11 TAHUN DDTC

Ini Dia 13 Pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak 2018

Wahyu Budhi Prabowo | Senin, 28 Januari 2019 | 17:08 WIB
Ini Dia 13 Pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak 2018

Ketiga juri lomba seusai berdiskusi menetapkan pemenang, (dari kiri) Octa Surya Fatra (IFC), B. Bawono Kristiaji (DDTC Fiscal Research) dan Bastanul Siregar (DDTCNews). (Foto: Eka/DDTCNews)

JAKARTA, DDTCNews – Tim juri akhirnya berhasil memutuskan 13 artikel pemenang lomba menulis artikel pajak berhadiah total Rp40 juta dengan tema Menimbang Pajak dalam Kampanye Capres yang digelar DDTCNews dalam rangka memperingati ’11 Tahun DDTC (2007-2018)’.

Dari 13 artikel itu, juara pertama adalah artikel karya Nanda Alfiyandi dari Fakultas Ilmu Administrasi Fiskal Universitas Indonesia berjudul Quo Vadis Rencana Penghapusan PBB-P2 Prabowo-Sandi. Nanda berhak atas hadiah Rp7,5 juta, plakat, buku PPN, dan suvenir DDTCNews.

Sementara itu, juara kedua adalah artikel karya Joshua Ivan Winaldy Simanungkalit dari Politeknik Keuangan Negara STAN berjudul Mendongkrak Peringkat EoDB Lewat Reformasi Pajak. Joshua berhak atas hadiah Rp5 juta, plakat, buku PPN, dan suvenir DDTCNews.

Adapun juara ketiga adalah artikel karya Tika Ayu Agustiani, juga dari Politeknik Keuangan Negara STAN, berjudul Strategi Pengamanan Pajak di Tahun Politik. Tika berhak atas hadiah Rp3 juta, plakat, buku PPN, dan suvenir DDTCNews.

"Banyak peserta lomba yang mengulas program masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden, sayangnya hanya sedikit yang berani membedah dan berposisi secara lugas. Di sisi lain, ada beberapa penulis mau melakukan analisis yang menukik dengan daya jelajah yang menarik," ujar B. Bawono Kristiaji, salah satu juri yang juga Partner DDTC Fiscal Research, Senin (28/01/19).

Octa Surya Fatra, juri lainnya, mengatakan beberapa penulis terlihat masih kesulitan menuangkan gagasannya dalam bentuk artikel populer. Sebagian akhirnya malah seperti menulis laporan atau tugas makalah dari kampus.

“Di sinilah sebetulnya tantangannya, bagaimana ide-ide yang sulit bisa disampaikan secara mudah, sehingga pesannya dapat mengena ke masyarakat,” katanya Sekretaris Umum Indonesia Fiscal Club (IFC) ini.

Pemimpin Redaksi DDTCNews Bastanul Siregar yang juga bertindak sebagai juri menambahkan ke-13 artikel pemenang tersebut adalah hasil pilihan juri atas 91 artikel yang sebelumnya telah dinyatakan lolos.

Untuk itu, DDTCNews mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang, dan panitia akan segera menghubunginya. "InsyaAllah, akhir tahun nanti lomba menulis akan kami gelar kembali," katanya.

Berikut daftar 13 artikel pemenangnya:

13 Artikel Pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak 2018
Peringkat Judul Artikel Nama Penulis Asal Perguruan Tinggi
Juara I Quo Vadis Rencana Penghapusan PBB-P2 Prabowo-Sandi Nanda Alfiyandi Universitas Indonesia - Depok
Juara II Mendongkrak Peringkat EoDB Lewat Reformasi Pajak Joshua Ivan Winaldy Simanungkalit PKN STAN - Bintaro
Juara III Strategi Pengamanan Pajak di Tahun Politik Tika Ayu Agustiani PKN STAN - Bintaro
Harapan I Menyoal Janji Kenaikan PTKP Prabowo-Sandi David Ahmad Universitas Brawijaya - Malang
Harapan II Reformasi Pajak dalam Transisi Kepemimpinan Nasional Indah Solagracia Arie T Universitas Diponegoro - Semarang
Harapan III Pajak Lingkungan Hidup, Andalan Baru Jokowi Endiyanto Yoga Prasetya Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta
Harapan IV Bedah Narasi Pajak dalam Program Kampanye Capres Sevi Wening Perwitasari PKN STAN - Bintaro
Harapan V Penguatan Pilar Reformasi Perpajakan Dorong Kepatuhan Sukarela Turwanto PKN STAN - Bintaro
Harapan VI Melihat Strategi Marketing Program Pajak Jokowi dan Prabowo Rizky Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga - Yogyakarta
Harapan VII Dua Sisi di Balik Kenaikan PTKP Melya Agustin Universitas Negeri Semarang
Harapan VIII Melihat Tawaran Kebijakan Pajak Calon Presiden Dyah Sisca Putri Pramesti Universitas Widyatama - Bandung
Harapan IX Tantangan Penerimaan Pajak di Tahun Politik M. Arief Juliandri Universitas Pancasila - Depok
Harapan X Ketika Capres-Cawapres Berbicara Pajak Anak Agung Made Desni Sensini STHI Jentera - Jakarta


(Disclaimer)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR

0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Senin, 04 Maret 2024 | 11:30 WIB LAPORAN KINERJA DJP 2023

DJP Belanjakan Rp34,34 Miliar untuk Bangun Coretax System pada 2023

Sabtu, 02 Maret 2024 | 13:30 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perubahan Struktur Penerimaan Perpajakan RI pada Awal Reformasi Pajak

BERITA PILIHAN