DDTC ACADEMY - EXCLUSIVE SEMINAR

Studi Kasus Beban Pembuktian dalam Sengketa Transfer Pricing

Redaksi DDTCNews | Kamis, 23 Juni 2022 | 13:41 WIB
Studi Kasus Beban Pembuktian dalam Sengketa Transfer Pricing

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Beban pembuktian bukanlah hal yang asing di panggung persidangan. Dalam penentuan kebenaran materiel, hakim di Pengadilan Pajak diberi kebebasan untuk menentukan hal-hal yang harus dibuktikan serta kepada siapa beban pembuktian tersebut ditujukan. Ini sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 76 UU Pengadilan Pajak.

Specialist of Transfer Pricing Services DDTC Dwina Karina dalam analisisnya berjudul Beban Pembuktian dalam Kasus Transfer Pricing mengutarakan bahwa hal tersebut menjadi dilema ketika penentuan penanggung beban pembuktian dalam Pengadilan Pajak semata-mata berada di tangan hakim yang mengadili perkara banding.

Sebagai contoh, di negara-negara seperti Italia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Jepang, beban pembuktian berada pada otoritas pajak. Alasan yang melandasi penempatan otoritas pajak sebagai pihak yang menanggung beban pembuktian ada pada logika bahwa klaim dari otoritas pajak yang menyebabkan sengketa. 

Meskipun demikian, mekanisme pembuktian tersebut tidak serta merta kaku dan hanya dibebankan terhadap satu pihak saja. Sebab beban pembuktian ini dapat berpindah ketika ada incompliance oleh wajib pajak. Hal tersebut dijelaskan dalam Paragraf 3.6.10 – 3.6.13 UN TP Manual.

Artinya, dalam sengketa transfer pricing, beban pembuktian tidak serta merta dilimpahkan ke salah satu pihak saja. Maksudnya, beban pembuktian tidak selalu hanya dipikul otoritas pajak, tetapi juga dapat dilimpahkan kepada wajib pajak yang tidak memiliki iktikad baik terhadap ketentuan pajak yang berlaku.

Sebagai bentuk studi kasus, dalam analisis Senior Specialist of Transfer Pricing Services DDTC Verawaty berjudul Prinsip Beban Pembuktian pada Kasus Zinc BV dapat dipelajari bahwa wajib pajak yang telah memenuhi kewajiban dokumentasi transfer pricing dapat memperoleh perlindungan dari sisi beban pembuktian. Pada kasus tersebut, hakim mengalihkan beban pembuktian kepada otoritas pajak.

Hal lain yang dapat dipelajari dari kasus tersebut adalah beban pembuktian otoritas pajak dalam menguji ketidakwajaran transaksi wajib pajak terdiri dari 2 lapis, yaitu adanya motif penghindaran pajak dan setelahnya baru perhitungan teknis harga atau margin yang wajar menurut versi otoritas pajak. Dengan ketiadaan bukti motif penghindaran pajak oleh wajib pajak, otoritas pajak tidak mempunyai wewenang untuk melakukan koreksi terhadap transaksi afiliasi wajib pajak.

Untuk memperdalam pengetahuan mengenai strategi bersengketa transfer pricing dengan berbagai studi kasus serta penjelasan lebih lanjut mengenai beban pembuktian dalam bersengketa transfer pricing, DDTC Academy kembali mengadakan program Exclusive Transfer Pricing Seminar berjudul Strategi Efektif Menghadapi Sengketa Transfer Pricing di Pengadilan Pajak dan Studi Kasus. Seminar akan diadakan pada Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 09.30-15.00 WIB di Menara DDTC, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Peserta akan dibekali dengan pembahasan mengenai kasus transfer pricing di Pengadilan Pajak yang terjadi secara nyata. Selain itu, kedua narasumber juga akan berbagi pengalamannya dalam menghadapi dan menangani sengketa transfer pricing di Pengadilan Pajak.

Materi seminar akan dibawakan secara langsung oleh 2 expert transfer pricing DDTC, yakni Senior Partner DDTC Danny Septriadi dan Associate Partner of International Tax and Transfer Pricing Services DDTC Yusuf Wangko Ngantung.

Spesial pada acara ini, setiap peserta seminar akan mendapatkan buku transfer pricing DDTC terbaru, berjudul Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional, Edisi Kedua Volume I

Selain itu, setiap peserta seminar akan memperoleh handbook materi, sertifikat hardcopy, makan siang, morning coffee and snack, goodie bag and training kit, sesi tanya jawab serta diskusi interaktif bersama pengajar.

Segera daftarkan diri Anda dan dapatkan harga spesial pada seminar kali ini senilai Rp2.500.000. Jumlah kapasitas peserta terbatas, hanya 25 orang. DDTC Academy menerapkan protokol Covid-19 dalam acara ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda pada link berikut:

https://academy.ddtc.co.id/seminar

Membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi Hotline DDTC Academy +62812-8393-5151 (Vira), email [email protected] (Vira), atau melalui akun Instagram DDTC Academy Instagram (@ddtcacademy). (sap)

 

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 18 April 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ada Transaksi Afiliasi, SPT Tahunan Wajib Dilampiri Ikhtisar TP Doc

Rabu, 03 April 2024 | 08:00 WIB LITERATUR PAJAK

Hanya 5 Hari! Diskon 40% untuk Buku Pajak dan Langganan Premium

Selasa, 02 April 2024 | 12:00 WIB KPP PRATAMA GORONTALO

Diedukasi soal Beneficial Ownership, WP Diimbau Hindari Praktik Ilegal

Jumat, 22 Maret 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP JAKARTA KHUSUS

Kanwil DJP Jakarta Khusus Adakan Seminar Pajak untuk Atlet e-Sport

BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak