PENGAMPUNAN PAJAK

Ada Potensi Rp2.000 Triliun Masuk ke RI

Redaksi DDTCNews | Selasa, 12 Juli 2016 | 09:23 WIB
Ada Potensi Rp2.000 Triliun Masuk ke RI

JAKARTA, DDTCNews – Undang-Undang (UU) Pengampunan pajak telah disahkan oleh DPR. Kini realisasinya tinggal menunggu pemerintah melalui Kementerian Keuangan untuk segera merilis aturan turunan dari UU Pengampunan Pajak tersebut.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan aturan berupa Peraturan Menteri Keuangan (PMK) akan keluar pada pekan ini atau pekan depan.

“Sosialisasi baru akan dilaksanakan di pertengahan Agustus 2016. Adapun PMK yang bakal dikeluarkan menjadi stimulus bagi dana yang masuk sehingga memiliki ruang yang fleksibel untuk dimanfaatkan,” ujarnya.

Baca Juga:
Bicara Kepastian Hukum, Ganjar Cerita Soal Peserta Tax Amnesty

Dana-dana yang akan masuk ke Indonesia, ‎diakui Sofjan, bisa digunakan membeli Surat Berharga Indonesia (SBI) dan lain-lain. Oleh karena itu, banyak keuntungan yang bisa digunakan dari tax amnesty tersebut.

"Ada prosedurnya bagaimana supaya UKM-UKM bisa dapat‎ fasilitas dari tax amnesty itu, juga instrumen yang lain yang bisa dimasukkan, bagaimana capital market pakai instrumen, perbankan juga pakai in‎strumen menggerakan ekonomi itu karena dia kan menambah modal," ungkap Sofjan.

Setelah dijalankan, lanjut Sofjan, dana yang bisa ditarik ke Indonesia dari luar negeri diprediksi akan terealisasi pada Agustus-September 2016.

Baca Juga:
Raup Triliunan dari Penerbitan SBN Khusus PPS, Kemenkeu Beberkan Ini

Sofjan menambahkan, pelaksanaan UU Tax Amnesty yang sebentar lagi dijalani akan meraup dana segar yang datang dari luar negeri ke Indonesia sebesar Rp2.000 triliun. "Menurut saya yang bisa masuk minimal bisa dipakai Rp2.000 triliun," tutur Sofjan.

"Deposito republik ini ada Rp4.200 triliun yang ada di perbankan Indonesia. Setengah punya pemerintah, tapi menurut saya ada Rp1.000 triliun di dalam negeri yang belum dimasukkan ke dalam SPT, karena mereka ada risiko bayar pajak deposito 15%, jadi memilih tidak dimasukkan di SPT," pungkas Sofjan. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 29 Desember 2023 | 16:00 WIB PEMILU 2024

Bicara Kepastian Hukum, Ganjar Cerita Soal Peserta Tax Amnesty

Jumat, 06 Oktober 2023 | 11:43 WIB PROGRAM PENGUNGKAPAN SUKARELA

Raup Triliunan dari Penerbitan SBN Khusus PPS, Kemenkeu Beberkan Ini

Sabtu, 16 September 2023 | 14:30 WIB PROGRAM PENGUNGKAPAN SUKARELA

Jangan Terlewat! Ini Jadwal Transaksi SBN Khusus PPS yang Terakhir

Sabtu, 16 September 2023 | 12:17 WIB PROGRAM PENGUNGKAPAN SUKARELA

Batal Investasi, Peserta PPS Bisa Bayar PPh Final Tanpa Tunggu Teguran

BERITA PILIHAN