KEBIJAKAN FISKAL

Ini Progres Pembahasan Revisi UU Bea Meterai

Redaksi DDTCNews | Kamis, 22 Agustus 2019 | 10:38 WIB
Ini Progres Pembahasan Revisi UU Bea Meterai

Ilustrasi meterai tempel.

JAKARTA, DDTCNews – Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang (RUU) Bea Meterai disepakati pemerintah dan Komisi XI DPR. Pembahasan intensif akan dimulai pekan depan.

Pimpinan rapat kerja Komisi XI Soepriyanto mengatakan pembahasan lanjutan dari RUU Bea Meterai akan menjadi karya DPR periode 2014-2019 di bidang perpajakan. Pasalnya, sudah tidak ada waktu untuk menyelesaikan RUU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

“Saya minta anggota Panja untuk mempersiapkan diri dan minta semuanya sungguh-sungguh membahas dengan baik sehingga bisa selesai tepat waktu,” katanya di ruang rapat Komisi XI, Rabu (21/8/2019).

Baca Juga:
RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui DPR, Hanya PKS yang Menolak

Sementara itu, Anggota Komisi XI Misbakhun mengatakan persetujuan untuk membahas RUU Bea Meterai bukan berarti membuat pemerintah bisa melupakan tugas krusial pada RUU KUP. Pasalnya, rancangan aturan tersebut sudah lama ada dan tidak kunjung dibahas.

Politisi Partai Golkar tersebut menyebutkan sejak masuk ke Parlemen pada 2016, praktis tidak ada pembahasan lanjutan yang signifikan terkait RUU KUP. Oleh karena itu, diperlukan komitmen kuat untuk menyelesaikan aturan induk dari kebijakan perpajakan nasional tersebut.

“Saya setuju untuk mengesahkan DIM RUU Bea Materai ini, tetapi komitmen kita untuk menyelesaikan RUU tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) jangan sampai kita lupakan, karena RUU ini sudah diusulkan sejak 2016,” paparnya.

Baca Juga:
DPR Sebut Kenaikan Tarif PPN 12% Makin Bebani Warga Kelas Menengah

Adapun tim panja RUU Bea Meterai dari pihak DPR antara lain Melchias Marcus Mekeng, Soepriyanto, Sarmuji, Eva Kusuma Sundari, dan Achmad Hafisz Tohir.

Dari pemerintah, posisi koordinator RUU Bea Meterai diisi Dirjen Pajak Robert Pakpahan dan sejumlah pejabat eselon Indonesia Kemenkeu seperti Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara, Staf Ahli Menteri Keuangan, seperti Robert Marbun, Sudarto, dan Awan Nurmawan Nuh.

Seperti diketahui, pemerintah menyodorkan rancangan revisi RUU Bea Meterai untuk dibahas bersama Komisi XI DPR. Penyederhanaan mekanisme pungutan bea meterai menjadi perubahan mendasar beleid tersebut.

Setidaknya terdapat 6 perubahan mendasar dari UU Bea Meterai yang diajukan pemerintah. Perubahan paling signifikan dari rencana beleid ini adalah usulan tarif tunggal sebesar Rp10.000 untuk menggantikan skema dua tarif yang berlaku saat ini senilai Rp3.000 dan Rp6.000. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 28 Maret 2024 | 13:15 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui DPR, Hanya PKS yang Menolak

Minggu, 24 Maret 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DPR Sebut Kenaikan Tarif PPN 12% Makin Bebani Warga Kelas Menengah

Rabu, 20 Maret 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN CUKAI

Ditanya DPR Soal Ekstensifikasi Cukai, Sri Mulyani Beri Penjelasan

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Pengangkutan Pupuk

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Batas Waktu Mepet, Kenapa Sih Kita Perlu Lapor Pajak via SPT Tahunan?