KANWIL DJP JATIM III

Penyampaian SPT Bertumbuh, Setoran PPh 29 Ikut Naik

Muhamad Wildan
Sabtu, 08 April 2023 | 14.30 WIB
Penyampaian SPT Bertumbuh, Setoran PPh 29 Ikut Naik

Ilustrasi.

MALANG, DDTCNews - Hingga 31 Maret 2023, Kantor Wilayah Ditjen Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur III tercatat menerima 647.622 SPT Tahunan dari wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah SPT Tahunan yang diterima oleh Kanwil DJP Jawa Timur III tercatat bertumbuh 3,66%.

"Dengan batas lapor SPT tahunan Badan yang masih tersisa hingga 30 April mendatang, jumlah SPT yang masuk diperkirakan akan terus bertambah," ujar Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Farid Bachtiar, dikutip Sabtu (8/4/2023).

Sejalan dengan pertumbuhan pelaporan SPT Tahunan, pembayaran PPh 29 juga meningkat 29,66% dari Rp118 miliar pada tahun lalu menjadi senilai Rp153 miliar pada tahun ini.

Selanjutnya, SPT Tahunan yang diterima oleh Kanwil DJP Jawa Timur III juga menurun. Jumlah SPT Tahunan yang disampaikan secara manual tercatat turun 24,75%.

Sebaliknya, SPT Tahunan yang diterima secara elektronik baik melalui DJP Online ataupun PJAP tercatat bertumbuh 10,42%. Ada 618.285 SPT Tahunan yang disampaikan secara elektronik.

"Hal ini juga menandakan semakin banyak wajib pajak yang sadar akan manfaat dari e-filing dan memanfaatkannya secara optimal," ujar Farid.

Farid berharap penggunaan e-filing dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan Wajib Pajak terhadap pelaporan SPT Tahunan.

Selain itu, Farid mengucapkan terima kasih atas partisipasi wajib pajak dalam pelaporan SPT Tahunan dan berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan kemudahan dalam pelaporan dan pembayaran pajak secara online. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.