IRLANDIA

Apple Bayar Pajak yang Disengketakan

Kurniawan Agung Wicaksono | Rabu, 19 September 2018 | 15:08 WIB
Apple Bayar Pajak yang Disengketakan

Ilustrasi. 

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah Irlandia telah mendapatkan pembayaran 14,3 miliar euro dari Apple.

Melansir BBC, Kementerian Keuangan Irlandia berpendapat pembayaran ini menjadi tonggak penting terkait putusan Komisi Eropa yang menuduh ada perlakuan pajak khusus bagi raksasa teknologi ini. Walaupun demikian, Dublin tetap membantah tuduhan itu.

Pada 2016, Komisi Eropa memutuskan bahwa tarif pajak efektif di bawah 1% yang dibayarkan perusahaan di Irlandia dianggap sebagai ‘bantuan negara’ ilegal. Apple telah mengajukan banding terhadap keputusan tersebut.

Baca Juga:
Danai Belanja Militer Ukraina, Uni Eropa Pajaki Laba dari Aset Rusia

Menteri Keuangan Paschal Donohoe mengatakan pemerintah secara fundamental tidak setuju dengan analisis Komisi Eropa. Namun, sebagai anggota Uni Eropa yang terus berkomitmen, Irlandia akan mengumpulkan ‘bantuan negara’ yang dituduhkan.

Jumlah dana tersebut senilai 13,1 miliar euro dalam pajak yang disengketakan dan bunga 1,2 miliar euro. Jumlah ini setara dengan anggaran kesehatan Irlandia untuk tahun ini. Uang tersebut disimpan dalam escrow fund,sementara banding Apple masih berlangsung.

Apple merupakan salah satu dari beberapa raksasa teknologi Amerika Serikat yang menempatkan operasi Eropa mereka di Irlandia karena tarif pajaknya yang relatif rendah. Kehadiran Facebook, Twitter, dan Google pun dirasa signifikan di Dublin.

Kementerian Keuangan Irlandia memproyeksi penyelesaian permasalahan oleh Pengadilan Eropa akan memakan waktu beberapa tahun. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN