SINGAPURA

Negara Ini Rilis Formulir Baru Transfer Pricing

Redaksi DDTCNews
Senin, 07 November 2016 | 15.55 WIB
Negara Ini Rilis Formulir Baru Transfer Pricing

SINGAPURA, DDTCNews – Minggu lalu otoritas pajak Singapura (Inland Revenue of Singapore/IRAS) merilis formulir baru yang harus diisi oleh oleh perusahaan-perusahaan yang bertransaksi dengan afiliasinya mulai tahun 2018.

Berdasarkan rilis, formulir tersebut harus dilengkapi dan dilaporkan bersamaan dengan surat pemberitahuan tahunan (SPT) apabila nilai transaksi lebih dari SGD15 miliar (Rp141,9 triliun).

“Formulir akan memberikan informasi yang relevan untuk menilai risiko transfer pricing dan memperbaiki prinsip arm’s length,” ungkap IRAS, Kamis (3/11).

IRAS mencatat bahwa bahwa nilai transaksi yang dilakukan dengan pihak hubungan istimewa (afiliasi) yang telah diaudit adalah jumlah total seluruh transaksi hubungan istimewa secara agregat, tetapi tidak termasuk kompensasi dan dividen yang diberikan kepada manajemen utama.

Selain itu dalam menghitung nilai transaksi yang dilakukan dengan pihak afiliasi juga harus memperhitungkan saldo kredit akhir tahun dan jumlah non-perdagangan baik dari semua pihak yang memiliki hubungan istimewa maupun tidak.

Berikut ini merupakan kategori penilaian dari transaksi hubungan istimewa yang harus dilaporkan:

  • Penjualan dan pembelian barang;
  • Pendapatan jasa dan biaya;
  • Royalti dan pendapatan biaya lisensi dan biaya;
  • Pendapatan bunga dan beban;
  • Pendapatan lain dan beban; dan
  • Saldo kredit akhir tahun dan jumlah dari non-perdagangan.

Seperti dilansir dari tax-news.com, sebuah perusahaan yang melakukan transaksi barang dan jasa dengan pihak afiliasi secara lintas batas, harus membuat daftar 5 perusahaan asing teratas berdasarkan nilai penjualan/pembelian masing-masing.

Kelima perusahaan yang menjadi afiliasi tersebut harus dijelaskan lebih detail mulai dari nama perusahaan, lokasi negara, hubungan, hingga jumlah transaksi. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.