KABUPATEN KEBUMEN

Target PAD Berubah, Pemkab Ini Tinggal Kejar Rp65 Miliar

Redaksi DDTCNews
Kamis, 01 Oktober 2020 | 12.22 WIB
Target PAD Berubah, Pemkab Ini Tinggal Kejar Rp65 Miliar

Seorang petani garam memproduksi garam di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pemkab Kebumen masih memiliki tugas untuk memenuhi target pendapatan asli daerah (PAD) yang sudah direvisi akibat pandemi Covid-19. (Foto: Antara)

KEBUMEN, DDTCNews - Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah masih memiliki tugas untuk memenuhi target pendapatan asli daerah (PAD) yang sudah direvisi akibat pandemi Covid-19.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Wahyu Siswanti mengatakan realisasi PAD sampai akhir Agustus 2020 sudah mencapai Rp252,9 miliar. Bila mengacu kepada target APBD murni 2020 maka pemkab baru memenuhi sekitar 60% dari target yang senilai Rp417,6 miliar.

Dia menuturkan akibat pandemi Covid-19, pemkab menurunkan target PAD dalam APBD-Perubahan menjadi Rp317,9 miliar. Dengan demikian Bappenda sudah memenuhi target PAD hasil revisi sekitar 79% sampai dengan akhir Agustus 2020.

"Pada anggaran perubahan 2020 terdapat perubahan target PAD menjadi Rp317,9 miliar. Kami optimis di akhir tahun target bisa terealisasi," katanya seperti dikutip Rabu (30/9/2020).

Wahyu menuturkan pemerintah harus melakukan rasionalisasi target PAD karena penerimaan pajak daerah yang terjun bebas tahun ini. Menurutnya, setoran pajak dari kegiatan jasa seperti hotel tidak masuk ke kas pemda karena tingkat okupansi kamar yang turun drastis sejak April 2020.

Penurunan kinerja pajak daerah juga berlaku untuk sektor restoran. Praktis pemkab kehilangan pungutan pajak 10% untuk hotel dan 10% untuk restoran yang terpaksa tutup akibat sepinya pelanggan dan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurutnya, pemulihan usaha hotel dan restoran mulai diinisiasi dengan menggandeng pelaku usaha melaksanakan protokol kesehatan. Melalui hal tersebut diharapkan kegiatan usaha dapat pulih secara bertahap dan mulai rutin menyetorkan pajak ke kas daerah.

"Kami juga upayakan promosi agar hotel di Kebumen dapat dipilih oleh tamu. Ini juga membantu hotel dan secara tidak langsung Pemkab Kebumen dapat menerima pemasukan pajak," imbuhnya seperti dilansir radarbanyumas.co.id. (Bsi)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.