KEBIJAKAN PAJAK

Meninjau Kebijakan Pajak sebagai Solusi Masalah Sosial

Redaksi DDTCNews | Rabu, 23 Desember 2020 | 15:47 WIB
Meninjau Kebijakan Pajak sebagai Solusi Masalah Sosial

JEPANG merupakan salah satu negara dengan angka kelahiran terendah di dunia. Negara ini juga tengah mengalami aging population lebih cepat dibandingkan dengan negara lainnya. Situasi tersebut pada akhirnya menimbulkan permasalahan yang serius bagi masyarakat Jepang.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah melakukan reformasi struktural guna mengakomodasi dinamika kondisi demografi masyarakat Jepang. Upaya reformasi tersebut salah satunya dilakukan melalui kebijakan pajak.

Buku berjudul “Tax Policy for Aging Societies: Lessons from Japan” karya dari Akira Okamoto menceritakan pengalaman Jepang dalam menggunakan kebijakan pajak guna mengatasi permasalahan demografis tersebut.

Baca Juga:
Respons Konflik Iran-Israel, Korsel Lanjutkan Diskon Tarif Pajak BBM

Pada dasarnya, tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menetapkan pedoman bagi reformasi pajak dan jaminan sosial di Jepang secara adil dan efisien. Meski begitu, buku ini juga bisa menjadi pembelajaran dalam mengatasi permasalahan sosial melalui instrumen pajak.

Buku yang diterbitkan pada 2004 ini menggunakan simulasi dalam menganalisis dampak suatu paket kebijakan yang diusulkan terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat sehingga buku ini menawarkan proposal kebijakan pajak yang konkret sebagai solusi dalam mengatasi masalah demografis ini.

Beberapa kebijakan menarik yang dibahas di buku ini antara lain penerapan pajak progresif dan retribusi antar-generasi. Bagian ini meninjau dampak kuantitatif dari penerapan sistem pajak progresif terhadap efisiensi dan pemerataan distribusi pendapatan di Jepang.

Baca Juga:
Ringankan Beban Kelas Menengah, Negara Ini Bakal Turunkan Tarif PPh OP

Selanjutnya, ada juga kebijakan integrasi sistem pajak dan jaminan sosial bagi pendanaan pensiun. Kebijakan ini menekankan pentingnya kontribusi publik terhadap pendanaan biaya hidup pensiunan yang dilakukan dengan skema pembayaran pajak pay-as-you-go.

Penulis juga menyajikan kebijakan penerapan model simulasi life-cycle general equilibrium melalui distribusi pendapatan yang berkelanjutan. Pada bagian ini, penulis membuat simulasi dengan meninjau dampak dari perubahan varian pendapatan dalam kelompok usia tertentu tehadap efisiensi dan pemerataan distribusi pendapatan di Jepang.

Menariknya lagi, setiap pembahasan disusun secara sistematis dengan memuat analisis dari simulasi kasus serta dilengkapi dengan kerangka teori. Pada akhirnya, pembaca mendapatkan gambaran mengenai kemungkinan hasil yang didapat dari pilihan kebijakan tertentu.

Baca Juga:
Singapura Resmi Naikkan Tarif Pajak Karbon sekitar Rp296.000 per Ton

Meski tujuan penulisan buku ini untuk membantu mengatasi permasalahan aging population di Jepang, bukan berarti berbagai kebijakan yang disajikan tidak relevan jika diterapkan di negara lain, misalnya seperti Indonesia.

Meski saat ini Indonesia diprediksi akan mengalami ‘bonus demografi’, tidak menutup kemungkinan fenomena tersebut membuka celah masalah demografi yang lainnya apabila tidak dimanfaatkan secara optimal.

Untuk itu, buku yang diterbitkan oleh Springer ini dapat dijadikan pendoman bagi aparat pemerintah serta akademisi di Indonesia dalam menyiapkan skenario kebijakan pajak sebagai solusi permasalahan demografi. Tertarik membaca buku ini? Silakan anda baca langsung di DDTC Library. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 16 April 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Dapat Hadiah dari Undian? Begini Ketentuan Pajaknya

Selasa, 16 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tabungan di Bawah Rp7,5 Juta Tak Kena PPh Bunga tapi Tetap Masuk SPT

Selasa, 16 April 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tarif PPN untuk 5 Jasa Tertentu Ini Bakal Naik Tahun Depan, Asalkan...

Selasa, 16 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ajukan Perpanjangan Lapor SPT, WP Badan Harus Lunasi Dulu PPh Terutang

Selasa, 16 April 2024 | 15:00 WIB PELAPORAN PAJAK

Agar Lapor SPT Tahunan Lancar, DJP Sarankan WP Badan Siapkan Hal Ini

Selasa, 16 April 2024 | 14:30 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Penjualan Emas kepada Pihak-Pihak Tertentu yang Tidak Dipungut PPh 22

Selasa, 16 April 2024 | 14:25 WIB KEBIJAKAN EKONOMI

Antisipasi Dampak Perang Iran-Israel, APBN Tetap Jadi Bantalan

Selasa, 16 April 2024 | 14:00 WIB LAYANAN BEA DAN CUKAI

Modus Penipuan Catut Bea Cukai, Pelaku Kerap Berikan Nomor Resi Palsu

Selasa, 16 April 2024 | 13:30 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Bebas Utang Pajak Jadi Syarat Penunjukan Mitra Utama Kepabeanan