PROFIL PERPAJAKAN GRENADA

Negara Ini Tidak Punya Pajak Penghasilan atas Dividen

Nora Galuh Candra Asmarani | Kamis, 26 November 2020 | 16:36 WIB
Negara Ini Tidak Punya Pajak Penghasilan atas Dividen

GRENADA adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia. Negara ini terletak sekitar 161 km di sebelah utara Venezuela. Grenada merupakan negara terkecil kedua di belahan bumi Barat setelah Saint Kitts dan Nevis.

Meski memiliki luas wilayah yang kecil, sektor pertanian di Grenada cukup unggul. Negara yang dijuluki Pulau Rempah-Rempah (Spice Island) ini merupakan penghasil pala dan bunga pala terbesar ke-2 di dunia setelah Kepulauan Banda, Maluku, Indonesia.

Selain itu, Grenada juga merupakan negara penghasil pisang, kakao, ubi jalar, dan buah jeruk terbesar di Kawasan Karibia. Negara yang menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional ini mencatat produk domestik bruto senilai US$1,185 miliar pada 2018.

Baca Juga:
Negara Ini Punya Tarif PPh Badan Lebih Besar untuk Perusahaan Tambang

Sistem Perpajakan
PERUSAHAAN dianggap residen jika didirikan atau dikelola secara terpusat dan dikendalikan di Grenada. Perusahaan residen dikenakan pajak atas penghasilan dari seluruh dunia. Sementara itu, perusahaan nonresiden dikenakan pajak atas penghasilan yang bersumber dari Grenada.

Penghasilan kena pajak dihitung dari laba bersih sebelum pajak yang telah disesuaikan dengan biaya yang dapat dikurangkan dan yang tidak dapat dikurangkan. Tarif pajak penghasilan (PPh) badan yang berlaku adalah 28%.

Orang pribadi dianggap sebagai residen jika secara fisik berada di Grenada setidaknya selama 183 hari dalam satu tahun fiskal. Baik orang pribadi residen maupun nonresiden dikenakan pajak atas penghasilan yang berasal dari Grenada.

Baca Juga:
Pajak Lebih Tinggi Jika Domisili Pemegang Saham di Negara Tax Haven

The Inland Revenue Department mengenakan dua layer tarif untuk PPh orang pribadi. Orang pribadi dengan penghasilan XCD1 sampai dengan XCD24.000 dikenakan tarif 10%. Sementara itu, orang pribadi dengan penghasilan di atas XCD24.000 dikenakan tarif 28%

Dari sisi withholding tax, Grenada tidak mengenakan pajak atas dividen baik yang diterima wajib pajak residen maupun nonresiden. Sementara itu, penghasilan berupa royalti dan bunga baik yang diterima wajib pajak residen maupun nonresiden dikenakan pajak dengan tarif 15%.

Pajak pertambahan nilai (PPN) berlaku atas penjualan barang dan penyediaan layanan di Grenada serta impor barang ke Grenada. Tarif standar PPN yang berlaku adalah 15%. Namun, untuk sektor pariwisata dikenakan tarif 10% dan tarif PPN 20% berlaku untuk sektor telekomunikasi.

Baca Juga:
Penghasilan Jasa Profesional Independen di Negara Ini Kena PPh Badan

Terkait dengan aturan anti penghindaran pajak, Grenada tidak memiliki aturan terkait dengan transfer pricing, thin capitalization, dan controlled foreign company. Negara berpopulasi 112.735 penduduk ini juga tidak mengenakan pajak atas warisan.

Grenada telah menandatangani 32 perjanjian pertukaran informasi pajak dan tax treaty dengan beberapa negara. Grenada juga mengadakan perjanjian pertukaran informasi pajak dengan US Inland Revenue Service berdasarkan US Foreign Tax Compliance Act (FATCA).



Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 25 Januari 2024 | 15:41 WIB PROFIL PERPAJAKAN NAMIBIA

Negara Ini Punya Tarif PPh Badan Lebih Besar untuk Perusahaan Tambang

Jumat, 13 Oktober 2023 | 15:45 WIB PROFIL PERPAJAKAN EKUADOR

Pajak Lebih Tinggi Jika Domisili Pemegang Saham di Negara Tax Haven

Selasa, 19 September 2023 | 17:05 WIB PROFIL PERPAJAKAN BOLIVIA

Penghasilan Jasa Profesional Independen di Negara Ini Kena PPh Badan

Jumat, 28 Juli 2023 | 11:09 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pajak Korporasi dan Investasi, OECD Rilis Working Paper Terbaru

BERITA PILIHAN
Selasa, 19 Maret 2024 | 17:00 WIB KPP MADYA BATAM

Teguran Tak Ditanggapi, WP Ini Terima Surat Paksa dari Kantor Pajak

Selasa, 19 Maret 2024 | 16:25 WIB IZIN KUASA HUKUM

Ini Aturan Baru Permohonan IKH di Pengadilan Pajak Mulai 12 April 2024

Selasa, 19 Maret 2024 | 16:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Ingat! Pengguna Jasa Kepabeanan Bisa Kena Blokir Jika Tidak Lapor SPT

Selasa, 19 Maret 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Gagal Unduh Formulir e-Form Saat Lapor SPT Tahunan, Coba Cara Ini

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:39 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Soal Kenaikan PPN, Sri Mulyani Ikuti Fatsun Politik Pemerintahan Baru

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:17 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Soal Kenaikan PPN, DPR Sarankan Tunggu The Fed Turunkan Suku Bunga

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:09 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ditanya DPR soal Kenaikan Tarif PPN, Dirjen Pajak: Kami Sedang Kaji