KOTA MALANG

Perkuat Basis Data Pajak Daerah, Pemkot Bakal Gandeng Gojek

Redaksi DDTCNews | Kamis, 02 Juli 2020 | 16:32 WIB
Perkuat Basis Data Pajak Daerah, Pemkot Bakal Gandeng Gojek

Ilustrasi. (DDTCNews)

MALANG,DDTCNews—Pemkot Malang, Jawa Timur memulai langkah penggalian potensi pajak daerah atas transaksi digital. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan aplikasi Gojek.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang Ade Herawanto mengatakan optimalisasi penerimaan pajak daerah saat ini mulai mengarah kepada transaksi ekonomi yang dilakukan secara daring.

"Untuk itu, inisiasi kerja sama mulai dibuka dengan perusahaan aplikasi Gojek. Harapannya nanti dengan MoU akan memudahkan proses sinkronisasi data perpajakan antara kita dengan penyedia jasa layanan digital," katanya Kamis (2/7/2020).

Baca Juga:
Cek Aturan Pajak Daerah Terbaru, Ada 9 Jenis Tarif PBB di Kota Kediri

Dengan kerja sama itu, lanjut Ade, Pemkot Malang dapat meminta data perpajakan mitra Gojek khususnya Go-Food yang berdomisili di Kota Apel. Menurutnya, data atau informasi itu dibutuhkan untuk mengoptimalkan pendapatan pajak daerah.

Tak hanya Gojek, Bapenda Malang juga akan mengundang penyedia aplikasi serupa yakni Grab Food. Bahkan, penyedia aplikasi akomodasi perhotelan seperti OYO, Traveloka, dan Red Doorz juga akan dijajaki untuk bekerja sama.

Konten kerja sama, lanjut Ade, juga tidak akan jauh berbeda dengan Gojek, yakni dibukanya akses untuk Pemkot Malang dalam mendapatkan data mitra aplikasi dalam rangka urusan pajak daerah.

Baca Juga:
Tingkatkan Kepatuhan Warga, Pemprov Luncurkan Program Tabungan Pajak

“Untuk itu, kami meminta platform digital bisa bekerja sama dengan baik dan mendukung program pemkot tersebut," tuturnya dikutip Malang Voice.

Pada kesempatan yang sama, Head Regional Government Relations Gojek East Java, Bali & Nusa Tenggara, Boy Arno Muhammad mengatakan Gojek terbuka untuk berkolaborasi dengan Pemkot Malang.

"Akan kami sampaikan ke pusat serta kami diskusikan secara intern Gojek mengenai permintaan data. Bila kerja sama Gojek dan Pemkot Malang terealisasi, bukan tidak mungkin pembayaran PBB di Kota Malang bisa lewat Go Pay," ujarnya. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 02 Mei 2024 | 14:00 WIB KOTA SEMARANG

Diskon PBB 10 Persen Diperpanjang 5 Hari! Berakhir 5 Mei 2024

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Rabu, 01 Mei 2024 | 10:00 WIB PROVINSI SUMATERA BARAT

Tingkatkan Kepatuhan Warga, Pemprov Luncurkan Program Tabungan Pajak

BERITA PILIHAN