PEREKONOMIAN INDONESIA

BI: Industri Pengolahan Kunci Indonesia Naik Kelas

Redaksi DDTCNews | Selasa, 06 November 2018 | 19:39 WIB
BI: Industri Pengolahan Kunci Indonesia Naik Kelas

Ilustrasi. (foto: tmac.org)

JAKARTA, DDTCNews – Industri pengolahan memainkan peran krusial untuk naik dari negara berpendapatan menengah menuju negara berpendapatan tinggi. Hal ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo dalam diskusi terkait outlook ekonomi nasional pada 2019. Menurutnya, Industri pengolahan memainkan peran penting karena signifikannya nilai tambah yang dihasilkan.

Saat ini, sambungnya, industri pengolahan belum maksimal mendorong perekonomian karena masih besarnya impor bahan baku dan penolong. Ketergantungan ini memberi tekanan dalam neraca transaksi defisit transaksi berjalan.

Baca Juga:
Begini Analisis BKF Soal Pertumbuhan Ekonomi hingga Akhir Tahun

“Industri kita yang middle dan high technology selalu diikuti dengan impor yang tinggi. Artinya kandungan impor kita lebih besar,” katanya, Selasa (6/11/2018).

Persoalan struktural ini, menurut Dody, dapat diurai dalam jangka menengah dan panjang. Konsistensi kebijakan diperlukan baik dari sisi moneter maupun fiskal untuk mengatasi masalah struktural tersebut.

Bila berhasil mengatasi masalah struktural tersebut, Indonesia bisa terus melaju menjadi negara dengan pendapatan tinggi. Selain itu, Indonesia mampu keluar dari jebakan middle income country.

“Tantangan struktural kita berada dalam tahap keluar dari jebakan middle income. Kita berada di pendapatan per kapita US$3.400 menuju US$12.000 ini relatif hanya sedikit negara. Rata rata akan masuk middle income trap,” jelas Dody. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:00 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL

Begini Analisis BKF Soal Pertumbuhan Ekonomi hingga Akhir Tahun

Senin, 06 Mei 2024 | 16:38 WIB KINERJA EKONOMI KUARTAL I/2024

Data BPS: Pengeluaran Pemerintah dan LNPRT Tumbuh Double Digit

BERITA PILIHAN