EL SALVADOR

Bitcoin Sah Jadi Alat Pembayaran, Pemerintah Siapkan Insentif Pajak

Muhamad Wildan | Selasa, 08 Juni 2021 | 13:30 WIB
Bitcoin Sah Jadi Alat Pembayaran, Pemerintah Siapkan Insentif Pajak

Ilustrasi.

SAN SALVADOR, DDTCNews – Presiden El Salvador Nayib Bukele berencana membebaskan penghasilan transaksi bitcoin dari pajak capital gains seiring dengan akan ditetapkannya bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Presiden mengatakan peraturan yang menetapkan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender) sedang dirancang pemerintah. Jika tidak ada aral melintang, rencana tersebut akan dibahas bersama parlemen dalam waktu dekat ini.

"Nanti, tidak ada capital gains tax atas bitcoin mengingat bitcoin akan menjadi mata uang yang legal," cuitnya di Twitter, dikutip pada Selasa (8/6/2021).

Baca Juga:
Warga Filipina Ingin Sepeda Motor Listrik Dapat Keringanan Pajak

El Salvador menggunakan dolar Amerika Serikat (AS) sebagai alat pembayaran yang sah terhitung sejak 2001. Namun demikian, El Salvador tidak memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan moneternya sendiri.

Di sisi lain, ekonomi El Salvador sangat bergantung pada remitansi. Setiap tahun, sekitar 2 juta orang El Salvador di luar negeri rutin mengirimkan dana hingga US$4 miliar per tahun ke El Salvador. Jumlah tersebut setara dengan 15% dari PDB.

El Salvador akan menjadi negara pertama yang menerima bitcoin sebagai mata uang yang sah. Bukele meyakini adopsi bitcoin sebagai legal tender secara jangka pendek akan mendorong inklusi keuangan dan mendorong penciptaan lapangan kerja.

Baca Juga:
Dukung Negara Tetangga Terapkan Pajak Karbon, ADB Beri Masukan

Tak hanya membebaskan bitcoin dari pajak penghasilan, Bukele juga akan memberikan permanent residence kepada pengusaha yang bergerak di sektor cryptocurrency. (rig)



Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar