PEMILU 2024

Maju Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Janjikan Ruang Fiskal yang Tangguh

Dian Kurniati | Kamis, 19 Oktober 2023 | 18:30 WIB
Maju Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Janjikan Ruang Fiskal yang Tangguh

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo (kanan) dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kiri) menyapa pendukungnya usai mendaftarkan diri sebagai peserta Pilpres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA FOTO/Rifqi Raihan Firdaus/app/aww.

JAKARTA, DDTCNews - Pasangan bakal calon presiden-wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjanjikan ruang fiskal yang lebih tangguh apabila memenangkan Pilpres 2024.

Dalam dokumen visi dan misi Ganjar-Mahfud, fiskal yang tangguh menjadi salah satu program dalam misi percepatan pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah. Penguatan ruang fiskal ini mencakup sisi belanja dan pendapatan negara.

"Anggaran negara yang memadai, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien dengan optimalisasi sumber pendapatan, reformasi kelembagaan, dan efektivitas belanja negara," bunyi dokumen visi dan misi Ganjar-Mahfud, dikutip pada Kamis (19/10/2023).

Baca Juga:
Setoran Pajak Kripto Tembus Rp689 Miliar dalam 2 Tahun Terakhir

Dokumen visi dan misi Ganjar-Mahfud menyebutkan komitmen untuk melanjutkan program yang dilaksanakan Presiden Joko Widodo untuk mencapai pembangunan nasional.

Strategi pembangunan nasional yang mereka rancang pun bertujuan mewujudkan Indonesia yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, serta berkepribadian dalam kebudayaan.

Dari sisi ekonomi, Ganjar-Mahfud bakal memastikan roda perekonomian bergerak cepat, adil, dan merata dengan mengutamakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, produktif, dan berdaya guna bagi peningkatan nilai tambah perekonomian nasional.

Baca Juga:
Masuk Kategori OPPT, WP Harus Setor PPh 25 sebesar 0,75% dari Omzet

Di tengah berbagai tantangan, pertumbuhan ekonomi rata-rata ditargetkan mencapai 7% sehingga Indonesia mampu keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap).

Strategi yang akan dijalankan di antaranya meningkatkan peran koperasi dan UMKM, dukungan usaha baru, pemanfaatan infrastruktur, ekonomi digital, serta pengelolaan ekonomi hijau-biru.

Naskah visi, misi, dan program ini menjadi salah satu dokumen persyaratan pendaftaran capres dan cawapres yang telah diserahkan Ganjar-Mahfud kepada KPU. Pasangan ini mengusung visi Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari yang kemudian diuraikan dalam 8 misi.

Baca Juga:
Begini Aspek PPN dari Kerja Sama Pabrik Rokok dengan Mitra Produksinya

Dokumen visi dan misi ini juga langsung dipublikasikan dan dapat diunduh masyarakat pada situs web https://visimisiganjarmahfud.id/. Seusai mendaftar di KPU, Ganjar pun meminta masyarakat ikut memberikan masukan mengenai visi, misi, dan program yang diusung.

"Mudah-mudahan nanti akan banyak masukan. Kami pengen mendengar terus menerus catatan, masukan, dari masyarakat agar bisa menyempurnakan itu sampai nanti kita berada pada posisi akhir, pada saat pemilu yang akan datang di 14 Februari," katanya. (rig)

Baca artikel-artikel menarik terkait dengan pajak dan politik di laman khusus Pakpol DDTCNews: Suaramu, Pajakmu


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN