KEBIJAKAN PAJAK

Menkeu Ingin Efek Cepat Pemberian Insentif Fiskal

Redaksi DDTCNews
Kamis, 12 April 2018 | 09.54 WIB
Menkeu Ingin Efek Cepat Pemberian Insentif Fiskal

JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah menggelontorkan berbagai insentif fiskal untuk menggenjot investasi. Kebijakan yang diharapkan dapat mengerek laju pertumbuhan ekonomi domestik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan insentif dan penyederhanaan perizinan yang diberikan dapat segera dirasakan efeknya. Setidaknya mulai akan terasa pada semester II tahun 2018.

"Seluruh policy yang kita lakukan pada tahun ini seperti investasi, ekspor, simplifikasi dan insentif itu bisa berjalan. Dan kita ingin melihat itu mulai muncul pada semester ke-2," katanya di Kompleks Parlemen, Rabu (11/4).

Seperti yang diketahui, pada triwulan pertama 2018, serangkaian insentif fiskal meluncur untuk menggairahkan dunia usaha. Mulai dari percepatan restitusi pajak dan pemberian insentif tax holiday. Kemudian akan menyusul adalah insentif tax allowance dan pemangkasan tarif PPh final bagi UMKM dari 1% menjadi 0,5%. 

Oleh karena itu, untuk mendukung program pemerintah untuk meningkatkan investasi perlu pengelolaan anggaran yang hati-hati. Terutama dari aspek belanja pemerintah agar menjadi stimulus bagi perekonomian nasional.

"Kita ingin anggaran itu bisa betul-betul membuat rakyat kita meningkatkan kapasitas pendidikannya dan skill-nya. Vokasi penting dalam antisipasi perubahan teknologi dan persiangan yang makin ketat," terangnya.

Selain untuk menggenjot investasi, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga ingin aspek belanja pemerintah memberikan perlindungan bagi masyarakat lapisan bawah. Hal ini penting untuk menegaskan peran negara untuk memberikan jaminan sosial bagi kelompok masyarakat ini.

"Kesehatan dan jaminan sosial ini jadi perhatian dari sisi anggaran. Jaring pengaman sosial jadi penting karena ini yang kita sebutkan masyarakat bawah, setiap ada guncangan ekonomi maka tidak boleh langsung terkena di dalam rumah tangganya," (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.