepat atau lambat manusia dituntut untuk hidup dengan teknologi yang dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas manusia. Jadi saya rasa persidangan online merupakan pilihan yang tepat dalam meningkatkan efektivitas pemecahan masalah baik dari segi waktu, biaya dan tenaga tanpa mengabaikan tujuan dari persidangan. sedangkan bagi mereka yang belum paham teknologi dapat termotivasi untuk belajar mengenai perubahan zaman atau tetap dapat memilih untuk mengikuti persidangan secara onsite tanpa paksaan
list-comment-debate-photo-profile

Auliya Sabrina

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju persidangan online di Pengadilan Pajak tetap diberlakukan pascapandemi Covid-19, salah satu kelebihannya yakni pencapaian penyelesaian sengketa pajak dengan prinsip cepat, murah dan sederhana. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Intan Dayanti

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju apabila persidangan online tetap dilakukan meskipun pascacorona dengan adanya sidang online ini untuk masalah waktu dan tempat akan jadi efesien dan hemat waktu adapun kendala yang seumpama terjadi saat sidang online berlangsung bisa menjadi pr untuk sidang online berikutnya #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Ros

baru saja
Memilih: Setuju
setuju. karena lebih efisien biaya, untuk menjaga diri dari wabah virus yang sedang merebak. sampai dinyatakan belum sepenuhnya aman saya rasa sah sah saja. demi kebaikan bersama
list-comment-debate-photo-profile

Calista

baru saja
Memilih: Setuju
karna lebih efesien bisa dilakukan dimanapun kita berada, dan kapan pun waktunya. kita bisa lebih mengehemat biaya juga
list-comment-debate-photo-profile

Apid Olsi

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
tidak setuju karena kurang efektif dan kalau ada kendala jaringan salah satu pihak apakah di undur? jadk kurang solutif
list-comment-debate-photo-profile

Ririn

baru saja
Memilih: Setuju
Saya pribadi setuju karena membantu sekali untuk orang yang kesulitan meminta izin ketika bekerja dan terlebih lagi saat ini masih maraknya pandemi sehingga saya rasa saya setuju dengan kebijakan tersebut
list-comment-debate-photo-profile

Nugroho

baru saja
Memilih: Setuju
Setuju karena demgan online dapat mempersingkat birokrasi dan dana yang digunakan. selain itu dapat mengurangi mobilitas saat pandemi dan memudahkan pengguna yang jauh jaraknya dari tempat pengadilan.
list-comment-debate-photo-profile

Muzayra

baru saja
Memilih: Setuju
Lebih praktis dan efisien, hemat waktu dan ngga mengganggu pekerjaan lain. Apalagi diera modern seperti sekarang, semua bisa diatur menggunakan gadget. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Naomi Ester

baru saja
Memilih: Setuju
memudahkan masyarakat serta mengurangi penyebaran virus covid-19. pengadilan pajak wajib dilakukan oleh masyarakat
list-comment-debate-photo-profile

Hasna

baru saja
Memilih: Setuju
persidangan yang dilakukan secara online memudahkan masyarakat serta mengurangi penyebaran virus covid-19.
list-comment-debate-photo-profile

Gunawan

baru saja
Memilih: Setuju
pengadilan pajak secara online memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak. apalagi di era modern ini sudah banyak pilihan gadget yang kita punya. sehingga bisa semakin mudah melakukannya. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

catherine

baru saja
Memilih: Setuju
Dengan adanya kemajuan teknologi, persidangan secara elektronik tentunya dapat meningkatkan ke-efisiensian serta kemudahan bagi para wajib pajak yang akan melakukan persidangan. Terlebih di era digital ini, kita dituntut untuk memanfaatkan teknologi sebaik dan secermat mungkin. Perlu juga dipertimbangkan segala jenis kendala teknis yang mungkin akan terjadi terkait jaringan dan perangkat yang dimiliki, apakah ada toleransi untuk hal diluar kuasa kita?
list-comment-debate-photo-profile

Nurul

baru saja
Memilih: Setuju
adanya persidangan online dapat mempermudah di saat pandemi seperti ini namun perlu adanya pertimbangan seperti harus ada akses internet/jaringan yang bagus agar persidangan tidak terhambat
list-comment-debate-photo-profile

Debbie

baru saja
Memilih: Setuju
Setuju karena dengan adanya sidang pajak secara online, masyarakat dapat melihat pajak2 di negeri ini secara transparan
list-comment-debate-photo-profile

Yemima

baru saja
Memilih: Setuju
setuju sekali dengan hal tersebut
list-comment-debate-photo-profile

Syahdita

baru saja
Memilih: Setuju
menurut saya dengan dilakukannya sidang online ini dapat memudahkan masyarakat dan lebih efektif dalam kegiatannya.
list-comment-debate-photo-profile

Ina

baru saja
Memilih: Setuju
setuju dengan pengadaan persidangan online karena dirasa lebih efektif dan efisisiensi waktu
list-comment-debate-photo-profile

NA

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Emosionalnya kurang dapat
list-comment-debate-photo-profile

Kirani

baru saja
Memilih: Setuju
perkembangan zaman yang mengharuskan adanya proses persidangan yang lebih efektif dan koefisien, apalagi dimasa pandemi seperti saat ini sidang virtual sangat dibutuhkan untuk mempermudah melakukan persidangan di pengadilan
list-comment-debate-photo-profile

Budi

baru saja
Memilih: Setuju
dalam masa pandemi sidang virtual memang sangat membantu sekali,baik dalam menekan cost juga waktu,namun sidang secara offline saya rasa masih sangat diperlukan
list-comment-debate-photo-profile

jojo

baru saja
Memilih: Setuju
sangat bermanfaat dan informatif sekalii, terimakasih yakk,
list-comment-debate-photo-profile

fitria maulida

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju karena perkembangan zaman yang mengharuskan adanya proses persidangan di pengadilan yang lebih efektif dan efisien. selain itu mempermudah dan mempercepat prosedur sidang
list-comment-debate-photo-profile

glen

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju persidangan pascapandemi tetap dilaksanakan secara online, karena dikhawatirkan akan memunculkan varian baru . seperti yang kita ketahui bahwa virus ini selalu bermutasi, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?
list-comment-debate-photo-profile

Areta

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju dengan pengadilan pajak secara online, karena selain dapat mengurangi resiko penyebaran virus, hal ini juga merupakan satu langkah pemaksimalan fungsi teknologi yang dapat meningkatkan keefektifan serta efisiensi sidang. Juga adanya jejak digital yang tidak dapat dibantah pasca persidangan.
list-comment-debate-photo-profile

ANITA

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju terkait pengadilan pajak jika dilakukan secara online, karena seiring perkembangan teknologi sekarang ini yang begitu pesat dan dapat memudahkan masyarakat. Serta yang terpenting dapat mengurangi penularan virus
list-comment-debate-photo-profile

Neneng

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju, karena menurut saya seiring berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu maka akan semakin mengefektifkan waktu berjalannya suatu perisdangan. Dengan memanfaatkan teknologi, sidang akan semakin mudah dilakukan dari waktu ke waktu sehingga tidak menghabiskan banyak waktu diperjalan apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya yang sering terkena macet.
list-comment-debate-photo-profile

Boin Haloho

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju pengadilan Pajak bila dilaksanakan meskipun secara online. Hal ini bisa berdampak pada banyak hal, misalnya mahasiswa semester akhir yang mengambil mata kuliah pemeriksaan pajak dapat mengikuti dan mengetahui jalannynya pemeriksaan pajak sampai pada pengadilan pajak.
list-comment-debate-photo-profile

Fan

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya setuju, terkait modernisasi persidangan online merupakan suatu kemajuan dan bisa memudahkan bagi orang lain dengan keterbatasan waktu, pandemi, dll. Tetapi dalam pelaksanaannya tentu harus mempertimbangkan kondisi masyarakat terkait
list-comment-debate-photo-profile

Bismillah2022lulus

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju persidangan pascapandemi tetap dilaksanakan secara online, karena dikhawatirkan akan memunculkan varian baru . seperti yang kita ketahui bahwa virus ini selalu bermutasi, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?
list-comment-debate-photo-profile

Gaby

baru saja
Memilih: Setuju
sangat setuju, karena saat ini teknologi semakin berkembang pesat dan memudahkan masyarakat dlam mendapatkan maupun mencari informasi. tetapi perlu diketahui juga bahwa teknologi yang akan digunakan harus juga terupdate dan cepat dibandingkan menggunakan SDM
list-comment-debate-photo-profile

Kintan nurajijah

baru saja
Memilih: Setuju
menurut saya,saya setuju dalam hal pemerintahan mengambil keputusan persidangan online karena bisa mempersingkat waktu dan mengurangi wabah yang saat ini ada di masyarakat.
list-comment-debate-photo-profile

Aini aini

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju karena menurut saya itu lebih menyingkat waktu dan penularan virus corona tidak terus meningkat, hal itu tetap dilakukan menyangkut zaman yg bertambah maju dan berkembang
list-comment-debate-photo-profile

Raisa Adista

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju diadakannya persidangan online ini walaupun sudah pasca corona tetapi kita juga harus tetap membatasi adanya kerumunan orang-orang, dengan adanya persidangan online ini maka pelaksanaannya amat sangat efektif dan juga hemat waktu serta tempat tanpa mengurangi kedisplinan saat sidang berlangsung #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Ruth Marry

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya tidak setuju terkait persidangan online yang tetap dilakukan pascapandemi covid karena dalam pelaksanaannya, sangat mungkin terjadi kendala jaringan atau device yang dapat menghambat proses persidangan.
list-comment-debate-photo-profile

Dewanti

baru saja
Memilih: Setuju
Walaupun sudah diperbolehkan tatap muka di berbagai sektor, sebaiknya persidangan online tetap dilaksanakan, untuk memangkas tenaga serta waktu pesert sidang #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Kusuma

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Belum adanya regulasi/landasan hukum yang jelas dan lengkap untuk pelaksanaan persidangan online dapat berisiko terhadap dianulirnya keputusan sidang. Juga apabila sudah ada landasan hukumnya, perlu penafsiran yang adil dan mewakili dengan pertimbangan teknis dan segala kemungkinan, agar dapat memberikan kepastian hasil hukum yang sah.
list-comment-debate-photo-profile

Lina

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Biar bagaimana pun, penyebaran teknologi di negara kita masih belum merata. Jadi kebijakan ini lebih cocok diterapkan untuk sebagian masyarakat saja yang memang sudah paham dengan teknologi. Untuk yang awam dengan teknologi masih butuh riset dan penyesuaian lebih lanjut. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Yova

baru saja
Memilih: Setuju
Setuju, karena lebih efektif dalam prosesnya dan efisien dari segi waktunya, dengan tetap mengedepankan transparansi proses serta data-data terkait
list-comment-debate-photo-profile

cindy

baru saja
Memilih: Setuju
setuju karena walaupun sudah pascapandemi namun harus mampu berinovasi dengan teknologi sehingga memudahkan proses persidangan
list-comment-debate-photo-profile

Aida

baru saja
Memilih: Setuju
setuju, karena memudahkan dan tanpa memerlukan waktu yang lama
list-comment-debate-photo-profile

Kezia Zai

baru saja
Memilih: Setuju
setuju karena lebih memudahkan dalam penyelesaian persidangan dan juga langkah maju terhadap pandemi covid saat ini yang sednag marak di negara indonesia. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Lexi Jalu Aji

baru saja
Memilih: Setuju
Salah satu cara paling efektif menghambat penyebaran viru Covid19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan. Sidang online ini menjadi langkah konkrit untuk mitigasi penyebaran covid19 tsb
list-comment-debate-photo-profile

muhammad kamal

baru saja
Memilih: Setuju
setuju karena lebih memudahkan dalam penyelesaian persidangan dan juga langkah maju terhadap pandemi covid saat ini
list-comment-debate-photo-profile

Fransiska

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju karena persidangan online merupakan salah satu gagasan maju dalam hal pajak khususnya pengadilan pajak. melihat dari situasi yang akhir akhiri ini dialami yang mengalami covid-19, tidak dipungkiri juga bahwa persidangan online dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang memang memiliki hambatan dalam persidangan on site, dan hal ini dapat membantu dalam mengurangi interaksi langsung (tatap muka selama pandemi) dan untuk pasca pandemi sebaik nya memang dilanjutkan karena kita tidak tahu bagaimana kedepannya nanti. walaupun persidangan online memiliki berbagai hambatan seperti belum adanya landasan khusus dan hambatan lainnya, mungkin kedepannya dapat dimaksimalkan agar dapat merasakan dampak positif dari persidangan online tersebut.
list-comment-debate-photo-profile

zahra putri

baru saja
Memilih: Setuju
setuju, mungkin akan lebih efektif pelaksanaannya dan efisien dalam manajemen waktu apalagi pandemi covid semua serba dibatasi dalam tatap mukaa dan bertemu langsung
list-comment-debate-photo-profile

P bubble gum

baru saja
Memilih: Setuju
setuju karena pada saat pandemi ini lebih efisien dalam mengurangi penyebaran virus
list-comment-debate-photo-profile

Natalia

baru saja
Memilih: Setuju
lebih mempermudah dan mempersingkat waktu
list-comment-debate-photo-profile

Annisa

baru saja
Memilih: Setuju
setuju karena dapat mempersingkat waktu dan memudahkan warga yang ingin melihat
list-comment-debate-photo-profile

Brooks

baru saja
Memilih: Setuju
karena penggunaan waktu dapat menjadi lebih efisien
list-comment-debate-photo-profile

Cahaya putih

baru saja
Memilih: Setuju
dengan adanya persidangan online pengadilan pajak dapat mengefisienkan waktu kedua belah pihak dan bagus apabila diterapkan untuk disaat pandemi seperti ini karena dapat menghambat tingkat kenaikkan penderita covid 19 #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Maulida

baru saja
Memilih: Setuju
setuju. karena dapat mempersingkat waktu dan lebih efisien
list-comment-debate-photo-profile

Anita

baru saja
Memilih: Setuju
setuju, tapi harus dipermudah pelaksaannya agar masyarakat banyak yang tidsk bingung
list-comment-debate-photo-profile

Nina marlina

baru saja
Memilih: Setuju
lebih setuju online untuk menjaga menghindari kerumunan, jika memang harus tatap muka persentase kehariran tidak lebih dari 25% peserta. demi meminimalisir penyebaran virus saat ini . #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

Ovan

baru saja
Memilih: Setuju
Menurut saya, saya setuju dengan dilakukannya persidangan online karena lebih efisien dan cepat tanpa membutuhkan waktu lama namun perlu diperhatikan pula seperti lebih transparan dan praktis tanpa membingungakan masyarakat
list-comment-debate-photo-profile

Arga Rizki

baru saja
Memilih: Setuju
biar tidak terjadi kesalahpahaman
list-comment-debate-photo-profile

Sella

baru saja
Memilih: Setuju
Alasannya karena seperti yang kita ketahui keadaan sekarang tidak memungkinkan untuk membuat kerumunan dan adanya sidang online ini akan menjadi lebih efektif dan efisien. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika diadakan offline dan tetap mematuhi prokes.
list-comment-debate-photo-profile

Mahshun

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju karena dengan adanya sidang online maka banyak penyelesaian persidangan pajak bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien tanpa tatap muka langsung
list-comment-debate-photo-profile

Rizki Zakariya

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju sidang dilaksanakan secara online pasca pandemi. Hal itu berkaitan dengan efektivitas sidang online, serta Pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir seiring berkembangnya berbagai varian yang mengganggu kesehatan masyarakat.
list-comment-debate-photo-profile

Caroline

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Dikarenakan menurut saya jika melakukan dengan online biasa kurang leluasa daripada ofline tanpa melihat hasilnya secara langsung
list-comment-debate-photo-profile

yasmin

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
persidangan pajak lebih baik dilakukan secara offline biar urusan permasalahannya segera clear dengan melampirkan hardcopy dan softcopy dan bisa langsung bertemu dengan yang bersangkutan
list-comment-debate-photo-profile

medina

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
saya kurang setuju, agar persidangan berjalan dengan lancar maka lebih baik dilaksanakan di kantor atau secara offline. Hal ini juga menjadikan teknik dan hasilnya tersampaikan jelas dan tidak ada kendala seperti sinyal hilang.
list-comment-debate-photo-profile

yasmin

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
setuju, untuk menghemat waktu dan penyebaran virus jadi persidangan pajak lebih baik dilakukan secara online #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

yasmin

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
setuju, untuk menghemat waktu dan penyebaran virus jadi persidangan pajak lebih baik dilakukan secara online #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

melinda

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
kurang relevan saat sidang dilakukan online, karena bisa saja kurang maksimalnya pembuktian pada saat sidang online, bisa saja kendala internet dan penggunakan aplikasi zoom terbatas. lebih baik secara offline
list-comment-debate-photo-profile

yasmin

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
persidangan pajak online sangat membantu terutama bagi orang yang sibuk jadi tidak perlu lagi datang ke tempat persidangan, hanya saja internet harus lancar waktu melaksanakan persidangan online, biar tidak ada hambatan. #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

Fatkhul

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju karena dengan adanya sidang online maka banyak penyelesaian persudanga pajak bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien tanpa tatap muka langsung. namun haru mempunyai aturan yang bisa diterapkan. #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

ferry

baru saja
Memilih: Setuju
untuk wacana pengadilan pajak online saya sangat setuju. namun perlu diingat lagi untuk membuat alurnya se-transparan dan se-praktis mungkin. beberapa pengalaman saya dengan urusan sejenis yang dilakukan secara online terkendala informasi yang kurang jelas. maka dari itu perlu disiapkan seacara matang agar informasi yang disampaikan jelas
list-comment-debate-photo-profile

Salsabila

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju dengan adanya sidang online karena dengan adanya sidang online, akan lebih efisien, menghemat waktu, serta banyak penyelesaian masalah bisa dilakukan dengan lebih cepat tanpa perlu tatap muka secara langsung.
list-comment-debate-photo-profile

Fara

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju, dengan sidang online lebih menghemat waktu dan biaya, serta lebih praktis dan efisien. Tanpa perlu mengkhawatirkan transportasi, konsumsi, dsb. Namun pelaksanaan dan aturannya harus jelas dan disosialisasikan sebaik mungkin agar persidangan online tetap berjalan lancar dan baik. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

verdyana

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju dengan adanya persidangan online, karena melihat situasi pandemi yang seperti ini memungkinkan kita untuk tetap berada di rumah sehingga dapat menghemat waktu dan tempat sekaligus dapat melaksanakan persidangan #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

meidi

baru saja
Memilih: Setuju
efisien waktu
list-comment-debate-photo-profile

Nadhira

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju dengan adanya sidang online di pengadilan pajak karena lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Tapi sebelum sidang online dilakukan harus dipastikan dulu kelancaran jaringan internetnya agar tidak tersendat ditengah persidangan. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

chelsea

baru saja
Memilih: Setuju
Setuju karena dengan adanya sidang online maka banyak penyelesaian masalah bisa dilakukan dengan lebih cepat tanpa tatap muka langsung. Namun mungkin ada 2 hal yang perlu diperhatikan sebelum uji coba dan pelaksanaan sidang online ini adalah (1) sosialisasi cara sidang online yang jelas beserta hal-hal yang diperlukan, dan (2) kesiapan infrastruktur penyelenggara dan peserta. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Nanda Marisa

baru saja
Memilih: Setuju
saya sih berpendapat bahwa dengan adanya persidangan online maka untuk waktu dan juga tempat akan menjadi lebih efesien dan ekonomis serta tanpa mengurangi rasa hormat saat terjadinya sidang kita tetap bisa melakukan sidang dengan hikmat sebagaimana seharusnya.... #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Lindaa

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Kita sudah mempunyai prokes dan vaksin. Kita dapat memperketat Prokes di area persidangan. Menurut saya tidak dianjurkan untuk persidangan online, karena pengetahuan tentang digital belum merata apalagi di kalangan orang tua. Jika persidangan online dilakukan, maka semua berkas harus softfile, ribet jika harus scan folder dahulu.
list-comment-debate-photo-profile

Luthfi

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju karna lebih memudahkan untuk mengurus persidangan secara online. karna kita tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke pengadilan
list-comment-debate-photo-profile

Apriliana Dwi Andriana

baru saja
Memilih: Setuju
Sidang online bisa mewujudkan pelayanan efisien kala pandemi covid yang belum sepenuhnya mereda
list-comment-debate-photo-profile

Muh Rifqi Baihaqi

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
tidak setuju karena bisa saja antara pihak terdakwa atau pihak mahkamah mengalamai gangguan sinyal itu malah jadi menghambat jalanya sidang alhasil di undur lagi. belum lagi kendala mati listrik atau sinyal yang tiba tiba lemah. atau habis kuota jika memakai kuota. sidang yang diljhat publik tentunya publik memakai kuota sebagian untuk melihat jalanya sidang
list-comment-debate-photo-profile

Bunga Rahmawati

baru saja
Memilih: Setuju
setuju dengan sidang online karena memudahkan kita tidak harus datang ke tempat
list-comment-debate-photo-profile

Tasya prinki

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju dengan sidang online pengadilan pajak karena dapat menghemat waktu dan lebih efisien tenaga juga.. dan dapat memudahkan semua pihak yang terkait #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Kadek Pradnya

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Persidangan secara online di pengadilan pajak seharusnya tidak dijadikan opsi utama dalam persidangan. Terdapat beberapa kendala dalam persidangan secara online antara lain kedala teknis yang meliputi perbedaan kemampuan tim teknis tiap pengadilan untuk menyelenggarakan, memelihara, dan menjaga keamanan sistem pengelolaan elitigation, ketersediaan infrastruktur atau alat dan sarana teknologi yang berkualitas terutama pada daerah-daerah yang bukan kota besar, serta kepastian bahwa para pihak dan para saksi mengikuti persidangan secara bertanggungjawab. Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak persidangan secara online adalah dengan peningkatan SDM dan fasilitas penunjang persidangan online serta penyusunan standarisasi persidangan secara online agar persidangan online berjalan lancar dan tidak merugikan pihak manapun. Selain itu perlu adanya sosialisasi mengenai tahapan persidangan secara online karena tidak semua masyarakat memahami teknis persidangan online#MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Siti Nurjanah

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju adanya sidang online pajak karena mengurangi kerumunan,dan bisa mempercepat hilang nya wabah yang saat ini ada di tengah" masyarakat dan sangat juga membantu pemerintah dalam mengkoordinasikn kerumunan.
list-comment-debate-photo-profile

Ade annisa dewi

baru saja
Memilih: Setuju
menurut saya, saya setuju karena dengan ada seperti ini membuat lebih efektif dan praktis,tentunya dapat mengurangi kerumunan orang ramai dan salah satu untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi..
list-comment-debate-photo-profile

Aini

baru saja
Memilih: Setuju
saya pribadi setuju, karena dengan adanya sistem sidang secara online atau daring, lebih meminimalisir terjadinya perkumpulan orang byk jd penularan covid 19 tidak trus meningkat di Indonesia, Toh menurut saya apa bedanya sama sistem offline karena kan di zaman seperti ini semua orang terbiasa dg hal2 berbau online, #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

Akhmad Khoyrun Najakh

baru saja
Memilih: Setuju
sidang pajak online bagus dilaksanakan untuk menghindari penyebaran covid-19 akan tetapi perlu sosialisasi yang masif supaya seluruh masyarakat tahu ketika kebijakan tersebut akan diterapkan. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Utami

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
persidangan secara online menurut saya kurang efektif dan tidak semua lapisan akan mudah memahaminya. selain itu, sidang secara online tentunya akan sedikit lebih sulit mencapai kesepakatan dibanding dengan sidang secara langsung. #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

Reka Loisah

baru saja
Memilih: Setuju
Tampaknya dengan adanya sidang online pengadilan pajak cukup efektif dilakukan di masa pandemi. Karena hal tersebut dapat meminimalisir pertemuan yang dapat meningkatkan kasus Covid-19. Hanya saja, haruslah lebih memperhatikan hal-hal penting terkait sidang online tersebut, seperti menjaga transparansi dan lainnya.
list-comment-debate-photo-profile

Hani karla

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju dengan adanya sidang online pengadilan pajak, karena mempermudah masyarakat dalam melakukan sidang. Sehingga sidang dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja (fleksibel). Dan pastinya proses pembayarannya juga bisa dilakukan dengan mudah atau dengan kata lain tidak banyak memakan waktu dan tenaga karena tidak perlu antri lagi dan lebih transparan #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Onita

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju untuk mengadakan secara daring atau online. untuk mencegah penularan lebih luas, apalagi sekarang terdapat variant baru omicron. tidak menutup kemungkinan untuk selalu menjaga dsn mentaati protokol kesehatan. sampai benar benar aman #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

hananoy978

baru saja
Memilih: Setuju
karena praktis #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Nisa

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Menurut saya tidak setuju karena untuk persidangan online di Indonesia masih banyak masy yang awam . selain itu persidangan online masih kurang efektif
list-comment-debate-photo-profile

Nisa

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Menurut saya masih kurang efektif untuk adanya persidangan online karena masih banyak masy di Indonesia yang masih awam terhadap sistem berbasis online . Dan karena ini utk pengadilan perihal perpajakan akan lebih baik lagi jika offline karena bisa lebih fokus pada isi isi yang ada di persidangan nanti
list-comment-debate-photo-profile

Nanda Yolanda

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya tidak setuju jika persidangan menjadi online karena akses internet yang belum tersebar merata ke seluruh wilayah di Indonesia dan keamanan siber yang masih belum aman sehingga persidangan online bisa jadi rawan diretas para hacker
list-comment-debate-photo-profile

Finika

baru saja
Memilih: Setuju
Melalui kegiatan membayar pajak online ini bisa menjadi trobosan baru dan lebih mempermudah masyarakat dalam membayar pajak. Dan tanggung jawab dapat dijalankan meskipun online
list-comment-debate-photo-profile

Gufff

baru saja
Memilih: Setuju
pajak ini sifatnya tanggungan jadi ini untuk mengatur efisiensi dari persidangan untuk tetap melakukan pembayaran pajak meskipun dari jarak jauh, karena tidak sedikit orang yang telat membayar pajak karena malas untuk datang ke pengadilan, ini bisa jadi alternatif sekaligus hal yang perlu di persiapkan kesiapannya oleh pengadilan.
list-comment-debate-photo-profile

Meta nur bita

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Alangkah baiknya jika persidangan pajak dilakukan secara offline biar masalahnya segera terselesaikan dibandingkan dengan online belum lagi terkendala internet yang tidak stabil. ditambah lagi jika memerlukan berkas" yang banyak jadi jika dilakukan secara online rasanya kurang efisien
list-comment-debate-photo-profile

Meta nur bita

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Alangkah baiknya kalo persidangan pajak dilakukan secara offline biar segera terselesaikan masalahnya, dibandingkan secara online banyak hambatan" terjadi seperti kendala internet yang tidak stabil, memang sih kelihatannya simple kl dilakukan secara online, tapi menurut saya lebih baik secara offline saja.
list-comment-debate-photo-profile

Widia

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya rasa saya tidak setuju dengan persidangan pajak secara online saat pascapandemi. Jika di masa pandemi dilaksanakan untuk menghindari penularan virus menurut saya tindakan yang bagus, namun melihat kemungkinan kendala seperti jaringan internet yang terhambat/terputus sehingga kepastian hukum atau pernyataan bisa saja terjadi kesalahan. Regulasi, sosialisasi, dan persiapan haruslah matang sehingga selama persidangan dapat adil dilaksanakan #Maribicara
list-comment-debate-photo-profile

Maftukhah

baru saja
Memilih: Setuju
Hemat waktu, hemat biaya, hemat tenaga, apalagi dimasa pandemi yang harus selalu jaga jarak dan menghindari kerumunan. Tapi perlu diingat sosialisasi kebijakan kepada masyarakat awam harus dilakukan secara mendalam, khawatir nantinya akan dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab
list-comment-debate-photo-profile

Deborah

baru saja
Memilih: Setuju
Karena dengan adanya persidangan pajak secara online, rakyat akan mengetahuai perkembangan pajak di Indonesia, sehingga jika ada yang korupsi, dapat diselesaikan saat itu juga.
list-comment-debate-photo-profile

savira r

baru saja
Memilih: Setuju
Sidang secara daring punya kemudahan akses untuk online dimana saja tetapi tetap sesuai prosedur. Keuntungan bagi yg merasa sulit untuk datang ke ruang persidangan. Hal ini efisien karena mengikuti perkembangan zaman aktivitas virtual yg sudah tidak lagi tabu di masyarakat sehingga apapun prosesnya bisa cepat ditindaklanjuti.
list-comment-debate-photo-profile

Biri reza

baru saja
Memilih: Setuju
saya setuju, karena di era pandemi, segala sesuatu yang berkaitan dengan fisik dilakukan dengan cara digital atau online, sebagai pencegahan penularan penyakit. begitupun pasca pandemi, pendigitalisasian adalah hal yang harus ditingkatkan, karena era sekarang dimana harus serba cepat, praktis, dan efisien. sidang pajak online menurut saya sangat bagus untuk diterapkan di Indonesia, karena agar prosesnya lebih cepat, murah dan sederhana tanpa harus datang ke tempat pengadilan pajak, terutama bagi warga yang jauh dari tempat. dan dengan tetap mengikuti tata cara yang sesuai dengan KEP-016/PP/2020. #maribicara
list-comment-debate-photo-profile

Desy

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Meskipun persidangan online ini nantinya akan terlihat lebih efektif dan efisien, namun benar yang dikatakan Ketua Tim Evaluasi yang menyatakan bahwa persidangan online ini akan banyak tantangannya. Belum lagi tidak semua masyarakat kita melek akan teknologi terbaru.
list-comment-debate-photo-profile

Shokhib

baru saja
Memilih: Setuju
pengadilan pajak secara online memang lebih baik dilakukan dimasa pademi seperti ini.dapat mempermudah dan memangkas pengeluaran perusahaan
list-comment-debate-photo-profile

Rachman Hakim Albar

baru saja
Memilih: Setuju
Saya sangat setuju pengadilan pajak online, pengadilan pajak online membawa banyak manfaat dan dampak positif seperti perusahaan bisa menghemat biaya transportasi untuk perusahaan yang jauh,bisa lebih cepat dan lebih efektif dan efisien cuma ditambahkan majelis hukum semua nya datang agar tidak ada yang kurang dapat informasi dan dibuatkan notulen terkait sidang tersebut
list-comment-debate-photo-profile

Benny Kurniawan

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Saya tidak setuju persidangan online pascapandemi, Sidang online ada karena suatu kedaruratan nasional/force majeur (ditetapkan UU dan peraturan lainnya), yang mana hal tersebut tentu akan berubah ketika status pandemi (ditetapkan WHO) berubah menjadi endemi. Kita tidak boleh menafikan bahwa infrastruktur IT dan jaringan internet di indonesia masih jauh dari kata "mumpuni", berdasarkan pengalaman ketika berkegiatan secara online/daring (pemeriksaan, sidang,dsb) kelancaran dalam proses tersebut masih sering terkandala dengan seringnya video call yang putus/terjeda, suara yang putus-putus, dan beberapa kendala lainnya. Selain itu pula banyak dari kita yang selama ini masih menyimpan bukti dalam bentuk hardcopy, yang mana tentunya akan menyulitkan dan memakan waktudalam proses persidangan (pun jika dokumen /bukti tersebut di-digitalisasi,yang sebelumnya masih berupa hardcopy),hemat saya kedepan tiap provinsi ada PP#MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Arin

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
selama ini tidak ada payung hukum yang mengatur soal mekanisme pelaksanaan sidang secara online. Sementara, mekanisme tersebut menjadi opsi penyelenggaraan sidangdi tengah pandemi Covid-19.
list-comment-debate-photo-profile

Cintya putri

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju diadakannya sidang online pengadilan pajak karna beberapa wajib pajak mungkin saja ada yang tidak punya banyak waktu ini juga meminimalisir waktu dan biaya. Namun diharapkan saat sidang online berlangsung juga tetap menjelaskan detail dari persidangan tersebut agar tetap berjalan sesuai dengan ketentuan #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Benedikta Risma

baru saja
Memilih: Setuju
Persidangan online pasca pandemi sebaiknya tetap dilaksanakan, mengingat pascapandemi segala proses masih tetap dilakukan secara online atau prokes ketat. Namun mungkin kegiatan online ditingkatkan juga dari segi fasilitas dan jaringan komunikasi agar tidak ada kesalahpahaman di antara peserta sidang. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Ananta

baru saja
Memilih: Setuju
yang penting lebih mudah namun tetap sesuai dengan tata cara dan peraturan rapat/sidang, harus tetap transparan juga.
list-comment-debate-photo-profile

Wilis

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju kalau persidangan online di pengadilan pajak diberlakukan, karena dengan begitu dapat meminimalisir biaya, waktu, dan tenaga yang diperlukan untuk datang ke sidang offline. Namun perlu diberitahukan secara detail juga kepada pemohon banding/penggugat tentang mekanisme dan hal dibutuhkan untuk sidang online, agar persidangan bisa berjalan dengan lancar.
list-comment-debate-photo-profile

Rafly Faisal

baru saja
Memilih: Setuju
pelaksaan sidang online diatur pelaksaan oleh MA. Adapun tujuanya melindungi tersangka/terdakwa dari ancaman penyebaran COVID-19.namun menurut saya kaji ulang ini untuk mengetahui apakah sidang online ke depan hanya diberlakukan dalam keadaan darurat atau dpt menggantikan sidang offline secara permanen . Sebagai pilihan proses penyelesaian perkara di pengadilan!!
list-comment-debate-photo-profile

Ilham Saega

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya kurang setuju.. alasannya karena banyak masyarakat yang belum mengerti prosedur/ sistem dari sidang online pengadilan pajak. Memang benar jika pengadilan pajak secara online dapat lebih efisien waktu dan tenaga tetapi percuma saja jika banyak masyarakat belum mengerti prosedur / sistemnya. Jadi jika sekalipun ingin melakukan sidang online sebaiknya dilakukan sosialisasi-sosialisasi terlebih dahulu ke masyarakat yang lain agar lebih jelas mengenai sistem sidang online.. selain itu banyak didaerah-daerah lain yg masih terpencil belum mempunyai akses internet, sehingga sidang online hanya cocok diterapkan untuk warga yang tinggal di daerah perkotaan saja. #MariBicara
list-comment-debate-photo-profile

Bunga

baru saja
Memilih: Setuju
Karena banyak keuntungannya seperti tenaga, biaya dan waktu dan lebih efisien pula terebih pada masa sekarang untuk melakukan aktivitas yang berkerumunan sebaiknya masih berhatihati
list-comment-debate-photo-profile

aufa

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
saya tidak setuju dengan sidang online, karena tidak semua wajib pajak mengerti tentang teknologi dan tidak semua memiliki fasilitas lengkap seperti device dan lain-lainnya. selain itu juga terdapat beberapa kendala lain seperti masalah sinyal, dll yang bisa menghambat proses sidang online, baiknya tetap dilaksanakan dengan normal menggunakan protokol kesehatan
list-comment-debate-photo-profile

Anissa Dwi Aprilia

baru saja
Memilih: Setuju
Sidang online pengadilan pajak perlu diadakan karena bisa terwujudnya proses sidang berjalan efisien dan efektif yang sesuai dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang
list-comment-debate-photo-profile

Rizqy

baru saja
Memilih: Setuju
Dengan adanya sidang online ini menurut saya lebih efektif ya, karna lebih efisien utk kita yg tidak memiliki waktu banyak ataupun bagi kita yg rumahnya jauh dg kantor pengadilan yg memakan waktu cukup lama. Jadi dg adanya sidang online ini kita tidak perlu repot dg waktu, jarak tempuh, dan biaya yg harus kita keluarkan utk mengurus persidangan tersebut
list-comment-debate-photo-profile

gtvienna

baru saja
Memilih: Setuju
setuju dengan adanya persidangan secara online. selain lebih efektif, hal ini juga dapat menumbuhkan rasa aman di masyarakat pada masa pandemi covid 19 ini
list-comment-debate-photo-profile

Anisha Isa

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Saya tidak sepenuhnya setuju dengan Sidang Online. Menurut saya, lebih baik tetap berjalan normal dikarenakan sebagian masyarakat masih belum teredukasi secara merata dengan teknologi. Selain itu, fasilitas untuk melaksanakan sidang online juga belum dipastikan memadahi. Lebih setuju offline dengan harap proses, notifikasi, dan berbagai pertanyaan masyarakat awam langsung dijawab kontan/di tempat.Saya tidak sepenuhnya setuju dengan Sidang Online. Menurut saya, lebih baik tetap berjalan normal dikarenakan sebagian masyarakat masih belum teredukasi secara merata dengan teknologi. Selain itu, fasilitas untuk melaksanakan sidang online juga belum dipastikan memadahi. Lebih setuju offline dengan harap proses, notifikasi, dan berbagai pertanyaan masyarakat awam langsung dijawab kontan/di tempat. Serta, Sidang Online menurut saya berpeluang memberikan kesan yang agak sepele di mata orang.
list-comment-debate-photo-profile

Billy

baru saja
Memilih: Tidak Setuju
Kondisi teknologi informasi harus dipastikan merata & terjamin, agar proses dalam sidang berupa penyampaian dari pihak-pihak yang berkepentingan dapat dilaksanakan dengan lancar. Apabila tidak, pengambilan keputusan sidang berisiko tidak memenuhi keadilan.
list-comment-debate-photo-profile

Kresno Adiwibowo

baru saja
Memilih: Setuju
Saya setuju jika dilakukan persidangan secara on line / virtual yang diselenggarakan Pengadilan Pajak. Menurut pendapat saya, sebagai praktisi dalam bidang litigasi sengketa parpajakan di Pengadilan Pajak, mekanisme persidangan secara on line akan memudahkan tiga pihak yang terlibat dalam penanganan sengketa pajak yaitu: 1. Wajib Pajak (Pemohon Banding atau Penggugat). 2. Pihak Otoritas Pajak (Terbanding atau Penggugat) 3.Pihak Pengadilan Pajak (Majelis Hakim maupun Sekretariat Pengadilan Pajak). Mengapa perlu persidangan online? kita tahu pandemic Covid 19 pada dasarnya adalah suatu bentuk musibah yang bisa dikatakan given, artinya suka atau tidak suka kita dihadapkan suatu peristiwa kejadian luar biasa yang mengakibatkan dampak yang merugikan baik dari berbagai sektor. Untuk itu, semua roda sendi kehidupan harus tetap berjalan, termasuk untuk mencari kepastian hukum tanpa mengabaikan prokes. Mekanisme sidang online adalah solusi terbaik tanpa mengabaikan protokol kesehatan.