BUKU PANDUAN DASAR TATA CARA PELAKSANAAN PAJAK

WP Harus Pahami Prosedur Pemenuhan Hak dan Kewajiban Pajak

Nora Galuh Candra Asmarani | Selasa, 27 Juli 2021 | 11:32 WIB
WP Harus Pahami Prosedur Pemenuhan Hak dan Kewajiban Pajak

Senior Partner DDTC Danny Septriadi saat memaparkan daftar konten dalam buku berjudul Panduan Dasar Tata Cara Pelaksanaan Pajak(tangkapan layar Zoom)

JAKARTA, DDTCNews - Pemahaman secara mendalam mengenai prosedur pemenuhan hak dan kewajiban pajak sangat penting dimiliki wajib pajak.

Senior Partner DDTC Danny Septriadi mengatakan tata cara pelaksanaan pajak tersebut dibahas secara komprehensif dan terperinci dalam buku ke-12 terbitan DDTC. Buku berjudul Panduan Dasar Tata Cara Pelaksanaan Pajak ini membahas prosedur tersebut secara sederhana dan sistematis.

“Buku ini membahas secara mendetail tentang prosedur pemenuhan hak dan kewajiban pajak. Pemahaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan prosedural itu penting karena kalau ada yang terlewat bisa menimbulkan sanksi,” ujarnya dalam peluncuran buku baru DDTC tersebut, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga:
Dapatkan Peraturan Pajak Terbaru via WhatsApp dan Email, Cek Caranya

Danny menyatakan buku yang terdiri atas 6 bab ini juga sudah mengakomodasi ketentuan terbaru. Pasalnya, pembahasan dalam buku tersebut telah disesuaikan dengan perubahan ketentuan peraturan perundang-undangan pajak yang terjadi akibat terbitnya Undang-Undang Cipta Kerja.

Terlebih, buku ini ditulis oleh penulis yang merupakan praktisi berpengalaman sehingga mengetahui aspek-aspek yang memang harus diketahui wajib pajak untuk dapat memenuhi kewajiban pajaknya dengan baik dan benar.

Selain itu, buku ini juga menjelaskan mengenai langkah-langkah penggunaan berbagai sistem aplikasi daring yang diluncurkan oleh Ditjen Pajak (DJP) secara detail. Komprehensifnya pembahasan berbagai prosedur yang ada dalam buku tersebut membuatnya dapat dijadikan referensi bagi berbagai kalangan.

Baca Juga:
Tidak Semua Rumah Bebas PPN! Cek Syarat & Ketentuannya di Sini

Secara lebih terperinci, buku ini membahas mulai dari subjek dan objek pajak, tata cara pendaftaran wajib pajak dan pengukuhan pengusaha kena pajak, tata cara pembukuan dan pencatatan, serta tata cara pelaksanaan kewajiban pajak masa atau bulanan dan tahunan.

Lalu, ada pula pembahasan mengenai tata cara penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pencabutan pengukuhan pengusaha kena pajak, serta tata cara pelaksanaan prosedur pajak yang bersifat khusus.

“Penjelasan tentang berbagai prosedur dari pendaftaran sampai penghapusan tercakup dalam buku ini. Penjelasan tentang prosedur khusus seperti surat keterangan fiskal dan pemindahbukuan juga dibahas. Untuk itu, buku ini sangat tepat dibaca berbagai kalangan baik UMKM, orang pribadi, maupun mahasiswa,” pungkasnya

Baca Juga:
Ini Opsi Jika Wajib Pajak UMKM Ternyata Kelebihan Setor PPh Final

Seperti diketahui, terbitnya buku ini juga menjadi wujud konkret dari misi DDTC untuk menghilangkan informasi asimetris di dalam masyarakat pajak Indonesia. Hadirnya buku ini diharapkan dapat berkontribusi positif dalam membangun dan mengembangkan dunia perpajakan di Tanah Air.

Sebagai informasi kembali, buku terbaru DDTC ini ditulis oleh Managing Partner DDTC Darussalam, Senior Partner DDTC Danny Septriadi, Expert Consultant DDTC Khisi Armaya Dhora, dan Assistant Manager Tax Compliance & Litigation Services DDTC Erika. Simak ‘Dibagikan Gratis, DDTC Resmi Luncurkan Buku Pajak Baru’. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

27 Juli 2021 | 12:04 WIB

Ikhtiar DDTC untuk secara konsisten menyelenggarakan webinar perpajakan untuk meningkatkan literasi masyarakat di bidang perpajakan sangat layak untuk diapresiasi. Upaya peningkatan literasi masyarakat ini tentu lahir dari niat luhur DDTC untuk memasyarakatkan ketentuan-ketentuan di bidang perpajakan sehingga semakin banyak masyarakat yang mengerti ihwal aturan perpajakan, yang pada gilirannya akan menumbuhkan tingkat kepatuhan masyakat di bidang perpajakan. Sukses terus untuk DDTC. Dirgahayu!

27 Juli 2021 | 12:03 WIB

Saya Devi Sri Astutik, mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-14 DDTC. Semoga DDTC selalu sukses dan berjaya selalu. Berkat DDTC banyak wajib pajak maupun masyarakat luas yang terbantu dengan informasi-informasi yang diberikan melalui website dan seminar-seminar yang diselenggarakan oleh DDTC. Semoga dengan adanya peluncuran buku "Panduan Dasar Tata Cara Pelaksanaan Pajak" menjadikan wajib pajak dan masyarakat luas lebih memahami tentang aspek perpajakan dan bisa melaksanakan ketaatan pajak dengan baik untuk negara ini. Terima kasih.

27 Juli 2021 | 11:49 WIB

Selamat atas peluncuran buku "Panduan Dasar Tata Cara Pelaksanaan Pajak" dan Webinarnya pada hari ini, Selasa, 27 Juli 2021. Selamat Ultah ke-14 untuk DDTC, semoga makin sukses dan tetap dapat menjadi berkat bagi banyak orang, salam sehat selalu untuk P'Darussalam, P'Danny dan semuanya di DDTC.

27 Juli 2021 | 11:43 WIB

Pemaparan terkait buku panduan dasar dan tata cara pelaksanaan pajak oleh para penulis sangat menginterpretasikan bahwa buku ini telah ditulis dengan sedemikian rupa agar para pembaca dapat lebih mudah untuk memperoleh informasi dan edukasi terkait pelaksanaan pajak di Indonesia yang tentunya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang terupdate terutama terkait UU Cipta Kerja yang saat ini masih memerlukan pemahaman yang lebih mendalam . Semua buku yang telah diterbitkan oleh DDTC selalu memberikan impact yang luar biasa bagi kami khususnya para pelajar/mahasiswa yang terkadang masih sulit untuk menembukan sumber-sumber yang relevan dan terupdate. Terlebih sebagaimana yang telah disampaikan pak Darussalam bahwa Pajak bersifat dinamis, sehingga kami sebagai mahasiswa perlu untuk terus mengikuti dan memperbarui pengetahuan dan sumber bacaan kami.

27 Juli 2021 | 11:40 WIB

Buku yang bermanfaat yang membahas prosedur tata cara pelaksanaan pajak, dimana sudah disesuaikan dengan peraturan pajak terbaru. Terimakasih ddtc, sukses selalu.

27 Juli 2021 | 11:38 WIB

Setelah saya mengikuti webinar ini saya tahu bahwa buku ini sangat baik dan bermanfaat untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang belum begitu mengerti tentang sdasar sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia. Semoga ke depanny masyarakat Indonesia lebih peduli dengan pentingnya pajak bagi Negara dan semoga DDTC terus berperan baik dalam memperkenalkan segala bentuk sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia kepada masyarakat secara lebih luas dan dengan pemahaman yang sangat baik. Sukses terus untuk DDTC. Salam sehat selalu untuk kita semua.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 19 Maret 2024 | 09:30 WIB LITERATUR PAJAK

Tidak Semua Rumah Bebas PPN! Cek Syarat & Ketentuannya di Sini

Jumat, 15 Maret 2024 | 11:45 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ini Opsi Jika Wajib Pajak UMKM Ternyata Kelebihan Setor PPh Final

Kamis, 14 Maret 2024 | 10:30 WIB LITERATUR PAJAK

Impor Buku Ini Bisa Bebas PPN dan Bea Masuk, Begini Panduannya

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi