KEBIJAKAN PAJAK

Surat Bakal Dikirim ke Taxpayer Account, WP Perlu Sering-Sering Cek

Muhamad Wildan | Jumat, 27 Oktober 2023 | 10:00 WIB
Surat Bakal Dikirim ke Taxpayer Account, WP Perlu Sering-Sering Cek

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Wajib pajak didorong untuk secara berkala mengecek akunnya ketika taxpayer account resmi diluncurkan. Taxpayer account alias akun wajib pajak nantinya diluncurkan bersamaan dengan implementasi coretax administration system.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak Iwan Djuniardi menyebutkan taxpayer account perlu dicek secara berkala mengingat mayoritas surat dari Ditjen Pajak (DJP) akan langsung disampaikan melalui akun milik wajib pajak tersebut.

"Kita ingin wajib pajak proaktif melihat taxpayer account mereka," ujar Iwan, dikutip Jumat (27/10/2023).

Baca Juga:
Ada Cuti Bersama, Layanan Tatap Muka Kantor Pajak Libur Sampai 12 Mei

Guna mendorong wajib pajak mengecek surat yang telah dikirimkan lewat akunnya, taxpayer account juga akan didukung oleh outbound call. Lewat outbound call, wajib pajak bakal ditelepon oleh DJP dalam rangka memberitahukan adanya surat atau pemberitahuan yang sudah dikirim lewat taxpayer account.

"Seharusnya saat sudah masuk taxpayer account dan sudah ditelepon, harusnya wajib pajak sudah tahu karena kita anggap self-assessment," ujar Iwan.

Tak hanya itu, ke depan notifikasi kepada wajib pajak untuk mengecek surat di taxpayer account juga bisa dilakukan lewat aplikasi M-Pajak. "Ini mungkin nanti semua wajib pajak akan diminta untuk instalasi M-Pajak. Nanti, kalau ada pemberitahuan di situ akan ada semacam push notification. Kita punya strategi itu, selain wajib pajak ya proaktif, kita ada outbound call dan kita kembangkan push notification," ujar Iwan.

Baca Juga:
PPh Final Sewa Tanah/Bangunan Dipotong Penyewa? Begini Aturannya

Lebih lanjut, Iwan mengatakan DJP juga membuka kemungkinan untuk mengubah ketentuan mengenai jangka waktu bagi wajib pajak untuk merespons surat yang dikirimkan oleh DJP. Sebagai contoh, selama ini wajib pajak harus memberikan penjelasan atas SP2DK dalam waktu 14 hari sejak tanggal SP2DK, tanggal pengiriman SP2DK, atau tanggal penyerahan SP2DK secara langsung kepada wajib pajak.

Ke depan, SP2DK harus ditanggapi paling lambat dalam waktu 14 hari sejak SP2DK ke taxpayer account milik wajib pajak dimaksud. Klausul ini masih dirancang oleh DJP denhan mempertimbangkan kesiapan masyarakat. "Memang di konsep awal adalah sejak masuk ke taxpayer account. Cuma nanti akan kita lihat lagi, apakah semuanya memang bisa diimbau untuk proaktif," ujar Iwan. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Yansen Wiranata 29 Oktober 2023 | 09:40 WIB

Ya saya bangga sebagai wajib pajak. Agar berlaku adil dan merata, diperlukan 2 hal, aspek wajib pajak dan aspek internal di pajaknya itu sendiri. Wajib pajak terus di sorot dan dipelajari, sementara instansi badan perpajakan belum transparan, apakah ada audit internal, jangan sampai ada yg menikmati untuk hal yg merugikan negara atas setoran pajak yang diterima negara

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Minggu, 12 Mei 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengujian Pemeriksaan Kantor Bisa Diperpanjang, Ini Beberapa Alasannya

Minggu, 12 Mei 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tahapan Registrasi NPWP Sampai ‘Verifikasi’, NPWP Sudah Bisa Dipakai

Minggu, 12 Mei 2024 | 13:00 WIB KABUPATEN CIAMIS

Hanya 3 Bulan, Pemkab Ciamis Beri Penghapusan Denda PBB-P2

Minggu, 12 Mei 2024 | 12:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Banyak Insentif, Menkeu Harap Ekosistem Kendaraan Listrik Terbentuk

Minggu, 12 Mei 2024 | 12:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Lakukan Penyelundupan di Bidang Impor, Bisa Kena Penjara 1 - 10 Tahun

Minggu, 12 Mei 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Pengiriman Peti Jenazah Kena Pajak? Ternyata Begini Aturannya

Minggu, 12 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Batas Waktu Pembayaran Pelaporan SPT Masa PPN dan PPnBM

Minggu, 12 Mei 2024 | 09:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

DJP Terbitkan Surat Tagihan Pajak untuk WP dalam Dafnom Ini