PERPAJAKAN

Dunia Perpajakan Sangat Dinamis, Ini Modal Utama Konsultan Pajak

Nora Galuh Candra Asmarani | Kamis, 06 Mei 2021 | 13:50 WIB
Dunia Perpajakan Sangat Dinamis, Ini Modal Utama Konsultan Pajak

Managing Partner DDTC Darussalam memaparkan materi dalam Inspirational Stories Series bertajuk Growing and Developing a Research, Technology, and Knowledge-Based Tax Institution that Sets the Standards and Beyond–Belajar dari Kisah Sukses Darussalam (DDTC), Kamis (6/5/2021). (tangkapan layar Zoom)

JAKARTA, DDTCNews – Pemahaman dan respons yang tepat terhadap dinamisnya dunia perpajakan menjadi aspek krusial dalam membangun kantor konsultan pajak.

Managing Partner DDTC Darussalam mengatakan dinamisnya dunia perpajakan – dapat dilihat dari perubahan aturan yang cepat – menuntut para profesional untuk terus membaca. Menurutnya, pengetahuan yang dimiliki seorang konsultan hari ini bisa saja tidak lagi relevan pada kemudian hari.

“Awali dengan membaca dan yakinlah bahwa pembaca tersebut suatu saat akan jadi leader. Menjadi konsultan pajak harus mau membaca,” terang Darussalam dalam Inspirational Stories Series yang digelar Perkumpulan Praktisi dan Profesi Konsultan Pajak Indonesia (P3KPI), Kamis (6/5/2021).

Baca Juga:
PPPK Bakal Gelar USKP A Sebanyak 3 Kali pada Tahun Ini, USKP B Sekali

Setelah konsisten membaca, seorang konsultan pajak harus menulis dan mempublikasikan karyanya. Meskipun tidak mudah, publikasi tulisan membuat konsultan pajak dan perusahaan lebih dikenal. Dengan adanya publikasi tulisan, calon klien akan mengetahui kualitas konsultan pajak.

Darussalam juga menekankan pentingnya pengembangan pengetahuan. Namun, pengetahuan yang telah diperoleh juga harus dibagikan tanpa khawatir akan tersaingi pihak lain. Para profesional DDTC, sambungnya, selalu dituntut untuk terus menggali pengetahuan baru dan membagikannya.

Selain itu, Darussalam mengatakan pentingnya membangun reputasi secara berkelanjutan, meraih pengakuan dan sertifikasi internasional, serta melakukan inovasi secara konsisten dan berkelanjutan. Terkait dengan aspek ini, peran riset sangat penting.

Baca Juga:
USKP A Periode April 2024, Calon Peserta Bisa Daftar Mulai Hari Ini

“Bangun terus reputasi. Jangan pernah bangun dengan lari cepat tetapi dengan maraton. Selain itu, jangan pernah lupa untuk berinovasi secara konsisten dan berkelanjutan karena pajak itu dinamis. Jangan menyepelekan research di kantor yang Bapak/Ibu bangun,” pungkasnya

Dalam kesempatan tersebut, Darussalam juga menceritakan perjalanannya dalam membangun DDTC. Dia mengaku membangun bisnis konsultannya dengan niat ibadah. Dia bercerita perjalanannya tidak mudah karena menghadapi ketidakpastian, meninggalkan kehidupan nyaman, serta kemauan untuk berkorban. Tekad dan kemauan keras untuk menjadi pemenanglah yang membuatnya terus beranjak maju.

“Untuk itu, Bapak/Ibu perlu meredefinisikan lagi mindset pendirian dan pengembangan kantornya untuk menjadi pemenang. Untuk menjadi pemenang maka kuncinya harus berlatih, berupaya, dan mengambil langkah yang luar biasa lebih di atas apa yang orang-orang lain lakukan,” imbuhnya.

Baca Juga:
Bertahun-Tahun Enggak Lapor SPT Tahunan? Coba Cek Dulu Status NPWP-nya

Sebagai informasi, dalam acara bertajuk Growing and Developing a Research, Technology, and Knowledge-Based Tax Institution that Sets the Standards and Beyond–Belajar dari Kisah Sukses Darussalam (DDTC), Ketua Bidang Riset, Kajian, dan Hubungan Internasional P3KPI Christine Tjen hadir sebagai moderator.

Acara ini dibuka dengan opening speech Ketua Dewan Pengawas P3KPI Sakli Anggoro. Sakli mengatakan setidaknya ada beberapa aspek yang bisa diperhatikan untuk membangun kantor konsultan pajak, yaitu mengambil kesempatan, memberi solusi yang unggul, terus mengembangkan pengetahuan dan soft skill, serta banyak bertanya. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi