EROPA

Bos IMF Resmi Mundur

Redaksi DDTCNews
Rabu, 17 Juli 2019 | 06.21 WIB
Bos IMF Resmi Mundur

Christine Lagarde.

JAKARTA, DDTCNews – Christine Lagarde resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Managing Director International Monetary Fund (IMF). Dia mulai fokus dalam pencalonan sebagai Presiden Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB), menggantikan Mario Draghi.

Melalui pernyataan resmi, Lagarde mengaku sudah bertemu dengan Dewan Eksekutif IMF dan mengajukan pengunduran dirinya sebagai Managing Director. Pelepasan tanggung jawab sementara yang disampaikan sebelumnya, akan berlaku seterusnya.

“Saya telah bertemu dengan Dewan Eksekutif dan mengajukan pengunduran diri saya dari IMF efektif mulai 12 September 2019,” ujarnya, seperti dikutip pada Rabu (17/7/2019).

Kejelasan yang lebih besar terkait proses pencalonannya sebagai Presiden ECB menjadi latar belakang keputusan Lagarde. Pasalnya, proses pencalonan tersebut diperkirakan akan menyita banyak waktu.

Langkahnya, lanjut Lagarde, dilakukan demi kepentingan IMF juga. Setelah dia mundur dari jabatannya, IMF bisa mempercepat proses seleksi calon Managing Director yang baru. IMF akan berkomunikasi dengan Dewan Eksekutif terkait proses seleksi.

“Dewan Eksekutif sekarang akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk bergerak maju dengan proses pemilihan Managing Director yang baru. David Lipton [First Deputy Managing Director] tetap bertindak sebagai Penjabat Managing Director IMF,” jelas Lagarde.

Seperti diketahui, Lagarde pernah menjadi menteri keuangan wanita pertama di Prancis. Dia dinilai sebagai pendukung kuat pemberdayaan perempuan walaupun tidak memiliki pengalaman aktif dalam kebijakan moneter secara langsung.

Belum lama ini, dia meminta seluruh pemangku kepentingan di dunia untuk mulai memikirkan kembali sistem perpajakan korporasi yang lebih mencerminkan perubahan ekonomi global. Menurutnya, arsitektur pajak perusahaan internasional yang berlaku sekarang sudah ketinggalan zaman.

Tugas terbesar bagi Lagarde, yang sebelumnya pernah menyatakan bahwa dia tidak tertarik menahkodai ECB ini, adalah untuk menghidupkan kembali ekonomi zona euro. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.