NEW DELHI, DDTCNews – Pemerintah India menurunkan tarif pajak atas barang dan jasa (GST) pada barang-barang rumah tangga dari 31,3% menjadi sekitar 18%. Secara keseluruhan, lapisan tarif GST terbaru telah diatur menjadi 0%, 5%, 12%, 18% dan 28%.
Dalam laporan Kementerian Keuangan India, pemerintah berkomitmen untuk mengatur 99% jenis barang agar dikenakan tarif 18% atau bahkan lebih rendah. Hanya 34 jenis barang mewah dan barang yang berpotensi membahayakan (sin goods) akan dikenakan tarif 28%.
“Barang rumah tangga seperti televisi hingga 27 inci, lemari es, mesin cuci, peralatan listrik rumah tangga seperti mixer, jus, penyedot debu, kipas angin, pendingin ruangan (AC) dan jam tangan mengalami penurunan tarif dari 31,3% menjadi 18%,” demikian laporan dari Kementerian Keuangan India, Rabu (18/12).
Adapun masih dalam laporan tersebut, pemerintah juga menurunkan tarif pajak pada telepon seluler pun turun dari 18-25% menjadi 12% dan pajak furnitur turun dari 25-31% menjadi 18%.
Pemerintah juga menurunkan tarif pajak barang mewah seperti pajak mobil, semen, mesin AS, mesin pencuci piring, kamera digital, konsol video game, layar monitor dan proyektor menjadi 28% dari tarif sebelumnya sebesar 31,3%
Kemudian pajak atas tiket film dengan harga lebih dari INR100 (senilai Rp20.535) turun dari 35% menjadi 28%. Lalu pajak atas akomodasi hotel bintang 5 kini menjadi 28% dibanding sebelumnya yang setinggi 30-50%.
Keputusan pemerintah untuk menurunkan tarif pajak pada barang-barang kebutuhan rumah tangga merupakan suatu upaya menyeragamkan tarif pajak. Sekaligus menghapus pemajakan berganda yang kerap terjadi di India.
Pada rezim pajak sebelumnya, pemerintah menerapkan pemungutan sejak barang diproduksi di pabrik, serta pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN). Berdasarkan rezim ini, konsumen menanggung pajak berganda atas suatu barang yang ingin dibeli maupun dalam bentuk layanan.
Berlakunya rezim baru diklaim akan memberi keringanan pajak terhadap para konsumen, karena GST dipungut pada akhir konsumsi atau pada saat konsumen akhir membeli produk maupun layanan. (Amu)