ESTONIA

Begini Aturan Pajak atas Sewa via Airbnb

Redaksi DDTCNews | Selasa, 18 Desember 2018 | 07:34 WIB
Begini Aturan Pajak atas Sewa via Airbnb

TALLINN, DDTCNews - Pemerintah Estonia dan Airbnb telah sepakat menandatangani aturan yang memudahkan wajib pajak, selaku pihak yang menyewakan rumahnya, untuk melaporkan penghasilan sewa atas rumahnya yang berlokasi di Estonia. Dengan aturan ini, otoritas pajak di Estonia dapat memperoleh jumlah penerimaan yang benar dan dengan cara yang efisien terkait dengan pajak penghasilan atas rumah yang disewakan oleh wajib pajak di Estonia.

Sebagaimana dilansir Tax Notes International, wajib pajak yang menyewakan rumahnya wajib melaporkan penghasilannya secara otomatis kepada otoritas pajak Estonia melalui platform “at the click of a button” yang tersedia di situs Airbnb terhitung sejak tanggal 14 Desember 2018. Cara kerja platform yang digunakan oleh Airbnb akan beriringan dengan cara bekerjanya sistem teknologi yang dimiliki oleh otoritas pajak dan bea cukai Estonia.

Ketika wajib pajak menggunakan platform “at the click of a button” yang disediakan oleh Airbnb maka rincian penghasilan yang diterima oleh wajib pajak akan terkirim secara langsung ke dalam sistem teknologi yang digunakan oleh otoritas pajak. Selanjutnya, penghasilan tersebut akan tercatat di dalam sistem teknologi yang digunakan oleh otoritas pajak untuk ditambahkan ke dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan wajib pajak.

Baca Juga:
Estonia Tunda Penerapan Cukai Minuman Berpemanis hingga 2026

Berdasarkan platform yang digunakan oleh Airbnb, wajib pajak melaporkan penghasilannya secara sukarela ke dalam sistem teknologi yang digunakan oleh otoritas pajak. Tentunya platform yang digunakan oleh Airbnb membantu otoritas pajak mengetahui jumlah pajak penghasilan yang seharusnya dibayar oleh wajib pajak.

Jika dilihat dari platform yang digunakan oleh Airbnb, Airbnb menjadi suatu penyedia jasa online yang tidak hanya membantu warga di suatu negara untuk memperoleh hunian baik untuk tempat tinggal sehari-hari atau liburan. Akan tetapi, Airbnb juga membantu wajib pajak yang menyewakan rumahnya mengikuti aturan hukum di negara tersebut. Bahkan, Airbnb juga memastikan wajib pajak membayar pajak penghasilan atas tempat tinggal yang disewakannya dengan jumlah yang benar kepada otoritas pajak.

Airbnb telah bekerjasama dengan lembaga independen yang berfungsi membantu wajib pajak memahami kewajiban pajak mereka. Selain itu, Airbnb juga mengirimkan email kepada setiap wajib pajak yang terdaftar di situsnya yang isinya mengingatkan wajib pajak untuk mengetahui peraturan pajak domestik dengan baik.


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 19 Oktober 2022 | 10:45 WIB PERPAJAKAN INTERNASIONAL

Estonia Kembali Ranking Pertama Negara Paling Kompetitif Soal Pajak

BERITA PILIHAN
Kamis, 25 April 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN ENERGI

Pemerintah Siapkan Tarif Royalti 0% untuk Proyek Hilirisasi Batu Bara

Kamis, 25 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Tak Lagi Temukan Menu Sertel di e-Nofa, Perpanjangan Harus di KPP

Kamis, 25 April 2024 | 15:45 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ingat, Pakai e-Bupot 21/26 Tidak Butuh Installer Lagi Seperti e-SPT

Kamis, 25 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN ENERGI

RI Pasang Target Lebih Ambisius dalam Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Kamis, 25 April 2024 | 15:00 WIB KOTA TANGERANG SELATAN

BPHTB Kini Terutang Saat PPJB, Jadi Peluang Peningkatan Penerimaan

Kamis, 25 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

DJBC Bagikan Tip Terhindar Sanksi Saat Belanja Online dari Luar Negeri

Kamis, 25 April 2024 | 14:17 WIB KABUPATEN JOMBANG

Objek PBB-P2 Didata Ulang, Pemkab Hitung Pajak Terutang yang Akurat