SEWINDU DDTCNEWS
PRANCIS

Akhir Juni, Negara Inclusive Framework Siap Tandatangani MLC Pilar 1

Muhamad Wildan
Minggu, 2 Juni 2024 | 14.00 WIB
Akhir Juni, Negara Inclusive Framework Siap Tandatangani MLC Pilar 1

Ilustrasi.

PARIS, DDTCNews - Negara-negara anggota Inclusive Framework bersiap untuk menyelenggarakan penandatanganan multilateral convention (MLC) Amount A Pilar 1: Unified Approach pada akhir bulan ini.

Co-Chair of Inclusive Framework Marlene Nembhard-Parker dan Tim Power mengungkapkan negara-negara anggota Inclusive Framework sudah hampir mencapai kesepakatan atas naskah MLC Amount A Pilar 1 dan kerangka Amount B.

"Inclusive Framework menargetkan penandatanganan MLC pada akhir Juni seiring dengan hampir rampungnya negosasi atas Pilar 1," tulis kedua co-chair dalam laporannya, dikutip pada Minggu (2/6/2024).

Tak hanya itu, negara-negara anggota Inclusive Framework juga mencapai kesepakatan untuk menggelar penandatanganan atas multilateral instrument (MLI) dari subject to tax rule (STTR) pada 19 September 2024.

Menanggapi tercapainya kesepakatan tersebut, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dalam rangka mendorong penyelesaian penyusunan MLC Pilar 1.

"Mengingat pentingnya pencapaian ini, OECD akan terus mendukung para anggota Inclusive Framework dalam mencapai keberhasilan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka," kata Sekjen OECD Mathias Cormann.

Cormann menambahkan pihaknya terus berupaya untuk memastikan implementasi rencana aksi BEPS dan pajak minimum global berdasarkan Pilar 2: Global Anti-Base Erosion (GloBE) dapat memberikan manfaat bagi seluruh yurisdiksi, baik negara maju maupun negara berkembang.

Sebagai informasi, Pilar 1 bakal menjadi landasan dari realokasi hak pemajakan dari yurisdiksi domisili ke yurisdiksi pasar atas penghasilan yang diperoleh perusahaan multinasional.

Dengan Pilar 1, yurisdiksi pasar mendapatkan hak pemajakan atas 25% dari residual profit yang diterima oleh korporasi multinasional yang tercakup pada Pilar 1.

Perusahaan multinasional bakal tercakup dalam Pilar 1 bila memiliki pendapatan global di atas EUR20 miliar dan profitabilitas di atas 10%. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.