PEREKONOMIAN INDONESIA

UMKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi Asean, Sri Mulyani Bilang Begini

Redaksi DDTCNews
Sabtu, 01 April 2023 | 09.30 WIB
UMKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi Asean, Sri Mulyani Bilang Begini

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

JAKARTA, DDTCNews – Pelaku UMKM ternyata memberikan kontribusi yang cukup besar dalam menyerap tenaga kerja di kawasan Asia Tenggara. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan UMKM berperan dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Di skala kawasan Asia Tenggara, UMKM tercatat menyerap tenaga kerja hingga 97% dari total tenaga kerja. 

“Sebagaimana yang kita tahu, UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian seperti penyerapan tenaga kerja,” ujar Sri Mulyani dalam acara High Level Dialogue on Promoting Digital Financial Inclusion and Literacy for MSME’s, dikutip pada Sabtu (1/4/2023).

Selain dari segi penyerapan tenaga kerja, Sri Mulyani menambahkan, UMKM juga berkontribusi sebesar 35%-69% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di setiap negara anggota Asean.

Khusus di Indonesia, sebagai negara dengan PDB terbesar di Asia Tenggara, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa UMKM berkontribusi sebesar 61% terhadap keseluruhan PDB. UMKM juga membuka lapangan pekerjaan hingga 90%-97% bagi tenaga kerja produktif.

Menkeu menilai peran pelaku UMKM yang terbukti vital bagi perekonomian Indonesia dan negara anggota Asean harus dibarengi dengan desain kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut, menurutnya, akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian negara anggota Asean.

“Peran mereka sudah dipastikan sangat-sangat signifikan. Lalu bagaimana agar mereka dapat berkembang dan produktif? Hal tersebut tergantung dari kebijakan,” tambah Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga mengungkapan tantangan yang masih harus dihadapi oleh pemerintah negara anggota Asean terkait dengan UMKM. Dia mengatakan negara anggota Asean harus dapat memberikan akses produk, layanan, dan jasa yang berkaitan dengan keuangan kepada para pelaku UMKM. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.