UNIVERSITAS DIPONEGORO

Disrupsi Ekonomi Juga Dihadapi Bank Sentral

Redaksi DDTCNews | Selasa, 07 April 2020 | 17:08 WIB
Disrupsi Ekonomi Juga Dihadapi Bank Sentral

Suasana CEO Talks FEB Undip. (feb.undip.ac.id)

SEMARANG, DDTCNews— Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) menggelar CEO Talks di Hall Gedung Laboratorium Kewirausahaan Kampus FEB Undip dengan tema Turning Disruption Into Opportunity: For a Better Indonesia.

CEO Talks ini merupakan salah satu dari rangkaian Dies Natalis Ke-60 FEB Undip. Acara tersebut dihadiri Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Erwin Haryono dan Presiden Indonesia Marketing Academy Augusty Tae Ferdinand.

Erwin mengatakan revolusi industri 4.0 atau digital disruption bukanlah tentang komputer, karena komputer bahkan Internet sudah ada di 3.0. Disruption juga bukan hanya dihadapi oleh bank tapi juga dihadapi oleh bank sentral.

Baca Juga:
‘Pemeriksaan dan Denda Saja Tidak Cukup Membuat Wajib Pajak Patuh’

“Yang sekarang terjadi adalah sebuah revolusi di mana format kita dalam berekonomi dilakukan secara digital. Perlu diingat bukan masalah revolusi dari teknologinya, tetapi bagaimana teknologi tersebut dapat menciptakan model bisnis yang baru,” ujarnya di Semarang, Jumat (13/3/2020).

Ia menambahkan jika dilihat dari dunia bisnis saat ini, pesaing dari perusahaan transportasi, retail, media adalah perusahaan teknologi. Misalnya, perusahaan transportasi bersaing dengan perusahaan teknologi seperti ojek online, sementara perusahaan retail bersaing dengan e-commerce.

“Hal ini menunjukkan industri tersebut sudah terdisrupsi bahkan termasuk Indonesia. Indonesia seperti juga Cina sekarang menjadi kasus telaah studi yang bagus, karena digital disruption yang terjadi pada ekonomi ternyata bahkan lebih kuat dibandingkankan dengan negara maju,” katanya.

Baca Juga:
'Transformasi Teknologi Dorong Penerapan Pajak Digital'

Menurut Erwin, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor demografi, karena negara maju berdasarkan demografi ageing population di mana orang-orang tua mungkin yang tidak terlalu antusias dengan teknologi. Di Indonesia, struktur demografinya dikuasai anak muda yang antusias dengan hal baru.

Alasan lainnya adalah di negara maju hampir semua orang dewasa memiliki rekening bank, sedangkan di Indonesia berdasarkan data 2017 sekitar 49% penduduk dewasa belum memiliki rekening bank. Karena itu, saat model bisnis baru masuk, dampaknya lebih kuat dibandingkan dengan negara maju.

Augusty menambahkan Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dalam penggunaan Internet. Sekitar 8 jam per hari orang Indonesia menggunakan Internet. Namun, hal itu tidak memengaruhi ekonomi secara signifikan, karena sebagian besar penggunaan Internet untuk bersosialisasi. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 16 September 2020 | 13:05 WIB POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL

'Transformasi Teknologi Dorong Penerapan Pajak Digital'

Kamis, 31 Oktober 2019 | 16:01 WIB PELATIHAN PAJAK

Pelajari Aspek Pajak Perguruan Tinggi, Tim Undip Ikuti Pelatihan DDTC

Selasa, 23 Juli 2019 | 16:05 WIB UNIVERSITAS MERCU BUANA

Perkembangan Teknologi Harus Diserap Kurikulum Akuntansi

BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 13:44 WIB KEBIJAKAN EKONOMI

Moody’s Pertahankan Rating Kredit Indonesia, Ini Respons Pemerintah

Jumat, 19 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

DPR Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel ke APBN

Jumat, 19 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Penghitungan PPh 21 atas Upah Borongan di atas Rp 2,5 Juta per Hari

Jumat, 19 April 2024 | 10:45 WIB RENCANA KERJA PEMERINTAH 2025

Longgarkan Ruang Fiskal, Defisit APBN 2025 Dirancang 2,45-2,8 Persen

Jumat, 19 April 2024 | 10:30 WIB PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Pemprov Kaltim Atur Ulang Ketentuan Pajak Daerah, Ini Perinciannya

Jumat, 19 April 2024 | 10:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Jelang Deadline, DJP Ingatkan WP Segera Sampaikan SPT Tahunan Badan

Jumat, 19 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pembentukan Badan Otorita Penerimaan Negara Masuk Draf RKP 2025