DAYA SAING PERDAGANGAN RI

Luhut Mulai Pimpin Percepatan Dwelling Time

Redaksi DDTCNews | Senin, 03 Oktober 2016 | 21:15 WIB
Luhut Mulai Pimpin Percepatan Dwelling Time Ilustrasi Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: DDTCNews)

JAKARTA, DDTCNews – Penurunan waktu bongkar muat atau dwelling time menjadi perhatian Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman supaya tetap berjalan dengan sebaik-baiknya. Sejumlah upaya tengah dilakukan untuk mempercepat proses bongkat muat

Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan langkah-langkah yang tengah dilakukan antara lain peningkatan infrastruktur di pelabuhan dan perbaikan dari sisi manajemen pengelola pelabuhan yang bersangkutan.

Double crane harus diadakan untuk mempercepat proses bongkar muat. Tidak hanya itu, mekanisme kerja pegawainya juga harus diperhatikan dan diperbaiki,” ujarnya di Jakarta, Senin (30/1).

Baca Juga:
Layanan Ekspor-Impor Tetap Buka Saat Libur dan Cuti Bersama Lebaran

Luhut telah mempersiapkan sejumlah upaya untuk menangani proses bongkar muat yang masih berlangsung dalam kurun waktu yang relatif lama. Sebelumnya, proses bongkar muat telah ditargetkan untuk bisa dipercepat hingga 2,5 hari.

Upaya tersebut dimulai dari perbaikan infrastruktur di pelabuhan, double crane, pengiriman tim pemantau, kepolisian, dan mekanisme kerja. Infrastruktur pelabuhan perlu ditingkatkan untuk menurunkan biaya logistik nasional khususnya yang berasal dari pelabuhan.

Kemudian, sejumlah tim untuk memantau perkembangan seluruh pelabuhan juga telah dipersiapkan. Tim ini berguna untuk mengawasi kinerja petugas yang menghambat proses bongkar muat kapal.

Baca Juga:
Resmikan Makassar New Port, Jokowi Sebut Bakal Pangkas Biaya Logistik

Bahkan kepolisian juga diikutsertakan dalam percepatan proses bongkat muat. Dalam hal ini, kepolisian berperan untuk memberantas mafia-mafia di pelabuhan yang menghalangi proses dwelling.

Ia menambahkan, jika langkah-langkah tersebut masih kurang mampu untuk mempercepat proses bongkar muat, maka Pelindo 1-IV bisa menggandeng pihak swasta untuk mempermudah prosesnya. Bahkan akan lebih transparan jika swasta diikutsertakan dalam percepatan proses bongkar muat tersebut. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Minggu, 07 April 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Layanan Ekspor-Impor Tetap Buka Saat Libur dan Cuti Bersama Lebaran

Kamis, 22 Februari 2024 | 13:22 WIB LOGISTIK NASIONAL

Resmikan Makassar New Port, Jokowi Sebut Bakal Pangkas Biaya Logistik

Jumat, 19 Januari 2024 | 09:08 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Subsidi Ongkos Kereta Cepat, Luhut Usul Naikkan Pajak Sepeda Motor BBM

Kamis, 18 Januari 2024 | 09:24 WIB KEBIJAKAN PAJAK DAERAH

Menko Luhut Dukung Penundaan Tarif Pajak Hiburan 40-75 Persen

BERITA PILIHAN