FILIPINA

Pemerintah Didesak Turunkan Pajak Premi Asuransi Pertanian

Dian Kurniati | Senin, 12 April 2021 | 15:49 WIB
Pemerintah Didesak Turunkan Pajak Premi Asuransi Pertanian

Ilustrasi. 

MANILA, DDTCNews – Pusat Studi Pertanian Asia Tenggara (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture/Searca) mendesak pemerintah Filipina menurunkan tarif pajak premi asuransi pertanian untuk mendorong kegiatan pertanian di perdesaan.

Peneliti Searca mengatakan saat ini tarif pajak premi asuransi pertanian mencapai 26% hingga 27%. Tarif tersebut dinilai sangat memberatkan petani. Menurutnya, tarif ideal pajak premi asuransi pertanian hanya 2%.

"Jika Anda menginginkan partisipasi sektor swasta, Anda harus menurunkan pajak premi nonjiwa [termasuk pajak untuk asuransi pertanian]. Saya pikir akan banyak pemain swasta [menginginkan ini]," katanya, dikutip pada Senin (12/4/2021).

Baca Juga:
DPR Ini Usulkan Insentif Pajak untuk Toko yang Beri Diskon ke Lansia

Alip mengatakan penerapan tarif pajak asuransi yang rendah sangat penting bagi petani. Jika tarif itu diturunkan, dia memperkirakan akan banyak masyarakat dan pemilik modal yang masuk ke sektor tersebut.

Dia menilai pemerintah juga perlu memberi subsidi asuransi agribisnis agar lebih rendah. Menurutnya, tarif premi yang tinggi itu terjadi karena hukum pasar mengingat sektor pertanian memiliki risiko gagal panen yang besar.

Asuransi mikro, sambungnya, memainkan peran penting dalam mendorong investasi sektor swasta dalam pembiayaan mikro atau dalam memberikan pinjaman kepada petani kecil. Jika petani memiliki asuransi atau program penjaminan pinjaman, perbankan juga akan bersedia memberikan pinjaman kepada petani, bahkan kepada petani kecil.

Baca Juga:
Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Alif menyebut penderitaan petani Filipina sering kali disebabkan kurangnya fasilitas pembiayaan mikro dan bantuan asuransi mikro yang berkelanjutan. Padahal, asuransi atau jaminan pinjaman di negara-negara berkembang sangat penting dalam membiayai petani yang terpinggirkan agar bisa keluar dari jurang kemiskinan.

"Asuransi merupakan jaring pengaman yang penting agar masyarakat miskin tidak tergelincir kembali ke dalam kemiskinan," ujarnya, seperti dilansir manilatimes.net.

Dia kemudian memberi contoh pentingnya peran perusahaan keuangan mikro Center for Agriculture and Rural Development Inc. (CARD) dalam membantu petani di tengah pandemi Covid-19. Ketika mengalami masa sulit, petani dapat mencairkan premi yang telah dibayarkan. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Pengangkutan Pupuk

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Pengangkutan Pupuk

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Batas Waktu Mepet, Kenapa Sih Kita Perlu Lapor Pajak via SPT Tahunan?

Jumat, 29 Maret 2024 | 08:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Punya Reksadana dan Saham, Gimana Isi Harga Perolehan di SPT Tahunan?