SKANDAL PAJAK OLAHRAGAWAN

Lima Atlet Dunia Ini Pernah Terjerat Kasus Pajak Bernilai Jutaan Dolar

Redaksi DDTCNews | Senin, 22 Januari 2018 | 11:45 WIB
Lima Atlet Dunia Ini Pernah Terjerat Kasus Pajak Bernilai Jutaan Dolar

SORAK sorai puluhan ribu penonton, menjadi idola dan dielu-elukan bak dewa adalah gambaran umum bagi atlet yang punya prestasi kelas dunia.

Nama mereka agung karena ikut mengangkat derajat negara di kancah internasional. Mereka juga menjadi idola dan sosok panutan untuk generasi muda, tidak hanya di negara sendiri tapi menjadi inspirasi bagi dunia.

Adapun, terkait urusan finansial, tidak heran jika penghasilan yang mereka terima begitu tinggi. Semua itu berbanding lurus dengan pencapaian mereka di arena gelanggang.

Baca Juga:
Ingatkan WP Lapor SPT Tahunan, Sandra Dewi: Taat Pajak Itu Penting

Namun, berperan besar dalam membela negara tidak menghilangkan kewajiban mereka dalam membayar pajak. Otoritas pajak selalu punya cara mengintip untuk kemudian mengutip potongan dari kantong tebal para atlet.

Sayangnya, tidak semua atlet bisa mulus dalam menjalankan urusan perpajakannya. Sebagian dari atlet yang terjerat kasus pajak bahkan pernah melawan otoritas pajak dengan sengit di pengadilan.

Adapula yang akhirnya hengkang dari tanah kelahiran karena tak kuat menanggung tagihan pajak yang dirasa memberatkan. Dari berbagai sumber, DDTCNews merangkum lima atlet yang pernah terjerat kasus pajak. Berikut daftarnya:

Baca Juga:
Aktris asal Medan Ini Ajak Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan via e-Filing

1. Floyd Mayweather Jr


Pria kekar ini punya julukan The Money. Saat masih aktif di atas ring, dia adalah salah satu petinju dengan bayaran termahal dalam sejarah tinju profesional. Namun, pada tahun 2009 ia tersangkut masalah pajak.

Baca Juga:
Lapor SPT Tahunan Lebih Awal, Chika Jessica: Bikin Nyaman

Otoritas Pajak Amerika Serikat (AS) Internal Revenue Services (IRS) menyodorkan tagihan pajak sebesar US$5,6 juta atau setara Rp74,67 miliar sebagai pajak terutang yang mesti di bayar oleh Floyd Mayweather Jr. Akhirnya sejak itu The Money setuju untuk membayar pajak pada IRS.

2. Boris Becker


Baca Juga:
Youtuber Frost Diamond Ajak WP Lapor SPT Tahunan Lewat e-Filing

Mantan petenis nomor wahid dunia asal Jerman ini pada tahun 2000 terjerat kasus pajak. Ia dituduh otoritas pajak Jerman melakukan penghindaran pajak karena mengklaim tinggal di Monte Carlo pada kurun waktu 1991-1993. Nyatanya, Juara Wimbeldon tiga kali ini tetap tinggal di Jerman dan tidak membayar pajak domestik sebesar €1,7 juta atau sekita Rp27,7 miliar.

Dia mengaku bersalah melakukan penghindaran pajak dan membayar denda US$500 ribu atau Rp6,7 miliar ditambah masa percobaan dua tahun. Kapok tinggal di tanah airnya sendiri, setelah itu ia pindah ke Swiss untuk menghindari membayar pajak.

3. Lionel Messi

Baca Juga:
Bedu Ajak Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan secara Online dan Lebih Awal


Pengadilan Barcelona menyatakan Messi bersalah atas penggelapan pajak yang dilakukan pada periode 2007-2019. Ayahnya Jorge Messi juga terbukti melakukan pelanggaran karena memakai perlindungan pajak di Belize, Inggris, Swiss dan Uruguay untuk menyembunyikan penghasilannya atas beberapa kontrak dengan sponsor.

Pemilik nomor punggung 10 di Barcelona itu harus membayar denda atas tindakannya tersebut. Messi dan sang ayah membayar denda sebesar €2 juta atau Rp29,8 miliar dan ayahnya €1,5 juta atau sekitar Rp22,3 miliar. Kini pada awal 2017, pemain asal Argentina itu kembali terjerat kasus pajak, kali melibatkan yayasannya. Hingga kini kasusnya masih diinvestigasi oleh otoritas pajak Spanyol.

Baca Juga:
Riri Riza Bagikan Cerita saat Registrasi IMEI di Kantor Bea Cukai

4. Cristiano Ronaldo


Bintang Real Madrid ini diguncang isu penggelapan pajak oleh otoritas pajak Spanyol. Kapten Timnas Portugal itu dikabarkan menggelapkan pajak sebesar €14 juta atau setara Rp228,33 miliar yang harusnya ia bayarkan atas paten penggunaan citra diri untuk kepentingan komersial atau Image Rights selama tahun 2011 hingga 2014 yang lalu.

Baca Juga:
Ingatkan WP Patuh Pajak, Anang Hermansyah Beberkan Segala Manfaatnya

CR7, sejak akhir 2016 sudah menjalani sidang atas tuduhan tersebut. Dalam sidang itu, Ronaldo membantah semua dakwaan Jaksa yang menyebut ia menggelapkan pajak.

5. Lewis Hamilton


Baca Juga:
Cerita Komika Soleh Solihun Saat Dapat SP2DK dari Kantor Pajak

Juara jet darat Formula 1 tahun 2007, Lewis Hamilton tersandung masalah pajak pada tahun 2016. Hamilton disebut menerima pengembalian pajak sebesar US$4,4 juta atau sekitar Rp57,3 miliar setelah memindahkan pesawat pribadinya ke Isle of Man yang tidak lain merupakan yurisdiksi dengan rezim pajak rendah.

Aset pesawat jet jenis Bombardier Challenger 605 itu senilai £16.5 juta. Di bawah undang-undang pajak Eropa, pemilik pesawat harus membayar pajak sebesar 20% dari harga beli. (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 07 Maret 2024 | 18:00 WIB SELEBRITAS

Lapor SPT Tahunan Lebih Awal, Chika Jessica: Bikin Nyaman

Senin, 26 Februari 2024 | 11:30 WIB KANANDA WIDYANTARA

Youtuber Frost Diamond Ajak WP Lapor SPT Tahunan Lewat e-Filing

BERITA PILIHAN
Selasa, 19 Maret 2024 | 14:39 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Soal Kenaikan PPN, Sri Mulyani Ikuti Fatsun Politik Pemerintahan Baru

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:17 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Soal Kenaikan PPN, DPR Sarankan Tunggu The Fed Turunkan Suku Bunga

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:09 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ditanya DPR soal Kenaikan Tarif PPN, Dirjen Pajak: Kami Sedang Kaji

Selasa, 19 Maret 2024 | 13:33 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Pajak atas Penyediaan Jaringan Listrik dan Air

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Sebabkan Inflasi, Mendagri Minta Maskapai Turunkan Harga Tiket Pesawat

Selasa, 19 Maret 2024 | 12:30 WIB KOTA YOGYAKARTA

Ringankan Beban WP, Pemkot Jogja Beri Pemutihan Denda dan Diskon PBB