THAILAND

Ekonomi Diharapkan Tumbuh 2,5%

Redaksi DDTCNews | Rabu, 29 Juni 2016 | 22:30 WIB
Ekonomi Diharapkan Tumbuh 2,5%

BANGKOK, DDTCNews – Pertumbuhan ekonomi Thailand diperkirakan sebesar 2,5% pada 2016. Nilai ini lebih kecil jika dibandingkan pertumbuhan tahun lalu yang sebesar 2,8%.

Di tengah pelemahan ekonomi global dan pergerakan ekspor yang melambat, menurut laporan Economic Monitor 2016 yang dirilis oleh Bank Dunia, Thailand tergolong yang cukup kuat, dan dukungan fiskal dan moneter yang mantap akan membantunya bertahan.

Stimulus fiskal dan pariwisata akan tetap menjadi faktor pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi. Meski demikian, dalam laporan itu disebutkan pula bahwa ekonomi Thailand masih harus menghadapi tantangan permasalahan dan perbaikan struktur berkelanjutan.

Baca Juga:
Selain Insentif Fiskal, Pengusaha Miras Thailand Minta Kemudahan Usaha

“Perlambatan struktural masih terlihat pada pengimplementasian investasi publik, dalam mempertahankan serta meningkatkan daya saing ekspor dan kesenjangan keterampilan masyarakat,” ungkap laporan itu.

Selain itu, dalam laporan Bank Dunia itu juga disebutkan bahwa Thailand juga harus menghadapi permasalahan penuaan penduduk usia kerja yang diperkirakan akan sangat mempengaruhi ekonomi Thailand dalam lima tahun ke depan.

“Kami merasa senang, Bank Dunia telah memberikan reputasi kepada pemerintah Thailand. Hal ini terjadi berkat perputaran ekonomi Thailand yang cepat karena adanya stimulus fiskal serta reformasi jangka panjang dalam investasi infrastruktur dan BUMN guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menyeluruh,” kata Mr Kiatchai Sophastienphong, Wakil Menteri Keuangan.

Baca Juga:
Thailand Umumkan Insentif Fiskal Baru untuk Konser Musik Skala Besar

Seperti dikutip The World Bank, rangkaian laporan The Thailand Economic Monitor menyediakan analisis perspektif mengenai tantangan yang dihadapi oleh kebijakan di Thailand, termasuk penuaan penduduk usia kerja. Populasi penduduk usia kerja Thailand diperkirakan menyusut sekitar 11% dari total populasi antara 2016-2040.

Jumlah populasi usia kerja yang hanya dibawah angka 49 juta jiwa menjadi sekitar 40,5 juta jiwa. Diproyeksikan penurunan angka populasi usia kerja di Thailand yang paling tinggi dibandingkan negara-negara berkembang di Asia Timur. Oleh karena itu, peningkatan produktivitas tenaga kerja menjadi kunci utama.

Selain pemasalahan ini, Thailand juga menghadapi permasalahan yang juga perlu perhatian di berbagai bidang. Beberapa diantaranya termasuk dana pensiun, perawatan kesehatan dan perawatan jangka panjang.


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 20 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN FISKAL

Jaga Kesinambungan Fiskal 2025, Pemerintah Waspadai Tiga Hal Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 09:00 WIB KABUPATEN SUKABUMI

Ada Hadiah Umrah untuk WP Patuh, Jenis Pajaknya akan Diperluas

Sabtu, 20 April 2024 | 08:47 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

SPT yang Berstatus Rugi Bisa Berujung Pemeriksaan oleh Kantor Pajak

Sabtu, 20 April 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Dorong Pertumbuhan Ekonomi 2025, Insentif Ini Disiapkan untuk Investor

Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online