KINERJA MIGAS

Insentif Fiskal Masih Jadi Pertimbangan Utama Investor Migas RI

Redaksi DDTCNews
Jumat, 19 Juli 2024 | 15.37 WIB
Insentif Fiskal Masih Jadi Pertimbangan Utama Investor Migas RI

Bahan paparan yang disampaikan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

JAKARTA, DDTCNews - Daya tarik investasi Indonesia bagi investor sektor migas bergerak stagnan. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan Indonesia membutuhkan terobosan agar bisa lebih bersaing dengan negara lain dalam memikat investor migas. 

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan ada beberapa aspek yang dilirik investor sebelum benar-benar menanamkan modalnya di Indonesia. Antara lain, aspek hukum dan kontraktual, sistem fiskal (insentif), hingga risiko lapangan. 

"Untuk fiskal, pemerintah pusat sudah banyak memberikan perhatian. Misalnya, bentuk kontrak kerja sama yang fleksibel, ketentuan perpajakan yang terus diperbaiki, dan sistem bagi hasil yang bergantung pada keekonomian," kata Dwi dalam konferensi pers kinerja hulu migas semester I/2024, Jumat (19/7/2024). 

SKK Migas, imbuh Dwi, juga terus berkoordinasi dengan kepala daerah untuk memiminalisir berbagai risiko yang berpotensi muncul di lapangan. Risiko lapangan ini bisa mermacam-macam, termasuk kendala eksploitasi atau eksplorasi yang berkaitan dengan kondisi lahan atau isu sosial masyarakat. 

"Berkaitan dengan risk, kami terus berkoordinasi dengan kepala daerah untuk sama-sama memiliki pandangan yang sama untuk mendukung investasi," kata Dwi. 

SKK Migas mencatat nilai investasi sektor migas pada semester I/2024 mencapai US$5,6 miliar. Angka itu setara 75% dari target, yakni US$7,43 miliar. 

Sementara untuk outlook investasi pada tahun ini, SKK Migas memproyeksikan realisasi investasi bisa menyentuh US$15,7 miliar, atau 89% dari target yang dipatok pemerintah yang US$17,7 miliar. 

Sementara itu, pada semester I/2024 ini sektor migas berhasil menyumbang penerimaan negara bukan pajak (PNBP) hingga US$7,6 miliar, setara 141% dari target senilai US$5,41 miliar. 

Pemerintah memasang target penerimaan migas sepanjang 2024 senilai US$12,9 miliar. SKK Migas memprediksi penerimaan migas yang terkumpul sepanjang 2024 bisa mencapai US$13,6 miliar atau setara 105% dari targetnya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.