KARTUNIS LALO ALCARAZ:

'Film Tax Collector Gambarkan Stigma Negatif pada Minoritas'

Redaksi DDTCNews | Sabtu, 11 Juli 2020 | 13:01 WIB
'Film Tax Collector Gambarkan Stigma Negatif pada Minoritas'

Salah satu adegan film Tax Collectors. (Foto: cinemablend.com)

JAKARTA, DDTCNews - Film terbaru aktor Shia LaBeouf yang berjudul Tax Collectors menimbulkan sejumlah kritik pedas setelah satu pekan cuplikan film sarat nuansa kekerasan tersebut rilis di Internet.

Kritik datang kartunis sekaligus produser TV Meksiko Lalo Alcaraz. Menurutnya tokoh utama dalam film yang bekerja sebagai pemungut pajak atas keuntungan operasi geng lokal tidak cocok diperankan oleh Shia LaBeouf.

Ia mengatakan pemilihan aktor kulit putih untuk film dengan latar kebudayaan latin Meksiko sarat isu stereotipe rasial. "Ayolah Hollywood, kami tidak membutuhkan ini sekarang," katanya melalui akun twitter@laloalcaraz, seperti dikutip Jumat (10/7/2020).

Menurut Alcaraz, pemilihan aktor utama kulit putih yang terjebak keriuhan perang gangster orang kulit hitam dan latin menggambarkan stigma negatif pada kelompok minoritas. Film ini memperkuat stereotipe dan ketakutan warga kulit putih pada komunitas hispanik dan negro di Amerika Serikat.

Cuitan Lalo Alcaraz itu lalu ditanggapi sutradara film David Ayer. Menurutnya, pemilihan aktor utama tersebut murni kebutuhan plot cerita film dan tidak ada tendensi lain yang mengarah ke isu rasialisme. "Ini murni seorang pemuda dan satu-satunya karakter kulit putih dalam film," balas David.

Selain itu, David juga menepis saratnya sentimen rasial dalam film Tax Collectors. Sebagai sutradara, ia tumbuh di lingkungan inklusif dengan berbagai latar kebudayaan.

Menurutnya dia hanya menggambarkan bagaimana budaya jalanan terjadi di Amerika dan hal tersebut melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang kebudayaan.

"Saya tumbuh dewasa dalam lingkungan Chicano [budaya imigran Meksiko di AS] yang inklusif, dengan orang kulit putih, negro, dan Filipina bekerja bersama. Ini bagian dari budaya jalanan," terangnya seperti dilansir Metro.co.uk.

Seperti diketahui, film Tax Collectors berpusat kepada dua tokoh utama yakni David dan Creeper. Keduanya merupakan 'petugas pajak' bagi gengster bernama 'Wizard'. Dua tokoh ini memungut iuran dari keuntungan yang dihasilkan geng lokal di Los Angeles.

Situasi berubah drastis ketika gangster saingan 'Wizard' mencoba mengambil alih kendali. Pada situasi penuh kekacauan itu, David dengan sekuat tenaga melindungi hal paling penting untuknya. yakni keluarga. Film Tax Collectors dijadwalkan rilis pada awal Agustus khusus di bioskop AS. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi