INDEKS HARGA KONSUMEN

Komponen Ini Kerek Inflasi pada April

Redaksi DDTCNews
Kamis, 02 Mei 2019 | 15.00 WIB
Komponen Ini Kerek Inflasi pada April

Suasana konferensi pers. 

JAKARTA, DDTCNews – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Harga Konsumen alias inflasi pada April 2019. Komponen bahan makanan dan transportasi jadi aktor utama yang mengerek indeks harga konsumen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan inflasi April 2019 sebesar 0,44%. Angka tersebut relatif lebih tinggi dibandingkan bulan yang sama dalam dua tahun terakhir. Capaian itu lebih tinggi dari April tahun lalu yang sebesar 0,10% dan April 2017 sebesar 0,09%.

“April dengan inflasi 0,44% ini agak tinggi tapi dengan inflasi tahunan 2,83% maka tingkat inflasi masih terkendali dibawah target sebesar 3,5%,” katanya dalam konferensi pers di Kantor BPS, Kamis (2/5/2019).

Dia menyebutkan penyebab utama dari inflasi bulan April 2019 didorong oleh seluruh komponen pengeluaran yang alami inflasi. Dua penyumbang utama adalah bahan makanan dan trasportasi. Untuk kelompok bahan makanan andil terhadap inflasi sebesar 0,31%. Sementara, kelompok transportasi dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,05%.

Catatan penting disampaikan terkait inflasi April 2019. Suhariyanto meminta kelompok bahan makanan dapat dikendalikan harganya. Pasalnya, ada tren kenaikan harga pada periode Ramadan dan Idul Fitri.

“Catatan kepada bahan makanan dan transportasi yang menjadi penyebab utama. Harga bumbu-bumbuan sepeerti bawang merah naik rata-rata 22% dan bawang putih naik rata-rata 35%. Kemudian tarif angkutan udara juga belum menunjukan tanda penurunan,” jelasnya. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.