AMERIKA SERIKAT

eBay Perluas Negara Bagian Kena Pajak

Redaksi DDTCNews | Selasa, 30 April 2019 | 16:52 WIB
eBay Perluas Negara Bagian Kena Pajak

SOUTH DAKOTA, DDTCNews – Platform e-commerce raksasa eBay akan menerapkan pajak penjualan (sales tax) di lebih banyak negara bagian Amerika Serikat (AS). eBay juga menambah sistem pembebasan sales tax bagi konsumen dari sektor badan amal dan pengecer.

Dalam keterangan resmi, eBay mengungkapkan sales tax akan berlaku di negara bagian AS seperti, New Jersey pada 1 Mei 2019; Alabama, Oklahoma, Pennsylvania dan South Dakota pada 1 Juli 2019; serta di South Carolina pada 1 Oktober 2019.

“Tidak ada biaya tambahan untuk layanan ini. Sebelum tanggal yang telah ditentukan, Anda dapat terus mengumpulkan dan mengirim pajak di negara bagian tersebut seiring mematuhi semua persyaratan yang berlaku,” demikian pemberitahuan eBay, Selasa (30/4).

Baca Juga:
Pilar 1 Tak Kunjung Dilaksanakan, Kanada Bersiap Kenakan Pajak Digital

Beberapa pedagang di platform eBay mungkin diminta untuk mengubah sales tax agar mematuhi kebijakan. Penjual dapat membuat tabel pajak dan menerapkannya. eBay akan menambahkan sales tax ke nominal total pembeli di kolom checkout.

Para pedagang yang terlibat dalam sales tax dapat menghubungi petugas pajak untuk menentukan perlu atau tidaknya menerapkan pajak konsumsi tersebut ke dalam setiap produk yang dijual di eBay.

Terlepas dari lokasi fisik, jika penjual bertransaksi dengan pembeli di negara yang menerapkan sales tax, maka kebijakan pajak tersebut akan berlaku. Aturan ini didasari oleh putusan Mahkamah Agung pada Juni 2018 terkait kebijakan online sales tax.

Baca Juga:
Sambut Hari Kartini, DDTC Hadirkan Diskon untuk Perempuan Indonesia

Putusan MA itu berkenaan dengan negara yang bisa memberlakukan sales tax pada bisnis ritel besar yang tidak memiliki karyawan atau fasilitas di perbatasan negara. Di South Dakota, pajak ini berlaku bagi peritel yang menjual lebih dari US$1 miliar (Rp14,25 triliun) per tahun.

“Tidak ada pilihan untuk menjual barang ke negara bagian yang kami pungut pajaknya, atau kami secara otomatis memungut sales tax untuk pesanan dari transaksi tertentu,” ungkap eBay melalui laman resminya.

Di samping itu, eBay juga menambah sistem pembebasan sales tax bagi konsumen dari kalangan entitas amal, pengecer dan semacamnya. Konsumen itu harus mengunggah sertifikat pembebasan pajak terlebih dulu, lalu melakukan pembelian tanpa membayar pajak. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN