KABUPATEN MERAUKE

Bapenda Gandeng Kantor Pos Rilis Fasilitas Pembayaran PBB

Nora Galuh Candra Asmarani | Selasa, 16 Juni 2020 | 18:27 WIB
Bapenda Gandeng Kantor Pos Rilis Fasilitas Pembayaran PBB

Beberapa pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Merauke memasuki kantor. Bapenda Kabupaten Merauke bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Regional Papua dan Papua Barat merilis fasilitas layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan P-2Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). (Foto: Antara)

MERAUKE, DDTCNews – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Merauke bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Regional Papua dan Papua Barat merilis fasilitas layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan P-2Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Kepala Bapenda Merauke Cristian Izir mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Kerja sama ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dengan memberi fasilitas layanan yang memadai .

“Setelah merilis pelayanan PBB-P2 pada hari ini, maka wajib pajak sudah dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan PT Pos Cabang Merauke,” terangnya di Merauke, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga:
Pemda Bentuk Satgas PBB, Keliling Cek Rumah-Rumah Warga

Cristian berharap bertambahnya akses layanan pembayaran dapat meminimalisasi dalih masyarakat yang tidak membayar PBB-P2 karena jarak tempuh. Selain itu, penambahan akses layanan ini diharapkan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Kantor Pos Merauke Denny Lumban Toruan mengatakan kerja sama ini sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam pembayaran PBB-P2.

“Dengan kerja sama ini, masyarakat yang ada di distrik-distrik tidak lagi harus ke pusat kabupaten untuk melakukan pembayaran PBB,” ungkap Denny

Baca Juga:
Pajak Hiburan Sampai 40%, Ini Daftar Tarif Pajak Terbaru Palangka Raya

Kini, lanjut Denny, sudah ada perwakilan petugas Kantor Pos di tingkat distrik, misalnya di Tanah Miring, Jagebob, Kurik, Sota dan Kimam. Menurut Denny, partisipasi masyarakat dalam PBB-P2 sangat berpengaruh pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Merauke.

Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Merauke Tobing mengatakan pemerintah daerah akan terus berinovasi guna mempermudah pelaksanaan tugas, dan tanggung jawab pemerintah. Inovasi ini juga dihadirkan untuk mempermudah masyarakat sekaligus membangun kesadaran pajak.

“Masih ada tanggung jawab yang berat, bagaimana kita meningkatkan PAD kita melalui pajak, dengan mengajak wajib pajak yang belum sadar supaya sadar membayar pajak,” kata Tobing, seperti dilansir teropongnews.com. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Minggu, 19 Mei 2024 | 11:30 WIB KOTA TANGERANG

Pemda Bentuk Satgas PBB, Keliling Cek Rumah-Rumah Warga

Jumat, 17 Mei 2024 | 13:30 WIB KOTA PALANGKA RAYA

Pajak Hiburan Sampai 40%, Ini Daftar Tarif Pajak Terbaru Palangka Raya

Kamis, 16 Mei 2024 | 15:00 WIB TIPS PAJAK DAERAH

Cara Bayar PBB Rumah di Tokopedia

BERITA PILIHAN
Minggu, 19 Mei 2024 | 20:20 WIB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)

Silaturahmi Alumni FEB (KAFEB) UNS, Darussalam Berbagi Pengalaman

Minggu, 19 Mei 2024 | 18:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Baru Daftar NPWP Orang Pribadi, WP Tak Perlu Lakukan Pemadanan NIK

Minggu, 19 Mei 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ajukan Pemanfaatan PPh Final 0 Persen di IKN, Begini Ketentuannya

Minggu, 19 Mei 2024 | 12:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

BP2MI Minta Barang Kiriman PMI yang Tertahan Segera Diproses

Minggu, 19 Mei 2024 | 12:00 WIB PERATURAN PAJAK

Jika Ini Terjadi, DJP Bisa Minta WP Naikkan Angsuran PPh Pasal 25

Minggu, 19 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Penghitungan PPh 21 atas Penarikan Uang Manfaat Pensiun bagi Pegawai