SELEKSI CPNS

Seleksi CPNS dan PPPK Segera Dibuka, Perhatikan Syarat-Syaratnya

Muhamad Wildan | Kamis, 31 Agustus 2023 | 08:37 WIB
Seleksi CPNS dan PPPK Segera Dibuka, Perhatikan Syarat-Syaratnya

Sejumlah Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengikuti upacara pelantikan dan pengambilan sumpah di Aula gedung C komplek Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Kamis (27/7/2023). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.

JAKARTA, DDTCNews - Menjelang dimulainya seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2023, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengimbau masyarakat untuk memperhatikan syarat-syarat yang ditetapkan.

Sebelum mendaftar, baik sebagai CPNS ataupun PPPK, masyarakat perlu memperhatikan batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan syarat-syarat lainnya.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka," ujar Anas, dikutip pada Kamis (31/8/2023).

Baca Juga:
Pendaftaran CASN Akan Dibuka, K/L Diminta Lengkapi Perincian Formasi

Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan, yakni ijazah, transkrip nilai, KTP, akta kelahiran, daftar riwayat hidup, dan dokumen lain yang dipersyaratkan oleh instansi tujuan pelamar.

"Setiap instansi punya persyaratan khusus masing-masing. Cermati dokumen yang dibutuhkan untuk melamar karena calon pelamar. Jangan sampai ini menjadi kendala saat melamar," ujar Anas.

Berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN 2023, setiap instansi akan mengumumkan seleksi pada 16 September hingga 30 September 2023. Masyarakat dapat mendaftarkan diri sebagai CASN pada 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Baca Juga:
Bakal Tunjuk Wajib Pajak, DJP Uji Coba Kedua Penyampaian Lapkeu XBRL

Masyarakat pun diimbau untuk tidak mempercayai oknum yang menjanjikan kelulusan dengan meminta imbalan tertentu. Pasalnya, seleksi CASN akan digelar menggunakan computer assisted test (CAT) sehingga nilai peserta bakal langsung diketahui secara real time.

"Harap berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena sudah dapat dipastikan penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk dapat mengikuti rangkaian seleksi CASN," ujar Anas.

Anas pun mengimbau kepada para pelamar untuk siap ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia dan menerima gaji yang telah ditetapkan. "Perlu komitmen yang tinggi bagi setiap individu yang mengabdikan dirinya untuk negara. Harus bersedia ditempatkan dimanapun termasuk daerah terpencil," kata Anas. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 02 Mei 2024 | 10:00 WIB APARATUR SIPIL NEGARA

Pendaftaran CASN Akan Dibuka, K/L Diminta Lengkapi Perincian Formasi

Selasa, 30 April 2024 | 08:52 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Bakal Tunjuk Wajib Pajak, DJP Uji Coba Kedua Penyampaian Lapkeu XBRL

Senin, 29 April 2024 | 13:30 WIB PMK 186/2021

Menkeu Berwenang Periksa Akuntan Publik, Begini Aturannya

Minggu, 28 April 2024 | 09:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

DJP Segera Mulai Uji Coba Pelaporan Keuangan Berbasis XBRL Tahap II

BERITA PILIHAN