FAN BINGBING

Skandal Pajak 'Yin-Yang'

Awwaliatul Mukarromah | Jumat, 15 Juni 2018 | 17:48 WIB
Skandal Pajak 'Yin-Yang'

Fan Bingbing (www.dramafever.com)

FAN Bingbing, salah satu artis Tiongkok yang sedang naik daun. Ia laris manis membintangi film dan juga serial. Tak heran, namanya masuk dalam jajaran artis terkaya dunia, bersaing dengan para selebriti Hollywood.

Namun, saat ini, Fan sedang terjerat skandal pajak. Bintang film X-Men: Days of Future Past ini diduga menggelapkan pajak. Ia diduga mengemplang pajak melalui sejumlah kontrak kerjanya selama ini.

Administrasi Pajak Negara Jiangsu, Tiongkok akan menyelidiki lebih jauh mengenai kemungkinan Fan Bingbing melakukan praktik kontrak ‘Yin-Yang’.

Baca Juga:
Tilap Rp 109 Miliar, Artis Cantik Ini Kembali Tersandung Kasus Pajak

Praktik itu dilakukan oleh sang artis dengan memiliki dua kontrak untuk satu pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kewajiban membayar pajak.

Dugaan penggelapan pajak itu pertama kali dirilis oleh Cui Yongyuan, seorang jurnalis Tiongkok, melalui akun media sosialnya. Dalam unggahan itu, Cui memaparkan bagaimana Fan dibayar sebesar US$1,56 juta untuk syuting selama 4 hari dalam film Cell Phone 2.

Tak sampai di situ, Cui juga merilis kontrak kerja kedua Fan bernilai US$7,8 juta untuk pekerjaan yang sama. Dengan begitu, yang dilaporkan Fan Bingbing ke otoritas pajak adalah kontrak dengan nominal terkecil, bukan total keseluruhan kontrak sebesar US$9,3 juta.

Baca Juga:
Sidik Kasus Pajak, Otoritas Ini Lakukan Penggeledahan di Bandara

The Financial Times melaporkan, artis kelahiran 16 September 1981 ini menghasilkan US$46,5 juta pada 2017. Angka itu sebagian besar datang dari sponsorship dan endorsement.

Terkait tudingan itu, Fan lewat agensinya membantah hal tersebut. “Agensi dan Fan Bingbing akan bekerja sama sepenuhnya dengan pihak pajak. Kami harap, hasil investigasi bisa dirilis secepatnya untuk menjawab keraguan publik,” ungkap agensi itu kepada situs Sina. (Gfa/Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 24 April 2024 | 11:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Syarat Daftar Kerja Pakai NPWP 15 Digit atau 16 Digit? Begini Kata DJP

Rabu, 24 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS CUKAI

Ketentuan Kewajiban Menyelenggarakan Pembukuan di Bidang Cukai

Rabu, 24 April 2024 | 09:30 WIB KEANGGOTAAN OECD

Ingin Jadi Anggota OECD, Jokowi Bentuk Timnas

Rabu, 24 April 2024 | 09:03 WIB KURS PAJAK 24 APRIL 2024 - 30 APRIL 2024

Kurs Pajak Terbaru: Rupiah Melemah Terhadap Mayoritas Negara Mitra

Rabu, 24 April 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Sedang Uji Coba, Ini Manfaat Modul Vehicle Declaration dalam CEISA 4.0

Rabu, 24 April 2024 | 08:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

DJP Bakal Tunjuk Wajib Pajak, Uji Coba Kesiapan Coretax System