KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Pastikan Wisma Atlet Siap Tampung Pasien Virus Corona

Dian Kurniati | Senin, 23 Maret 2020 | 14:10 WIB
Jokowi Pastikan Wisma Atlet Siap Tampung Pasien Virus Corona

Wisma Atlet Kemayoran. (foto: kementerian pupr)

JAKARTA, DDTCNews—Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau kesiapan wisma atlet di Kemayoran, DKI Jakarta sebagai rumah sakit darurat untuk area isolasi pasien virus Corona.

Jokowi mengatakan kapasitas wisma atlet bisa menampung sebanyak 24.000 orang. Namun, lanjutnya, kapasitas yang sudah tersedia untuk pasien Corona mencapai 3.000 orang. Adapun pemerintah juga telah menyediakan fasilitas medis.

"Dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan sebuah manajemen yang baik, baik itu untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis, semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda," katanya usai meninjau rumah sakit darurat di wisma atlet, Senin (23/3/2020).

Baca Juga:
Politisasi Bansos saat Pemilu Tak Terbukti, Jokowi Ingatkan Persatuan

Jokowi mengatakan rumah sakit darurat ini hanya akan menampung pasien dengan gejala virus Corona ringan. Sementara pasien dengan gejala berat tetap akan dirawat di rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan pemerintah.

Di rumah sakit darurat itu, akan tersedia pelbagai sarana dan prasarana seperti rumah sakit pada umumnya di antaranya ruang penanganan pasien yang dilengkapi ventilator. Peralatan pelindung diri untuk tenaga medis juga telah lengkap.

“Nanti sore rumah sakit darurat untuk Corona ini telah bisa dipakai, tetapi saya berharap rumah sakit darurat Corona ini tidak digunakan," ujarnya.

Baca Juga:
Wapres Ma‘ruf Amin Sebut Makan Siang Gratis Belum Masuk RAPBN 2025

Jokowi menjelaskan pemerintah tetap mengupayakan penanganan Corona segera selesai. Oleh karena itu, penanganan pasien bisa cukup dilakukan di rumah sakit konvensional tanpa perlu memanfaatkan rumah sakit darurat di wisma atlet.

Perihal kelangkaan alat pelindung diri (APD), Presiden menyebut ketersediaan APD memang cukup sulit dicari, bahkan di seluruh dunia. Menurutnya, sebanyak 180 negara yang terkena kasus Corona saling berebut untuk mendapatkan APD maupun antiseptik.

Namun, pemerintah mengklaim menyiapkan tambahan 105.000 APD dan siap didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia hari ini, di mana 45.000 APD di antaranya akan didistribusikan di DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Kota Bogor. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 04 April 2024 | 10:43 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Presiden Jokowi Ingin Lanjutkan Bantuan Beras Hingga Desember 2024

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jumlah Pemudik Melonjak Tahun ini, Jokowi Minta Warga Mudik Lebih Awal

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Wapres Ma‘ruf Amin Sebut Makan Siang Gratis Belum Masuk RAPBN 2025

BERITA PILIHAN