IRLANDIA

Beremisi Tinggi, Irlandia Bakal Kenakan Pajak Tambahan untuk Mobil SUV

Syadesa Anida Herdona | Kamis, 07 April 2022 | 14:00 WIB
Beremisi Tinggi, Irlandia Bakal Kenakan Pajak Tambahan untuk Mobil SUV

ARSIP FOTO: Seseorang membawa plakat berbentuk bumi saat aktivis lingkungan termasuk Extinction Rebellion dan Fridays For Future mengadakan aksi protes menuntut lebih banyak tindakan sementara para menteri iklim dan lingkungan negara G20 mengadakan pertemuan di Naples, Italia, 22 Juli 2021. ANTARA FOTO/REUTERS/Guglielmo Mangiapane/File Photo/FOC/djo

DUBLIN, DDTCNews – Pemerintah Irlandia didesak untuk mengenakan pajak atas kendaraan jenis sports utility vehicles (SUV). Alasannya, mobil jenis SUV terbukti memproduksi karbon dioksida (CO2) lebih tinggi ketimbang jenis mobil lainnya. Hal ini berbuntut pada meningkatnya potensi pemanasan global.

Aidan Regan, asisten profesor ekonomi politik di University College Dublin (UCD) menilai pengenaan pajak bisa menekan penjualan kendaraan SUV. Kebijakan ini dinilai sejalan dengan target Irlandian untuk mencapai pengendalian perubahan iklim.

"Kita harus melakukannya jika kita serius mencapai target iklim kita dan mencapai nol karbon pada 2050," kata Regan, dalam Extra.ie, dikutip Kamis (7/4/2022).

Baca Juga:
Pilar 1 Tak Kunjung Dilaksanakan, Kanada Bersiap Kenakan Pajak Digital

Regan menambahkan saat ini SUV menjadi penyumbang kedua terbesar pada perubahan iklim. Penggunaannya mengeluarkan CO2 lebih banyak daripada mobil berukuran sedang. Menurutnya penggunaan SUV harus mulai dikurangi dengan cara apapun.

“… Saya pikir jelas. Anda dapat melihat Prancis, Anda dapat melihat Norwegia, banyak negara telah mulai menggunakan sistem pajak dan peraturan mereka untuk mengurangi peran mereka [SUV] di jalan," tegasnya.

UCD mencatat, pada 2021 lalu ada 55.000 unit SUV baru yang terjual di Irlandia. Di sisi lain hanya 8.000 unit mobil listrik baru yang berhasil terjual.

Baca Juga:
Inggris Beri Insentif PPN untuk Produk Rumah Tangga yang Disumbangkan

Selama akhir pekan, Menteri Transportasi Eamon Ryan mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan apakah akan meningkatkan pajak pendaftaran kendaraan pada SUV karena emisinya yang tinggi.

“Salah satu hal yang ingin kami capai adalah [untuk] mempromosikan kendaraan yang lebih hemat energi, untuk mengurangi jumlah bahan bakar impor – itu menjadi risiko keamanan yang besar,” katanya. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M