KOTA MALANG

Waspada! Iklan Properti Bebas Pajak Kian Marak

Redaksi DDTCNews
Rabu, 13 Desember 2017 | 10.17 WIB
Waspada! Iklan Properti Bebas Pajak Kian Marak

MALANG, DDTCNews – Membeli rumah tanpa harus bayar pajak tentu itu merupakan penawaran yang menggiurkan. Tapi tunggu dulu, perhatikan dengan teliti jangan sampai anda terjebak dalam permainan kata divisi promosi agen properti.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang Ade Herawanto. Dia mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya pada iklan atau promosi properti dengan penawaran bebas biaya pajak.

“Jangan sampai tertipu oknum yang menjanjikan promo gratis pajak. Jadi boleh dibilang, iklan seperti itu kurang mendidik masyarakat dalam hal perpajakan bahkan bisa dikata menyesatkan,” katanya dilansir malangvoice.com, Senin (11/12).

Fenomena iklan atau promosi properti bebas pajak ini banyak bermunculan di Kota Malang, Jawa Timur. Dalam iklan tersebut dicantumkan bahwa properti yang dijual gratis pajak Bumi & Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah & Bangunan (BPHTB).

Selain itu, pria yang akrab disapa Sam Ade d’Kross itu meminta masyarakat lebih cermat dalam membeli properti baik itu rumah, tanah kavling atau villa. Pasalnya, konsumen akan rugi bila termakan promosi semacam itu karena berpotensi dikenai denda karena lalai membayar pajak.

“Ada baiknya, lebih dulu menanyakan secara konkret terkait mekanisme pemberkasan dan pembayaran pajaknya dengan pihak pengembang atau langsung ke BP2D,” ungkap Ade.

Dia kemudian merinci bahwa penarikan pajak sudah diatur dalam UU No 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Undang-undang tersebut dipertegas dengan Perda No 15/2010 tentang BPHTB Pasal 4 di mana hanya objek tertentu saja yang tidak dikenakan BPHTB.

“Tidak kena BPHTB adalah tanah dan bangunan untuk keperluan perwakilan diplomatik dan konsulat, kepentingan negara untuk penyelenggaraan pemerintahan atau pembangunan guna kepentingan umum serta orang pribadi dengan catatan karena wakaf dan kepentingan ibadah,” jelasnya. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.