TIPS PAJAK

Cara Cek Padanan Jurusan untuk Formasi CPNS Kementerian Keuangan

Nora Galuh Candra Asmarani
Kamis, 05 September 2024 | 15.30 WIB
Cara Cek Padanan Jurusan untuk Formasi CPNS Kementerian Keuangan

KEMENTERIAN Keuangan membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 1.230 formasi di 12 unit eselon I. Jumlah formasi terbesar berada pada Ditjen Pajak (DJP) sebanyak 607 formasi, disusul Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) sebanyak 435 formasi.

Jika diperinci, terdapat 1.159 formasi untuk kebutuhan umum dan 5 formasi untuk putra-putri lulusan terbaik berpredikat cumlaude. Lalu, terdapat 25 formasi untuk penyandang disabilitas, 15 formasi untuk putra-putri Papua, dan 26 formasi untuk putra-putri Kalimantan.

Untuk mengikuti seleksi, Anda bisa mendaftarkan diri sscasn.bkn.go.id. Awalnya, pendaftaran bisa dilakukan paling lambat 6 September 2024. Namun, dalam perkembangannya, pendaftaran CPNS 2024 diperpanjang hingga 10 September 2024 .

Perincian informasi jenis kebutuhan, jabatan, kualifikasi pendidikan (program studi), dan penempatan CPNS Kemenkeu bisa disimak melalui laman https://rekrutmen.kemenkeu.go.id/. Terdapat beragam kualifikasi pendidikan yang tersedia, mulai dari SMA/SMK hingga S-1.

Sehubungan dengan pendaftaran CPNS, padanan kualifikasi pendidikan (jurusan) yang dapat turut mendaftar kerap dipertanyakan. Kementerian Keuangan pun merilis laman untuk mengecek padanan jurusan yang dapat mendaftar pada formasi yang tersedia.

Nah, DDTCNews kali ini akan membahas cara mengecek padanan kualifikasi pendidikan, jurusan, atau program studi, untuk rekrutmen CPNS Kemenkeu.

Mula-mula, buka laman https://rekrutmen.kemenkeu.go.id/. Setelah itu, halaman Rekrutmen Kemenkeu akan otomatis memunculkan pop up informasi ‘Silahkan cek padanan Kualifikasi Pendidikan yang dapat dilamar pada laman https://linktr.ee/CPNSKemenkeu’.

Klik https://linktr.ee/CPNSKemenkeu’, lalu pilih Padanan Pendidikan. Nanti, sistem akan otomatis memunculkan Daftar Padanan Kualifikasi Pendidikan. Cari, padanan pendidikan sesuai dengan jabatan yang Anda butuhkan.

Misal, Jabatan Pengelola Keprotokolan penempatan pada DJP, DJKN, dan BPPK, terbuka untuk jurusan D-III Komunikasi Massa/D-III Manajemen/D-III Administrasi Negara/D-III Administrasi Perkantoran/D-III Administrasi Publik.

Padanan dari jurusan di atas antara lain D-III Komunikasi/D-III Komunikasi Terapan/D-III Hubungan Masyarakat/D-III Manajemen Administrasi/D-III Manajemen Perkantoran/D-III Administrasi Bisnis/ D-III Manajemen Keuangan/D-III Manajemen Keuangan Dan Perbankan.

Selain itu, D-III Manajemen Perpajakan/D-III Manajemen Pajak/D-III Manajemen Industri/D-III Manajemen Pemasaran/D-III Manajemen Rekod dan Arsip/D-III Manajemen Bisnis/D-III Manajemen Perusahaan/D-III Manajemen Pemasaran Industri Elektronika/D-III Manajemen Agribisnis/D-III Manajemen Perdagangan.

Sebagai catatan, padanan kualifikasi pendidikan yang terlampir pada laman tersebut hanya berlaku untuk Kementerian Keuangan. Adapun instansi lain mungkin memiliki kebijakan yang berbeda. Selesai. Semoga bermanfaat. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.