Suasana kunjungan. (foto: Instagram Ditjen Pajak)
JAKARTA, DDTCNews – Tim Kementerian Keuangan Timor Leste berkunjung ke kantor pusat Ditjen Pajak. Mereka menemui tim dari Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat. Apa yang mereka bicarakan?
Berdasarkan informasi dari Ditjen Pajak (DJP), kunjungan tim Kementerian Keuangan Timor Leste pada Rabu (14/11/2018) untuk studi banding tentang peran strategis Humas DJP dalam membangun relasi dengan media massa.
“DJP membagikan pengalaman tentang pengelolaan kehumasan yang dilakukan selama ini,” demikian informasi yang dikutip dari akun Instagram DJP, Kamis (15/11/2018).
Endang Unandar, Kepala Seksi Hubungan Eksternal, Subdit Humas Perpajakan DJP dalam paparannya mengatakan target komunikasi DJP saat ini adalah kaum muda atau yang sering dikenal sebagai generasi milenial.
“Namun tetap menjaga komunikasi terhadap generasi sebelumnya,” katanya.
Adapun prinsip-prinsip komunikasi DJP, paparnya, mencakup beberapa hal. Prinsip-prinsip itu antara lain kejujuran, transparansi, kepatutan, efisiensi, responsif nondiskriminatif, serta kerahasiaan data tertentu.
Dalam konteks komunikasi eksternal, sambungnya, upaya ditujukan untuk menciptakan kedekatan dan kepercayaan publik kepada DJP. Dengan demikian, hubungan harmonis antara DJP dan publik dapat terjalin.
“Pengelolaan situs DJP juga penting. Situs DJP merupakan sumber informasi bagi masyarakat untuk mengetahu kegiatan dan program serta aturan perpajakan,” imbuh Endang.
Humas DJP, lanjut dia, mendapat beberapa penghargaan. Teranyar, dalam komunikasi program pengampunan pajak, DJP Kemenkeu mendapat penghargaan dari International Public Relations Association (IPRA) untuk kategori public sector. (kaw)