KEPATUHAN PAJAK

Pegawai Pajak Dapat Sentimen Negatif Soal SP2DK, Begini Respons DJP

Aurora K. M. Simanjuntak
Minggu, 23 November 2025 | 07.45 WIB
Pegawai Pajak Dapat Sentimen Negatif Soal SP2DK, Begini Respons DJP
<p>Ilustrasi.</p>

JAKARTA, DDTCNews - Dirjen Pajak Bimo Wijayanto menilai pegawai pajak kerap kali mendapat sentimen negatif dari wajib pajak yang mendapatkan surat cinta alias surat permintaan penjelasan atas data dan/atau keterangan (SP2DK).

Bimo menjelaskan wajib pajak tidak perlu khawatir ketika mendapat SP2DK karena otoritas pajak bertujuan untuk meminta keterangan dari wajib pajak bersangkutan. Menurutnya, pendekatan ini cukup manusiawi dan bukan bermaksud menakut-nakuti.

"Ini sering di-twist oleh wajib pajak, seakan-akan kami "memeras" seperti yang diadukan di kanal Lapor Pak Menteri. Tidak seperti itu, justru ini hanya [minta] klarifikasi atas informasi data yang kami peroleh," katanya, dikutip pada Minggu (23/11/2025).

Bimo menjelaskan penerbitan SP2DK biasanya didasarkan pada data atau informasi yang dimiliki otoritas, baik yang diperoleh dari internal maupun eksternal seperti kementerian/lembaga maupun pihak lainnya.

Jika ada data atau informasi yang membutuhkan penjelasan atau dicocokkan, DJP akan menerbitkan SP2DK. Terlebih lagi, DJP telah mengintegrasikan data dengan kementerian/lembaga sehingga bisa lebih cepat memperoleh data/informasi.

"Dengan semakin integrasinya sistem-sistem di kementerian-kementerian yang terkait dengan kami, ini memang ada banyak data yang kami membutuhkan konfirmasi," tutur Bimo.

Perlu diketahui, Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa mendapatkan sedikitnya 79 aduan terkait SP2DK yang disampaikan para wajib pajak melalui saluran pengaduan via WhatsApp Lapor Pak Purbaya.

Dalam laporan tersebut, wajib pajak menilai petugas pajak tidak komunikatif dalam menyampaikan SP2DK. Pegawai pajak bahkan cenderung menekankan wajib pajak berpotensi kena kurang bayar pajak yang lebih besar bila SP2DK dilanjutkan ke pemeriksaan.

"Petugas pajak tidak komunikatif dan menyampaikan akan ada pemeriksaan dengan risiko kurang pajak yang lebih besar," ujar Purbaya pada 14 November 2025. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Ingin selalu terdepan dengan kabar perpajakan terkini?Ikuti DDTCNews WhatsApp Channel & dapatkan berita pilihan di genggaman Anda.
Ikuti sekarang
News Whatsapp Channel
Bagikan:
user-comment-photo-profile
user-comment-photo-profile
Heru
baru saja
Yang ada buntur2 pemerasan pak.. Bpk kan pernah menayangkan langsung ke WP... Bapak enak bisa ngomong doang... Sudah taat bayar pajak masih saja dicari2 kasalahan WP.
user-comment-photo-profile
adrian syah
baru saja
Subhanallah terima kasih kritiknya mas Buloh. Tapi kalau mas Buloh bilang "tidak ada ceritanya AR ngasih edukasi," izinkan saya cerita pengalaman nyata saya dulu sewaktu jadi AR di KPP Tanah Abang Satu. Salah satu WP saya selalu tanya dan diskusi kalau dia hendak bertransaksi, sampai suatu saat dia tanya perlakukan perpajakan atas tenaga kerja asing (ekspatriat). "Sebentar," saya tanya, "apakah perusahaan Bapak punya ekspat?" Dia tertawa dan berkata: "Ga ada pak. Sebenarnya itu kasus di perusahaan teman saya, tapi saya coba tanya dan diskusi dengan Bapak" :)
user-comment-photo-profile
Pejuang Cinta
baru saja
Narasi sekarang AR percaya WP taat pajak tapi tidak tahu cara pelaporan Beda kalau sudah tahap pemeriksaan, mantab bener udah kayak koruptor beneran, beda sama koruptor Konoha senyum2, ini beneran dikerjain dipersulit, minta data gak dikasih, ditembak angka angka terus yg fantastis, gk diajarin, pokoknya denda pinalti , denda pinalti, mantab jiwa kayak pendosa... Capek UMKM kita pak dikerjain terus, banyak yg dibuat bangkrut Di lapangan untung margin barang umum berapa sih, kalo diatas 10% bagus, tapi barang umum itu seringkali sekitar 1 % doang, kalau bilang segitu kan oknum gak percaya, mana mungkin kamu untung segitu.... Kamu bohong inilah itulah "MENDINGAN MASUKIN DEPOSITO KALO BEGITU" begitulah ucapan oknum AR
user-comment-photo-profile
Pejuang Cinta
baru saja
Ada cerita juga, ada pembelian asset, diketahui oleh AR, lalu AR nya hubungi jangan bayar pajak dulu, biar saya kirim surat, wkkwkwkwk biar dapat poin KPI dia
user-comment-photo-profile
Pejuang Cinta
baru saja
Di setiap SP2DK kalau KB ada nominal KB nya , kalo logis dan masuk akal oke tapi contoh 2024 lucu loh ada perbandingan 2023 vs 2024 , dimana harus naek sekian % wkwkwkkw ... Jadi pembayaran tahun 24 harus lebih gede dari 23 sekian persen, entah ajaran siapa
user-comment-photo-profile
peter the
baru saja
Dibalik SP2DK ada bonus yg menanti bila AR berhasil "memeras" Sedikit air keringat dari baju wp yg basah krn lelahnya mencari penghidupan yg layak bagi keluarganya
user-comment-photo-profile
peter the
baru saja
Dibalik SP2DK ada bonus yg menanti bila AR berhasil "memeras" Sedikit air keringat dari baju wp yg basah krn lelahnya mencari penghidupan yg layak bagi keluarganya
user-comment-photo-profile
Mas Buloh
baru saja
Adriansyah, biasanya malah AR yang menekan. Ga ada sejarah dia ngasi edukasi
user-comment-photo-profile
purnomo
baru saja
Biasanya dan ujung2nya adalah ar belum mencapai target penerimaan yang ditetapkan oleh kakap, sekaligus juga ...
user-comment-photo-profile
adrian syah
baru saja
5. Setiap WP mempunyai "konsultan pribadu", yaitu AR _(Account Representative),_ yaitu petugas pajak di KPP yang bertugas dan berkewajiban melayani WP, termasuk memberi informasi, edukasi, saran dsj atas setiap case perpajakan WP (baik PPh, PPN, PBB, Bea Meterai dan/atau Pajak Pusat lainnya). WP berhak bertemu (langsung atau melalui media, tentu saja dalam jam kerja) dan meminta untuk dibimbing dan diarahkan agar pemenuhan hak dan kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Demikian semoga dapat dimaklumi. Mohon maaf kalau ada kurang pas. Hatur nuhun... Adriansyah Kasi Pengawasan KPP Madya Dua Bandung
user-comment-photo-profile
adrian syah
baru saja
3. Kami menyadari kesibukan WP sehingga kadang tidak sempat untuk mengikuti kegiatan pemberian informasi/sosialisasi/edukasi. Kadang juga yang hadir adalah pegawai/wakil/kuasa WP, dan dilalahnya, mereka kadang tidak selamanya kerja/mendampingi WP tsb, digantikan orang-orang baru lagi. 4. Pemberian informasi/sosialisasi/edukasi biasanya membahas hal yang bersifat umum (karena keterbatasan waktu). Karena kalau case per case sangat-sangat banyak sekali variasi case yang dapat ditemui untuk setiap WP, yang penangannya bisa bervariasi.
user-comment-photo-profile
adrian syah
baru saja
Usul yang bagus mas Amin Heri Sanjaya.. Kalau boleh, izin kami menambahhkan beberapa info sebagai berikut: 1. KPP senantiasa memberikan informasi/sosialisasi/edukasi, terutama jika ada perubahan/update peraturan yang ada, atau momen-momen tertentu, misal menjelang pelaporan SPT Tahunan. 2. Pemberian informasi/sosialisasi/edukasi biasanya diadakan massal dengan mengundang WP melalui pertemuan langsung atau kadang daring. Selain itu KPP (terutama tim Penyuluh dan tim Pelayanan) selalu setiap saat (jam kerja) terbuka menerima WP baik secara langsung atau melalui media (email, telepon, WA dll) untuk diskusi dan/atau edukasi tentang apapun masalah/kendala/kekurangpahaman WP ttg segala sesuatu menyangkut hak dan kewajiban perpajakan WP.
user-comment-photo-profile
Amin Heri Sanjaya
baru saja
Selamat pagiii Agar supaya tidak terbit sp2dk pagawai pajak dalam hal ini memberikan bimbingan dan edukasi kepada wajib pajak, Wajib pajak dibina diarahkan diajarkan cara perhitungan dan pelaporannya yang benar. Saya yakin masyarakat indonesia semua taat bayar pajak tapi banyak wp yang tidak tahu bagaimana cara pelaporan dan perhitungannya saja