PROVINSI DKI JAKARTA

Per November, Setoran Pajak DKI Lampaui Target

Redaksi DDTCNews
Rabu, 22 November 2017 | 15.21 WIB
Per November, Setoran Pajak DKI Lampaui Target

JAKARTA, DDTCNews – Kinerja realisasi penerimaan pajak DKI Jakarta berada di zona hijau. Bahkan hingga dua bulan terakhir di tahun 2017 capaian penerimaan pajak DKI melebihi target yang telah ditetapkan.

Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Edy Sumantri mengkonfirmasi capaian tersebut. Dia mengatakan data hingga 20 November 2017, realisasi penerimaan pajak mencapai Rp32,1 triliun atau 91% dari total target tahun ini sebesar Rp35,3 triliun.

"Realisasi kita positif. Sekarang sudah 91% padahal target kinerja harusnya 89%," ujarnya di Jakarta, Senin (20/11).

Surplus penerimaan Rp4 triliun itu membuat Edy optimis bahwa capaian penerimaan pajak akan melebihi target untuk tahun 2017. Ia memperkirakan potensi penerimaan pajak yang bisa dihimpun mencapai 120%.

"Akhir tahun ini potensi realisasinya bisa mencapai 120%. Kita optimis tercapai," ungkapnya.

Hal ini sejalan dengan agenda Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan penerimaan daerah dari sektor pajak. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin instrumen pajak menjadi motor pembangunan di ibukota pada tahun 2018.

Sandi menekankan perlunya pendekatan baru dalam memungut pajak dari masyarakat. Oleh karena itu, serangkaian strategi sudah disiapkan agar kepatuhan masyarakat membayar pajak meningkat.

"Ada juga pendekatan terkini seperti meningkatkan kepatuhan dengan gimmick dan program yang sudah lama ditunggu oleh masyarakat, untuk membangkitkan kepatuhan mereka," katanya seperti dilansir beritajakarta.id.

Sandi menekankan pentingnya kreativitas dari petugas BPRD dalam menjalankan tugasnya. Ia menyebut penggunaan teknologi dan sistem digital bisa menjadi cara baru dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.