DITJEN PAJAK

Peringati Hari Pajak, DJP Gelar Malam Apresiasi dan Penghargaan 2024

Redaksi DDTCNews
Jumat, 26 Juli 2024 | 21.00 WIB
Peringati Hari Pajak, DJP Gelar Malam Apresiasi dan Penghargaan 2024

Dirjen Pajak Suryo Utomo.

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP) menggelar Malam Apresiasi dan Penghargaan kepada perwakilan pemangku kepentingan di bidang perpajakan, Jumat (26/7/2024). Acara ini dihadiri oleh sedikitnya perwakilan dari 20 grup pembayar pajak terbesar, 30 mitra dan kementerian/lembaga, serta 9 media massa.

Melalui acara yang juga merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Pajak 2024 ini, Dirjen Pajak Suryo Utomo menceritakan perjalanan panjang reformasi pajak yang dimulai sejak 1983 hingga sekarang. Suryo menyampaikan dalam setiap tahapan reformasi pajak, masing-masing stakeholder memainkan peran pentingnya. 

"Kami apresiasi seluruh pemangku kepentingan yang memberikan dukungan selama DJP menjalankan perubahan," kata Suryo di hadapan tamu undangan. 

Suryo menyampaikan sejumlah langkah strategis yang akan dijalankan otoritas dalam melanjutkan reformasi pajak. Salah satunya adalah implementasi coretax administration system (CTAS) atau pembaruan sistem inti administrasi perpajakan (PSIAP). 

Memanfaatkan momentum ini, Suryo juga membeberkan rencana DJP untuk melakukan reorganisasi Kanwil DJP Wajib Pajak Besar (LTO) dan Kanwil DJP Jakarta Khusus. Komposisi kedua kanwil tersebut selaku pengelola wajib pajak besar akan disusun ulang. Setelah itu, wajib pajak yang tergabung dalam suatu grup akan ditempatkan dalam 1 KPP yang sama.

Saat ini, imbuh Suryo, tak sedikit wajib pajak yang tergabung dalam suatu grup usaha, tetapi tersebar di beberapa KPP sekaligus. Contoh, terdapat wajib pajak badan yang terdaftar di LTO, tetapi anak usahanya terdaftar di KPP Madya.

Ke depan, wajib pajak yang tergabung dalam 1 grup akan dikelola oleh 1 KPP yang sama dalam rangka menekan biaya kepatuhan atau cost of compliance. Alhasil, tim pajak dari grup usaha tersebut cukup berinteraksi dengan 1 KPP saja.

Menutup acara ini, Suryo menyerahkan plakat penghargaan kepada 20 grup pembayar pajak terbesar 2023, 30 mitra kerja dan kementerian/lembaga, serta 9 pimpinan media massa yang mendukung reformasi pajak. DDTCNews merupakan salah satu media massa yang berkesempatan menerima penghargaan dari DJP pada malam ini. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.