KEBIJAKAN PEMERINTAH

Wapres Minta Pejabat Publik Ikut Jaga Kepercayaan Wajib Pajak

Dian Kurniati
Senin, 27 Februari 2023 | 12.01 WIB
Wapres Minta Pejabat Publik Ikut Jaga Kepercayaan Wajib Pajak

Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kiri) menyerahkan bantuan peralatan sekolah kepada siswa di SMK Negeri 1 Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (23/02/2023). ANTARAFOTO/Akbar Tado/tom.

JAKARTA, DDTCNews - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan kepercayaan publik terhadap pemerintah harus dijaga. Pesan ini disampaikan oleh wapres di tangah ramainya isu soal gaya hidup mewah yang ditunjukkan pejabat pemerintahan.

Ma'ruf mengatakan sikap yang ditunjukkan oleh segelintir pejabat memang dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan publik, termasuk dalam membayar pajak. Dia lantas meminta para pejabat menerapkan gaya hidup yang sederhana demi memulihkan kepercayaan masyarakat.

"Jangan sampai ada ketidakpercayaan masyarakat, terutama mereka yang membayar pajak kepada pemerintah, kemudian mereka menjadi ada ketidakpercayaan karena pajak yang dibayarkan digunakan oleh orang per orang," katanya, dikutip pada Senin (27/2/2023).

Ma'ruf mengatakan gaya hidup sederhana penting diaplikasikan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk pejabat. Menurutnya, penerapan gaya hidup sederhana juga dapat meminimalisasi potensi kesenjangan sosial.

Dia pun mengapresiasi langkah cepat dan tegas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam merespons perilaku hedonisme oleh sejumlah jajarannya. Setelahnya, dia berharap kepercayaan masyarakat untuk membayar pajak dapat kembali pulih.

Selain itu, Ma'ruf  meminta transparansi pengelolaan keuangan negara ditingkatkan untuk menjaga kepercayaan publik. Di sisi lain, masyarakat juga perlu diberikan literasi mengenai pemanfaatan pajak untuk kepentingan rakyat.

Dia meyakinkan pajak yang dibayarkan masyarakat akan dikelola dengan baik untuk pembangunan negara. Manfaat dari pajak tersebut juga pada akhirnya dapat dirasakan kembali oleh masyarakat.

"Pajak yang sudah dibayarkan oleh masyarakat memang dimanfaatkan untuk pelayanan masyarakat, apa itu sekolah, jalan, infrastruktur, bansos, dan semua untuk kepentingan masyarakat," ujarnya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.