JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) melaksanakan customs visit customer (CVC) guna memastikan kelancaran proses bisnis perusahaan sehingga dapat berkontribusi terhadap penerimaan negara.
Kasubdit Humas dan Penyuluhan DJBC Budi Prasetiyo mengatakan kunjungan kerja seperti CVC ke perusahaan menjadi bagian dari fungsi DJBC sebagai industrial assistance. Kunjungan ke tempat usaha penerima fasilitas kepabeanan juga untuk mengetahui kendala yang tengah dihadapi.
"Kami ingin memastikan proses bisnis berjalan lancar, kendala dapat segera dicarikan solusi, serta potensi penerimaan negara dapat terus dioptimalkan," ujarnya, dikutip pada Selasa (26/8/2025).
Budi menjelaskan program CVC merupakan wadah untuk mendengarkan aspirasi, menyerap masukan, serta memberikan asistensi layanan kepabeanan dan cukai yang optimal.
Dia mengatakan beberapa unit vertikal DJBC baru-baru ini melaksanakan CVC seperti di Kabupaten Mojokerto, Tanjung Balai Karimun, Aceh, dan Jember. Dalam kegiatan tersebut, petugas DJBC membahas berbagai hal mulai dari kendala operasional hingga proyeksi bisnis perusahaan.
Selain itu, petugas memberikan sosialisasi mengenai pentingnya ketepatan data dalam pengajuan dokumen kepabeanan. Bagi pemerintah, hal ini berguna untuk menggali potensi penerimaan negara dari sektor maritim.
Tak hanya itu, Budi menyampaikan petugas juga melakukan monitoring ekspor. Dia meyakini serangkaian kegiatan pendampingan selama CVC akan berdampak positif bagi dunia usaha.
"Sinergi dengan pelaku usaha adalah kunci terciptanya ekosistem perdagangan yang sehat dan berdaya saing," tutup Budi. (dik)