PEMILU 2024

Soal Ketertiban dalam Debat Capres-Cawapres, Ini Kata KPU

Dian Kurniati
Jumat, 22 Desember 2023 | 10.30 WIB
Soal Ketertiban dalam Debat Capres-Cawapres, Ini Kata KPU

Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) didampingi Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno (kanan) dan jajaran komisioner KPU bersiap memberikan keterangan pers kesiapan debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di Media Center KPU, Jakarta, Kamis (21/12/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.

JAKARTA, DDTCNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta ketiga tim pasangan calon tidak melakukan gimik selama debat capres dan cawapres.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan ketiga tim pasangan calon telah menyepakati tidak boleh ada gimik selama debat berlangsung. Larangan itu disepakati usai salah satu pasangan calon melakukan gimik pada debat perdana pada pekan lalu.

"Kita berikan teguran supaya hal-hal yang apa namanya netralitas pemilu ini dipenuhi dan tidak diulangi lagi," katanya, dikutip pada Jumat (22/12/2023).

Hasyim mengatakan KPU menyampaikan teguran kepada satu tim pasangan calon karena membuat situasi tidak tertib pada debat perdana. Isu ketertiban ini pun menjadi salah satu pembahasan dalam evaluasi yang dilaksanakan KPU bersama ketiga tim pasangan calon.

Melalui evaluasi tersebut, ketiga tim pasangan calon menyepakati tidak akan ada gimik pada debat kedua hingga kelima lantaran dapat berpengaruh pada psikologis peserta.

Dia menyebut KPU juga meminta ketiga tim pasangan calon menyediakan liaison officer (LO) sebagai pengendali suasana selama debat berlangsung. "Sehingga [LO] akan mengendalikan kehadiran, [serta] kemudian tata tertib dalam ruangan debat," ujarnya.

KPU telah mengagendakan 5 debat yang diikuti ketiga pasangan capres-cawapres. Debat kedua dijadwalkan pada malam ini di Jakarta Convention Center (JCC). ā€˜Setel Pengingat Debat Cawapres 22 Desember, Tonton di Siniā€™.

Tema debat kedua yakni ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, tata kelola APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Debat kedua ini akan diikuti oleh ketiga cawapres. Simak ā€˜Bagaimana Bicara Pajak dalam Debat Capres-Cawapres? Mari Lihat di ASā€™.

Secara umum, format debat kedua ini tidak berubah dari debat pertama yang diikuti ketiga capres pada pekan lalu. Debat dimulai pada pukul 19.00 WIB, serta disiarkan secara langsung dengan durasi selama 120 menit. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.