SEWINDU DDTCNEWS
HAYKAL KAMIL

Tinggal 5 Hari! Aktor Ini Ingatkan WP Segera Lapor SPT Tahunan

Dian Kurniati
Minggu, 26 Maret 2023 | 12.30 WIB
Tinggal 5 Hari! Aktor Ini Ingatkan WP Segera Lapor SPT Tahunan

Haykal Kamil. (foto: KPP Pratama Jakarta Jagakarsa)

JAKARTA, DDTCNews - Aktor Haykal Kamil mengingatkan wajib pajak untuk segera menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan 2022.

Haykal mengatakan tiap wajib pajak memiliki kewajiban untuk membayar dan melaporkan pajaknya. Dia pun telah menyampaikan SPT Tahunan melalui e-filing.

"Bagaimana dengan kalian? Jangan lupa segera laporkan SPT Tahunan kalian sebelum 31 Maret 2023," katanya dalam video yang diunggah akun Instagram @pajakjagakarsa, dikutip pada Minggu (26/3/2023).

Dalam video tersebut, terlihat Haykal mengakses e-filing pada DJP Online menggunakan ponsel untuk menyampaikan SPT Tahunan. Penyampaian SPT Tahunan tersebut dilakukan Haykal dari ruang kantornya.

UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) mengatur batas akhir penyampaian SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi paling lambat 3 bulan setelah berakhirnya tahun pajak atau 31 Maret. Sementara itu, SPT tahunan wajib pajak badan dilaporkan paling lambat 30 April.

Wajib pajak dapat melakukan pelaporan SPT Tahunan, baik manual maupun online. Kepada wajib pajak yang baru terdaftar dan ingin melaporkan SPT Tahunan secara online, diharuskan memperoleh electronic filing identification number (EFIN) terlebih dahulu.

Penyampaian SPT Tahunan yang terlambat akan dikenai sanksi administrasi berupa denda. Denda terlambat melaporkan SPT Tahunan pada orang pribadi adalah senilai Rp100.000, sedangkan pada wajib pajak badan Rp1 juta.

Selain menyampaikan SPT Tahunan 2022, CEO brand pakaian muslim ZM Zaskia Mecca itu juga telah melakukan pemadanan data nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP menjadi nomor pokok wajib pajak (NPWP) wajib pajak orang pribadi.

Ketentuan terkait dengan integrasi NIK sebagai NPWP telah diatur dalam UU No. 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) dan PMK 112/2022. Integrasi ini bakal berlaku sepenuhnya pada 1 Januari 2024. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.