LOMBA MENULIS ARTIKEL PAJAK

Pentingnya Membangun Kesadaran Pajak Sejak Dini

Redaksi DDTCNews | Kamis, 18 Januari 2018 | 16:53 WIB
Pentingnya Membangun Kesadaran Pajak Sejak Dini
Dwi Putri Restuti, STAIN Kudus.

TIDAK semua orang memiliki pandangan yang sama tentang pajak. Ada yang sudah memahami, ada pula yang tidak. Ada yang mau membayar, ada pula yang tidak. Persoalan ini masih menjadi tugas besar bagi pemerintah Indonesia.

Dalam hal ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan sebagai otoritas pemungut pajak harus mampu menumbuhkan rasa kepedulian dan kepatuhan terhadap pajak, dan pada saat yang sama menciptakan sistem perpajakan yang pasti dan adil.

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah perlu memastikan tidak ada individu di Indonesia ini yang bisa terlepas dari peran serta membangun sistem perpajakan. Anak-anak dari bangku sekolah dasar perlu mendapat edukasi mengenai pajak.

Menginjak masa SMP, mereka juga lebih diarahkan untuk mempelajari pasal-pasal substansi yang berhubungan dengan perpajakan. Mereka perlu diajarkan untuk memahami apa saja hal-hal yang menjadi dasar diwajibkannya pembayaran pajak.

Begitu juga seterusnya sampai mereka menjadi mahasiswa. Dan dari sinilah, kesadaran-kesadaran yang berhubungan dengan kegiatan perpajakan mulai muncul dan mulai disadari.

Dengan begitu, generasi muda dapat mencerna sedikit demi sedikit mengenai permasalahan sistem perpajakan di Indonesia. Apalagi saat ini dunia pendidikan sudah semakin membaik, sehingga hal tersebut masih perlu diupayakan agar bisa mencapai masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera.

Pendidikan bisa dijadikan modal utama bagi pemerintah untuk menjadikan sistem perpajakan di Indonesia semakin bersinar. Edukasi pajak perlu diupayakan untuk disampaikan oleh seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai hal.

Seperti memberikan edukasi pajak secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung melalui tatap muka yang dilakukan dengan mendatangi daerah-daerah di Indonesia. Atau secara tidak langsung dengan memberikan edukasi pajak melalui berbagai situs web yang dikelola oleh Ditjen Pajak.

Selain itu, sudah menjadi tugas pemerintah untuk secara bijak dapat menyebarkan dan mengolah uang pajak yang dibayarkan masyarakat. Pemerintah harus meyakinkan bahwa uang tersebut kembali kepada masyarakat itu sendiri dalam bentuk berbagai fasilitas dan layanan umum.

Pada dasarnya, sistem perpajakan yang harus menjadi tanggung jawab bersama. Pemerintah dan masyarakat harus mampu menciptakan kesadaran akan pentingnya membayar pajak demi kesejahteraan yang lebih baik dan merata.

Tidak ada kata terlambat bagi Indonesia. Dengan kesadaran yang tertanam pada setiap individu akan menciptakan buah hasil yang baik bagi bangsa ini. Siapa pun kita, selama masih tinggal dan merupakan bagian dari negara Indonesia, wajib membayar pajak.*

(Disclaimer)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR

0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Sabtu, 27 Januari 2024 | 16:00 WIB LOMBA MENULIS DDTCNEWS 2023

Cerita Peneliti, Juara III Lomba Menulis Pajak & Politik DDTCNews 2023

Jumat, 29 Desember 2023 | 16:21 WIB LOMBA MENULIS DDTCNEWS 2023

Cerita ASN KKP, Juara II Lomba Menulis Pajak dan Politik DDTCNews 2023

Kamis, 07 Desember 2023 | 15:30 WIB LOMBA MENULIS DDTCNEWS 2023

Cerita PNS, Juara I Lomba Menulis Pajak dan Politik DDTCNews 2023

Senin, 27 November 2023 | 11:00 WIB HUT KE-16 DDTC

Daftar Pemenang Lomba Menulis Pajak & Politik 2023 Berhadiah Rp57 Juta

BERITA PILIHAN